May 9, 2024

Revolusi Chatbot AI, NVIDIA ChatRTX Hadir dengan Update Terbaru

Penulis: Rizki R
Revolusi Chatbot AI, NVIDIA ChatRTX Hadir dengan Update Terbaru  

Mobitekno – Aplikasi chatbot yang ditenagai oleh model kecerdasan artifisial (AI) berukuran besar telah mengubah paradigma komputasi saat ini. Salah satu inovasi terkini dalam ranah ini adalah NVIDIA ChatRTX. Diluncurkan pada ajang GTC pada Maret 2024, NVIDIA ChatRTX menawarkan pengguna kemampuan untuk berinteraksi dengan data lokal secara intuitif dan efisien, berkat kehadiran sejumlah fitur baru dan dukungan untuk model AI terbaru.

ChatRTX menggunakan pendekatan retrieval-augmented generation, yang didukung oleh software NVIDIA TensorRT-LLM dan akselerator NVIDIA RTX, untuk membawa aplikasi chatbot ke PC dan workstation berbasis Windows. Dengan memanfaatkan keunggulan model bahasa besar (LLM), pengguna dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan terkait catatan dan dokumen kepada aplikasi ChatRTX yang telah tertanam di perangkat mereka. Respons yang cepat dan relevan menjadi ciri khas dari pengalaman pengguna dengan ChatRTX.

NVIDIA ChatRTX

Versi terbaru NVIDIA ChatRTX juga menawarkan dukungan untuk model AI terbaru, termasuk Gemma, yang dikembangkan oleh Google. Gemma, yang merupakan hasil dari riset dan teknologi canggih Google, dibuat dengan tujuan untuk pengembangan AI yang bertanggung jawab.

Dengan tambahan dukungan untuk ChatGLM3, sebuah LLM terbuka dan dwibahasa, pengguna memiliki akses lebih luas untuk berinteraksi dengan aplikasi.

NVIDIA ChatRTX Pimpin Transformasi Dunia Komputasi

Cisco dan NVIDIA

Selain itu, ChatRTX juga mendukung integrasi dengan CLIP dari OpenAI, sebuah jaringan neural yang memungkinkan pemahaman konsep visual dari bahasa natural. Ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan data visual secara lebih intuitif, tanpa ketergantungan pada label metadata yang kompleks.

Generative AI

Dalam upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, versi terbaru ChatRTX juga menawarkan fitur pengenalan suara melalui aplikasi Whisper. Dengan menggunakan AI untuk memproses percakapan, Whisper memungkinkan pengguna untuk memberikan perintah suara kepada ChatRTX, yang kemudian meresponsnya dalam format teks.

Dengan demikian, NVIDIA ChatRTX tidak hanya menawarkan kemampuan untuk berinteraksi dengan data lokal secara efisien, tetapi juga membuka pintu untuk pengalaman pengguna yang lebih intuitif dan terhubung dengan dunia AI yang terus berkembang. Dengan inovasi terus-menerus, ChatRTX terus memimpin transformasi dalam dunia komputasi modern.

Tags: , , ,


COMMENTS