February 28, 2022

Dirancang Khusus untuk Jaringan dan Edge, Intel Luncurkan Xeon Terbaru, Ada Peningkatan vRAN di Dalamnya

Penulis: Desmal Andi
Dirancang Khusus untuk Jaringan dan Edge, Intel Luncurkan Xeon Terbaru, Ada Peningkatan vRAN di Dalamnya  

Mobitekno – Ajang teknologi MWC Barcelona kembali digelar. Pada tahun ini, ajang tahunan ini digelar secara virtual. Intel sebagai perusahaan teknologi yang selalu berinovasi pada produk prosesor untuk berbagai device turut meramaikan acara ini. Di  ajang ini, selain menginformasikan keberhasilannya dalam peningkatan arsitektur baru dan CPU masa depan dalam prosesor Intel Zeon Scalable generasi berikutnya, yaitu Sapphire Rapids, Intel juga mengumumkan hadirnya prosesoar Intel Xeon D terbaru. Ini adalah SoC Intel yang dirancang dari nol untuk jaringan edge yang diatur oleh software. Sementara di sisi software, Intel juga menghadirkan peningkatan menyeluruh pada portofolionya, termasuk OpenVINO 2022.1 dan modul software baru di Intel Smart Edge. Semuanya ini tentunya akan memberikan peningkatan kinerja dan fleksibilitas, seiring dengan inovasi yang dilakukan pada developer di Edge.

“Ketika kami menghadirkan era baru inovasi dalam transformasi jaringan dan edge, saat ini, lebih dari sebelumnya, evolusi ini didorong oleh kebutuhan akan kontrol, kemampuan beradaptasi, dan skalabilitas yang lebih besar untuk memberikan kemampuan bagi mereka yang membangun dan mengoperasikan infrastruktur agar segera dapat memperkenalkan kemampuan-kemampuan baru,” kata Nick McKeown, Intel Senior Fellow dan senior vice president Network and Edge Group. “Misi kami adalah menghadirkan programmable hardware dan open software melalui ekosistem yang paling luas dengan cara yang paling baik untuk melayani para pelanggan dan mitra kami pada saat ini dan di masa yang akan datang, dan secara bersama-sama kami akan memimpin evolusi infrastruktur cloud-to-network berikutnya.”

Di ajang ini, Intel juga membahas peran pentingnya dalam mendukung transformasi yang diatur oleh software di seluruh jaringan dan edge. Bahasan ini dilakukan Intel bersama para pemimpin di industri teknologi terkemuka dunia, seperti Internet of Things (IoT) American Tower, AT&T, BT, Ericsson, Rakuten Mobile, Verizon dan Zeblok.

Generasi terbaru prosesor Intel Xeon yang diumumkan pada ajang ini memiliki peningkatan virtual Radio Access Network (vRAN) sehingga bisa memberikan kinerja lebih baik tanpa kompromi dalam memenuhu kebutuhan para operator. vRAN sendiri banyak digunakan oleh operator di seluruh dunia. Dan hampir semua implementasi komersialnya berjalan menggunakan teknologi Intel. Intel meningkatkan komitmennya untuk terus menumbuhkan ekosistem. Dalam menghasilkan vRAN yang dinamis ini, Intel juga bekerjasama dengan Samsung Ericsson, Rakuten Symphony, dan para penyedia terkemuka lainnya untuk menghadirkan solusi-solusi baru ke pasar yang dibangun di atas platform Xeon Scalable generasi berikutnya, Sapphire Rapids.

Intel Xeon

Dirancang untuk Jaringan dan Edge

Selain menghadirkan Intel Xeon Sapphire Rapids, Intel juga merancang Xeon D terbaru untuk menghasilkan akselerasi AI dan kripto yang terintegrasi. Prosesor ini bahkan sudah mengintegrasikan ethernet dan dukungan untuk komputasi untuk kelas industri. Prosesor Intel Xeon D terbaru unggul dalam berbagai use case termasuk peralatan keamanan, router dan switch enterprise, penyimpanan cloud, jaringan nirkabel, dan inferensi AI.

Ketika komputasi di edge meningkat dan munculnya inferensi AI menjadi workload yang penting untuk hampir setiap industri, Intel mengumumkan dua software update. Kedua update ini memberikan pengalaman yang jauh lebih baik bagi developer, memastikan kemampuan hardware Intel dapat diakses oleh developer dengan cara yang kohesif dan mudah diprogram melalui platform cloud native yang terbuka dan modern.

Di sisi lain, Intel juga terus berusaha membantu para developer untuk memajukan AI dan memanfaatkan kinerja hardware baru maupun hardware yang sudah ada. Dalam hal ini, Intel merilis upgrade terbesar untuk OpenVINO. Ada tiga peningkatan pada OpenVINO 2022.1 ini, yaitu:

  • API yang diperbarui dan disederhanakan supaya lebih mudah dalam mengimpor model TensorFlow dan untuk meningkatkan code portability secara signifikan sehingga memungkinkan time to market yang lebih cepat.
  • Cakupan model yang lebih luas dengan support yang ditingkatkan untuk natural language processing, double-precision model, dan computer vision tingkat lanjut, menciptakan peningkatan kinerja yang signifikan di berbagai use case dan model type.
  • Kemampuan pengoptimalan otomatis yang baru dan inovatif secara otomatis dapat menemukan semua komputasi dan akselerator pada sistem tertentu, dan kemudian secara dinamis memuat balances dan meningkatkan paralelisasi AI berdasarkan memori dan kapasitas komputasi. Hasilnya, developer aplikasi tidak perlu lagi mengetahui terlebih dahulu konfigurasi hardwarenya.

Dengan portofolio produk dan berbagai platform software dari Intel, yang disajikan melalui ekosistem industri yang luas, pelanggan dapat membangun solusi inovatif hari ini dan memanfaatkan investasi software mereka untuk berbagai solusi generasi mendatang.

Tags: , , ,


COMMENTS