January 23, 2022

Target Cetak 100 Ribu Talenta Digital di 2024, Huawei Perkuat Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi

Penulis: Iwan RS
Target Cetak 100 Ribu Talenta Digital di 2024, Huawei Perkuat Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi  

Mobitekno – Transformasi digital semakin cepat dan dirasakan berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Agar kesinambungan transformasi digital di semua sektor tetap konsisten dibutuhkan talenta digital baru yang siap pakai ke depan.

Sebagai perusahaan yang sangat berkepentingan di industri teknologi komunikasi, Huawei menyadari pentingnya mencetak sumber daya manusia yang siap pakai di industri digital.

Perusahaan berlogo bunga merah ini suah bertekad ingin mencetak 100 ribu talenta digital di Indonesia hingga tahun 2024. Agar terwujud, Huawei giat berkolaborasi dengan berbagai pihak, utamanya dengan perguruan tinggi yang menjadi ujung tombak pendidikan dan riset.

Misalnya dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sudah dijalin sejak 2013. Kerja sama tersebut baru-baru ini kembali diperkuat lagi yang ditandai dengan kunjungan Rektor UGM Prof, Panut Mulyono ke kantor Huawei, tepatnya di Huawei Innovation Center.

Huawei UGM 01
Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng (kiri) dan HR Director Huawei Indonesia Dani K. Ristandi melakukan sesi foto menandai kolaborasi lanjutan dalam pengembangan talenta Digital Indonesia.

 

HR Director Huawei Indonesia Dani K. Ristandi menyatakan, “Selama lebih dari 21 tahun di Tanah Air, Huawei sangat menaruh perhatian dalam pengembangan talenta digital Indonesia, di samping membangun konektivitas dan mendukung transformasi digital. Kami senang dapat terus berkolaborasi dengan UGM sebagai universitas negeri ternama yang konsisten menghasilkan lulusan berkualitas.”

Prof Panut Mulyono selaku Rektor UGM menyambut positif kolaborasi ini sebagai bagian dari dukungan terhadap kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan.

Lebih lanjut dikatakan, kunjungan UGM ke Huawei Innovation Center menggarisbawahi komitmen kedua pihak terhadap peningkatan talenta digital di Indonesia.

Sebelumnya, Huawei dan UGM telah melakukan banyak kolaborasi. Diantaranya, pameran kerja dan kesempatan magang, berbagi pengetahuan di acara Huawei Tech Day sejak 2015, program sertifikasi datacom bagi mahasiswa, program ICT Academy sejak 2018, pengembangan kurikulum AI sejak 2020, pelatihan edge computing melalui Huawei Asia Pacific Atlas Edge Computing Indonesia eBootcamp (2020), dan perlombaan ICT Competition untuk kategori Network, Cloud, dan AI.

Tags: , , , , ,


COMMENTS