December 13, 2023

Eksis 23 Tahun di Indonesia, Huawei Terus Perkuat Kolaborasi dengan Stakeholder

Penulis: Iwan RS
Eksis 23 Tahun di Indonesia, Huawei Terus Perkuat Kolaborasi dengan Stakeholder  

Mobitekno – Huawei di acara Huawei Media Camp 2023 menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat kolaborasi dengan bersinergi dengan para stakeholder atau pemangku kepentingan untuk menyukseskan transformasi digital menuju Indonesia Emas 2045.

Visi Indonesia Emas 2045 hanya tercapai jika transformasi digital berhasil diterapkan di seluruh sektor kehidupan. Di sisi lain, transformasi digital membutuhkan dukungan dari sumber daya manusia yang mumpuni, dalam hal ini talenta digital.

Pernyataan ini kembali ditegaskan perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut di acara yang berlangsung di Waingapu, Sumba, Nusa Tenggara Timur (9/12/2023). Selain itu, Huawei juga memaparkan dukungan lainnya untuk Indonesia, seperti mengeksplorasi penerapan teknologi 5G dan sistem jaringan Kereta Cepat Whoosh.

Huawei Media Camp 2023

Huawei Media Camp 2023 diikuti oleh setidaknya 30 pemimpin redaksi dan editor senior, perwakilan Huawei, serta beberapa mitra strategisnya, diantaranya perusahaan daur ulang urban GEM, Co, LTD, dan PT Xurya Daya Indonesia, startup energi terbarukan Indonesia yang berfokus pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap (PLTS Atap).

Sebagai perwakilan dari asosiasi industri, Huawei juga mengundang Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) dan akademisi dari Institut ITB (Teknologi Bandung) dan Tel-U (Telkom University).

Huawei Media Camp 2023 01
James Sun, VP Huawei Indonesia menyatakan rasa rasa terhormat Huawei ikut terlibat dalam membangun jaringan komunikasi berteknologi nirkabel untuk kereta cepat Whoosh sepanjang 142,3 km.
Mastel
Dr. Sigit Puspito Wigati Jarot, M.Sc mewakili MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia) dalam kesempatan ini menyampaikan materi terkait ICT Outlook 2024 di Huawei Media Camp 2023.

Mr. Long, CEO Huawei Indonesia mengatakan bahwa selama lebih dari 23 tahun beroperasi di Indonesia, pihaknya telah membangun kerja sama sinergis dengan berbagai pemangku kepentingan.

“Kami aktif membangun kerja sama dengan pemerintah, industri, dunia pendidikan, dan media, demi mendukung kesuksesan transformasi digital dan tercapainya Visi Indonesia Emas 2045 yang mengokohkan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi terkemuka di dunia,” ujarnya.

Oleh karena itu, inovasi teknologi dan layanan akan terus dikembangkan oleh seluruh lini bisnis Huawei, dari grup bisnis Carrier Network, Enterprise, Consumer, Cloud, hingga Digital Power. Dengan kontribusinya, Huawei berharap dapat turut memajukan Indonesia bersama-sama dengan seluruh mitra dan pemangku kepentingan.

Kolaborasi Ciptakan Konektivitas Modern di Indonesia

Jeffrey Wang, VP Management Transformation Huawei dalam sambutannya di Media Camp 2023 di Sumba, menyatakan bahwa banyak yang mengenal Huawei sebagai produsen smartphone.

Namun menurutnya bisnis Huawei sudah jauh lebih besar dari produsen smartphone. Huawei adalah penyedia infrastruktur dan perangkat teknologi informasi untuk berbagai industri dan telah hadir dan melayani teknologi di 170 negara lebih dengan lebih dari 200.000 pegawai.

Di Indonesia sendiri Huawei telah berkomitmen melayani kebutuhan pasar melalui grup bisnisnya, seperti Carrier Network, Enterprise, Consumer, Cloud, hingga Digital Power.

Huawei Media Camp 2023 03
Jeffrey Wang, VP Management Transformation Huawei, menyatakan bahwa bisnis Huawei bukan hanya dikenal sebagai produsen smartphone, tapi juga penyedia infrastruktur dan perangkat teknologi informasi untuk berbagai industri.

Jeffry menambahkan bahwa sejak masuk di Indonesia tahun 2000, kini Huawei telah mempekerjakan lebih dari 2.300 karyawan dan dari jumlah tersebut, lebih dari 90 persen adalah karyawan lokal.

Huawei telah memiliki sembilan kantor regional dan enam pusat logistik nasional. Perusahaan juga telah bekerjasama dengan sekitar 250 suplier atau pemasok lokal serta bermitra pula dengan lebih dari 6000 sub kontraktor lokal.

Fokus utama tentu saja adalah konektivitas digital yang merupakan bisnis inti dari Huawei. Koneksi internet tidak hanya membantu proses komunikasi, tetapi juga mendukung keterhubungan infrastruktur fisik. Dalam mendukung transformasi digital di banyak negara, Huawei sangat fokus pada implementasi 5G.

Huawei Media Camp 2023 02
Alex Xing, CTO VP of MKT & Solutions Huawei Indonesia, menyampaikan materi menuju dunia yang cerdas melalui inovasi teknologi yang berkelanjutan.

Di percaturan global, keunggulan Huawei dalam teknologi 5G juga telah membantu pembangunan jaringan 5G di 10 kota teratas di dunia untuk meningkatan kecepatan koneksi jaringan. Selain itu, Huawei juga telah menjalin kerja sama dengan 400 operator seluler di seluruh dunia untuk menyediakan produk penyimpanan data dan solusi cerdas berbasis 5G.

Pembangunan konektivitas 5G yang dilakukan oleh Huawei telah menjadi tulang punggung bagi kehidupan penduduk di lebih dari 700 smart city yang tersebar di lebih dari 100 negara dan wilayah.

Eksplorasi 5G live use case dan jaringan Kereta Cepat Whoosh

Di Indonesia, Huawei bersama MASTEL dan Telkomsel berkolaborasi membangun jaringan 5G di Solo Technopark. Kolaborasi pembangunan jaringan 5G di Solo Technopark dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan KTT (konferensi tingkat tinggi) yang melibatkan seluruh ekosistem digital di tanah air untuk mengeksplorasi 5G live use case terintegrasi.

Selain itu, turut dibahas juga perkembangan 5G terkini di seluruh dunia dalam hal penerapan jaringan, pengembangan pengguna, pembangunan ekosistem, pengalaman digital, aplikasi industri, dan nilai bisnis.

Huawei juga memberikan dukungan pada jaringan Kereta Cepat Whoosh untuk menciptakan konektivitas modern bagi masyarakat urban di dua kota (Jakarta dan Bandung). Dukungan ini dapat menjadi use case 360 yang menggambarkan kontribusi Huawei terhadap ekspansi infrastruktur pemerintah yang dapat menciptakan efek multiplier bagi perekonomian nasional.

whoosh

Pada proyek KA Cepat Whoosh, Huawei dan China Railway Signal and Communications (CRSC) berkolaborasi untuk membangun jaringan komunikasi berteknologi nirkabel di frekuensi 900 Mhz, sistem transmisi persinyalan serta data center untuk menunjang operasional di KA Cepat Whoosh yang memiliki jalur sepanjang 142,3 kilometer.

“Whoosh adalah kesuksesan besar, dan kami sangat bangga menjadi bagian dari ini,” ujar James Sun, VP Huawei Indonesia dalam sambutannya di Huawei Media Camp 2023 (9/12/2023).

Huawei konsisten menjaring talenta digital lokal

Transformasi digital mutlak diterpakan di Indonesia ke depan. Oleh karea itu, Huawei secara pro aktif mempererat jalinan kemitraannya dengan pemerintah dan dunia pendidikan. Kolaborasi ini bertujuan untuk mempersiapkan talenta digital yang kelak menjadi pengguna solusi TIK di tengah masyarakat yang kian teknologi sentris.

Selama satu tahun terakhir, Huawei Indonesia telah menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder pemerintahan, seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), serta Kantor Staf Presiden, guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi talent digital menyongsong era digital 5.0 serta mengantisipasi potensi ancaman serangan siber.

5G use case

Untuk menjamin pemanfaatan teknologi bagi semua orang tanpa terkecuali, Huawei juga fokus memperluas jangkauan konektivitas hingga ke daerah-daerah terpencil guna menciptakan kesetaraan digital. Upaya ini diimbangi dengan proses peningkatan kapasitas dan wawasan digital SDM Indonesia.

Dalam pengembangan SDM digital, Huawei bergerak berdasarkan komitmen ‘I Do’ yang menargetkan terciptanya 100 ribu insan Indonesia tanggap digital melalui sejumlah pelatihan dan sertifikasi hingga 2025. Saat ini, Huawei telah melatih lebih dari 93 ribu orang. “Huawei optimistis dapat menjangkau 100 ribu talenta digital satu tahun lebih cepat dari target,” ungkap Long.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS