November 27, 2023

Gelar OptiX Club 2023, Huawei Perkenalkan Produk dan Solusi F5G Terbaru untuk Transformasi Digital di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Gelar OptiX Club 2023, Huawei Perkenalkan Produk dan Solusi F5G Terbaru untuk Transformasi Digital di Indonesia  

Mobitekno – Huawei baru-baru ini menyelenggarakan acara OptiX Club 2023 yang mengusung tema seputar konektivitas optik dan keberlanjutan digital: F5G Evolution Unleashing Green Digital.

Ajang tahunana OptiX Club dirancang untuk memperkenalkan solusi teknologi baru, inovasi, dan berbagai penerapan bersama dalam industri guna mendukung proses transformasi digital demi mencapai visi Indonesia Emas 2045.

F5G (Fifth Generation Fixed Network) adalah generasi kelima dari teknologi jaringan serat optik untuk menyediakan solusi jaringan tetap yang dapat mendukung aplikasi-aplikasi yang menuntut kecepatan, kapasitas, latensi, dan efisiensi energi yang tinggi, seperti video streaming ultra-high definition, telemedicine, virtual reality gaming, dan lain-lain.

F5G juga dapat melengkapi jaringan nirkabel 5G dan mendukung layanan-layanan cloud yang membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi dan/atau latensi rendah.

Identifikasi solusi terbaik menjadi kunci utama

Frank Xu, Director of Enterprise Marketing & Solution Sales Department, Huawei Indonesia menyatakan bahwa semakin meningkatnya permintaan dari sektor pemerintahan dan korporasi swasta terhadap penggunaan teknologi konektivitas, cloud, dan AI pada kegiatan operasionalnya, proses identifikasi solusi terbaik untuk mendukung setiap kebutuhan tersebut menjadi kunci utama guna meraih peluang baru, mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, dan mempercepat transformasi digital.

Huawei Optix Club 2023 01
Huawei OptiX Club 2023 mengusung tema seputar konektivitas optik dan keberlanjutan digital: F5G Evolution Unleashing Green Digital.

“Huawei Indonesia terus mendukung transformasi digital di Indonesia tanpa henti selama bertahun-tahun. Kami merasa terhormat dapat mendukung pelanggan ISP di Indonesia dengan membangun jaringan backbone yang cerdas. Hingga September 2023, lebih dari 500 jaringan ASON telah digunakan secara komersial di seluruh dunia, meliputi lebih dari 300 operator,” katanya.

“Bersama dengan Indonesia, Huawei bertekad untuk berkontribusi lebih besar dalam pembangunan sistem berkelanjutan di negara ini untuk mencapai visi besar Indonesia Emas, dan membangun jaringan yang lebih cerdas dan andal untuk menjangkau penduduk yang belum menikmati konektivitas digital, menyatukan seluruh rakyat Indonesia,” tambah Frank.

Lebih dari 200 pelanggan berpartisipasi dalam OptiX Club

Lebih dari 200 pelanggan dan mitra Huawei dari berbagai sektor industri dan bisnis ikut berpartisipasi dalam OptiX Club.

Dalam salah satu sesi di OptiX Club 2023, Atanasius Ronni, VP Technology and Innovation PT Trans Indonesia Superkoridor (TIS) mengapresiasi solusi-solusi produk handal dari Huawei yang sangat cocok dan menciptakan nilai baru bagi pengalaman pelanggan dan industri.

Huawei Optix Club 2023 02
Di ajang OptiX Club 2023 disampaikan bahwa F5G dapat melengkapi jaringan nirkabel 5G dan mendukung layanan-layanan cloud yang membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi dan/atau latensi rendah.

“Sebagai landasan rancangan transformasi digital TIS di masa depan, kami memilih Huawei untuk membangun jaringan digital yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan pribadi dan bisnis akan layanan digital, komputasi awan, dan jaringan berkeandalan tinggi dengan menggunakan jaringan tulang punggung super ASON yang menghubungkan ‘kabel darat + kabel bawah laut’ guna membangun infrastruktur jaringan yang sangat andal dan mudah dipelihara,” tuturya.

“Melalui langkah-langkah ini, kami berharap dapat memberikan nilai lebih kepada berbagai industri, menurunkan latensi jaringan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mencapai hasil yang sama-sama memuaskan bagi para pelanggan,” ucap Atanasius Ronni.

Komitmen Huawei untuk terus dorong akselerasi transformasi digital di Indonesia

Sementara itu, Jeffrey Chen, Director of Huawei Asia Pacific Region Optical menegaskan kembali komitmen Huawei untuk mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia.

“Kami merasa terhormat dapat membantu pelanggan ISP di Indonesia dengan membangun jaringan backbone yang cerdas. Hingga September 2023, lebih dari 500 jaringan ASON telah digunakan secara komersial di seluruh dunia, mencakup lebih dari 300 operator. Huawei berharap dapat bekerja sama dengan pelanggan Indonesia dalam jangka panjang untuk membangun jaringan yang lebih cerdas dan andal,” tegas Jeffrey.

Sebagai penyedia TIK global, Huawei memiliki beberapa seri produk utama yang dirancang untuk berbagai keperluan, termasuk Huawei Industry OptiX, Single OptiX, Sensing OptiX, DC OptiX, dan Campus OptiX, untuk memenuhi kebutuhan sektor konektivitas serat optik di berbagai bidang, mulai dari energi, transportasi, keuangan, pendidikan, perawatan kesehatan, dan manufaktur.

Sebagai bagian dari komitmennya di Indonesia, berpedoman pada empat pilar komitmen yang dinamakan ‘Huawei I DO’ — yang terdiri dari I Do Care, I Do Collaborate, I Do Create, dan I Do Contribute — Huawei Indonesia senantiasa menyelenggarakan berbagai program yang berfokus pada peningkatan ekosistem digital dengan berbagai pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya untuk dapat terus memberikan kontribusi dan menciptakan nilai guna membangun Indonesia yang terhubung secara menyeluruh, berbasis 5G, lebih cerdas, digital, dan ramah lingkungan.

Tags: , , , , , , , , , , ,


COMMENTS