January 22, 2022

Bocoran Benchmark Tunjukkan GPU Intel ARC Alchemist Lebih Tokcer dari NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti

Penulis: Iwan RS
Bocoran Benchmark Tunjukkan GPU Intel ARC Alchemist Lebih Tokcer dari NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti  

Mobitekno –┬áHasil benchmark dari pengujian GPU Intel ARC Alchemist dengan 512 EU (Execution Units) yang cukup menjanjikan dikabarkan oleh leakster APISAK melalui akun twitter-nya @TUM_APISAK) belum lama ini.

Dalam ciutannya, APISAK menyertakan dua URL hasil pengujian daftar GPU ARC Alchemist 512EU dan NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti yang terdaftar dalam online repository aplikasi benchmark SiSoftware.

Dari benchmark SiSoftware tersebut, GPU Intel ARC Alchemist meraih skor 9017,52 Mpix/s, sedangkan GPU NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti 8369,51 Mpix/s.

Ini berarti GPU Alchemist terlihat sedikit unggul (8 persen). Keunggulan juga ditemui pada pengujian half-float, double-float, dan quad float dengan pengecualian pada pengujian compute single-float yang masih menunjukan keunggulan skor NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti.

Di ajang CES 2022 baru lalu, Intel menyatakan akan menghadirkan GPU Arc Alchemist yang siap bersaing dengan GPU NVIDIA GeForce dan AMD Radeon yang selama ini mendominasi pasar. Intel mengklaim telah melakukan perjanjian order dengan lebih dari 50 vendor PC, diantaranya Acer, ASUS, Clevo, Dell, Gigabyte, HP, Lenovo, Samsung, MSI, dan NEC.

Rencananya GPU Intel ARC untuk desktop baru hadir akhir tahun ini. Performanya mungkin saja akan tertinggal dengan hadirnya GPU generasi terbaru dari AMD (Radeon RDNA 3) dan Nvidia (GeForce RTX 4000). Meskipun, teknologi upscaling Intel XeSS yang didukung AI, sebagai jawaban teknologi Nvidia DLSS, mungkin saja bisa membantu GPU Intel tersebut lebih kompetitif ke depan.

Tags: , , ,


COMMENTS