May 13, 2022

S Pen Baru di Galaxy S22 Ultra 5G, Mematangkan Ide dan Gagasan Jadi Lebih Mudah

Penulis: Desmal Andi
S Pen Baru di Galaxy S22 Ultra 5G, Mematangkan Ide dan Gagasan Jadi Lebih Mudah  

Mobitekno – Salah satu hal baru yang ada di Samsung Galaxy S22 Ultra 5G adalah kehadiran S Pen yang menyatu dengan smartphone. Ini menjadi yang pertama kali dilakukan Samsung pada S Series. Namun sejatinya, Galaxy S22 Ultra 5G memang menjadi smartphone penerus Galaxy Note Series sehingga fungsi-fungsi dan fitur pada Note Series berpindah ke Galaxy S22 Ultra 5G. Oleh sebab itu, S Pen menjadi satu hal yang kini menyatu dengan smartphone.

Namun, bukan berarti Samsung hanya memindahkan S Pen ke S Series tertinggi ini. Ada berbagai inovasi yang hadir dalam S Pen baru ini. Selain latensinya yang super rendah, S Pen pada Galaxy S22 Ultra 5G ini juga sangat hemat energi, berkat penggunaan teknologi Bluetooth Low Energy yang bisa mendukung produktivitas 100 persen. Begitu rendahnya latensi pada S Pen ini membuat pengguna serasa menggunakan pena di atas kertas. Jadi, melakukan mode kerja apapun, baik Work from Home, Work From Office, dan Work From Anywhere, S Pen ini bisa menjadi alat bantu yang begitu penting dalam menjalankan aktivitas harian dan kebiasaan baru.

S Pen Mampu Menyimpan Semua Ide dan Gagasan Baru yang Tiba-tiba Muncul

Salah satu manfaat hadirnya Galaxy S22 Ultra 5G dengan S Pen barunya adalah pengoperasiannya yang bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun. Inilah yang menjadi pembeda Galaxy S22 Ultra 5G dengan smartphone premium lainnya. Saat kamu sedang beraktivitas dan tiba-tiba menemukan sebuah ide atau gagasan menarik, kamu bisa segera mencatatnya tanpa perlu menunggu lama, seperti saat menggunakan laptop. Cukup tarik keluar S Pen dari slotnya, lalu tulis ide atau gagasan yang baru kamu dapatkan ke layar smartphone tanpa harus membuka kuncinya. Hal ini memang bisa dilakukan di Galaxy S22 Ultra 5G berkat fitur Always On.

Gunakan S Pen di atas layar Galaxy S22 Ultra 5G yang berukuran 6,8 inci, ukuran yang begitu lega untuk menorehkan ide dan gagasan seketika. Setelah ditulis, catatan secara otomatis akan tersimpan ke dalam aplikasi Samsung Notes. Kamu pun bisa mengolahnya di kemudian hari.

Matangkan Gagasan

Ide atau gagasan awal sudah dicatat di dalam aplikasi Samsung Notes pada saat itu juga. Selanjutnya, saat waktu luang, kamu bisa lebih pertajam gagasan tersebut dengan menambahkan hal-hal lainnya agar lebih menarik dalam pelaksanaannya. Berbagai referensi bisa ditambah ke dalam catatan tersebut. Jangan khawatir referensi berformat JPG atau PDF, karena Samsung Notes bisa mengumpulkannya dalam satu halaman. Bahkan termasuk file audio atau link dari sebuah website.

Hal ini tentunya akan lebih menarik, karena ide awal yang cukup sederhana bisa menjadi sebuah gagasan yang lengkap dan penuh dengan solusi serta inovasi. Coretan-coretan dan berbagai referensi dalam catatan selanjutnya bisa disatukan melalui fitur Smart Select. Gunakan S Pen untuk memilih bagian-bagian yang penting untuk selanjutnya disimpan dalam format file yang bisa diakses semua anggota tim. Selanjutnya, kamu bisa berbagai file tersebut dengan teman kerja lainnya melalui email atau whatsapp sehingga ide tersebut bisa didiskusikan dengan lebih luas

Presentasi dengan Tim

Jika file gagasan sudah di share dan sudah didiskusikan bersama, kamu bisa mempresentasikan di hadapan mereka. Di presentasi ini, S Pen di Galaxy S22 Ultra juga bisa membantu menjelaskan berbagai hal dalam file ke anggota tim lainnya. Melalui fitur Air Action, kamu bisa mempresentasikan sebuah halaman dokumen dengan gerakan-gerakan (gesture) S Pen. Misalnya jika ada video yang diputar, kamu bisa menekan tombol S Pen untuk melakukan Play, tau menekannya kembali untuk Pause. Kamu juga bisa menggunakan gerakan S Pen dengan gerakan tertentu yang sudah disetujui untuk berpindah ke video lainnya. Pengaturan fitur Air Action ini bisa dilakukan di menu Settings.

Saat presentasi dan dibutuhkan membuka sebuah link website pun, kamu tidak perlu mengetikkan url di address bar. Gunakan S Pen, lalu tulis alamat web atau url seperti kamu menggunakan pena. Sistem akan mengenai tulisan kamu sehingga browser akan menuju url yang barusan ditulis.

Koreksi Gagasan

Koreksi Ide untuk Penyempurnaan gagasan juga bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan S Pen. Coretan-coretan yang tadinya berdasarkan tulisan tangan, bisa dirapikan dengan fitur S Pen to Text. Dengan fitur ini, pengguna dapat menulis manual menggunakan S Pen dan mengubahnya menjadi teks digital, sehingga dapat disalin ke aplikasi lainnya seperti Notes.

S Pen pada Galaxy S22 Ultra 5G memang memiliki latensi yang super rendah, yaitu hanya 2,8ms. Bandingkan saja dengan S Pen yang tahun lalu dibuat untuk Galaxy S21 Ultra dengan latensi 9ms. Cukup jauh perbedaannya. Dengan demikian, penggunaan S Pen di Galaxy S22 Ultra 5G ini semakin nyaman dan smooth.

Keunggulan S Pen dengan latensi super rendah ini juga didukung dengan performa kuat Galaxy S22 Ultra 5G yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Prosesor ini sudah menggunakan fabrikasi 4nm. Dengan begitu, prosesor menjadi lebih hemat daya. 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS