May 4, 2022

Lebih Cepat dan Hemat Daya, Samsung Siap Produksi Flash Storage UFS 4.0 pada Kuartal III 2022 untuk Ponsel 5G

Penulis: Iwan RS
Lebih Cepat dan Hemat Daya, Samsung Siap Produksi Flash Storage UFS 4.0 pada Kuartal III 2022 untuk Ponsel 5G  

Mobitekno – Samsung mengumumkan versi terbaru standar flash storage UFS (Universal Flash Storage) 4.0 akan rencananya akan diproduksi massal pada kuartal ketiga tahun ini. UFS 4.0 akan memberikan keuntungan besar dalam kecepatan dan efisiensi untuk perangkat seluler, seperti smartphone, tablet, mobile device lainnya.

Debut media UFS 4.0 yang kapasitasnya bisa mencapai 1 TB (11mm x 13mm x 1mm) ini mungkin akan dijumpai pada ponsel lipat Samsung, seperti Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 atau pada flagship mendatang, Galaxy S23 di tahun 2023 nanti.

Dengan bandwidth maksimum 23.2 Gbps per kanal (2x UFS 3.1), UFS 4.0 dianggap ideal sebagai media storage untuk ponsel 5G yang membutuhkan pemrosesan data besar secara cepat. Peningkatan dianggap signifikan dari standar UFS 3.1 yang ada saat ini (11.6 Gbps).

Kunci utama dari peningkatan ini adalah berkat dukungan teknologi V-NAND generasi ke-7 dan controller baru yang memungkinkan kecepatan baca sekuensial hingga 4.200 MB/s dan kecepatan tulis sekuensial hingga 2.800 MB/s.

Selain kecepatan baca/tulis, standar UFS 4.0 juga meningkat efisiensinya. Ponsel dengan UFS 4.0 dapat bertahan lebih lama sambil memanfaatkan kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat. Menurut produsen Korea, UFS 4.0 menghasilkan peningkatan 46% dibandingkan UFS 3.x.

Selain menyediakan UFS 4.0 untuk ponsel lipat Samsung, tablet, dan produk Samsung lainnya, Samsung terbukan untuk bekerja sama dengan produsen industri lainnya untuk menggunakan standar flash storage terbaru ini. Baik produsen ponsel, otomotif, perangkat AR (augmented reality) dan VR (virtual reality), serta produk eletronik lainnya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS