September 1, 2022

Lenovo Rilis ThinkPad X1 Fold Terbaru: PC Layar Lipat Serba Bisa dengan Bezel dan Sasis Lebih Tipis

Penulis: Muhammad Rizki
Lenovo Rilis ThinkPad X1 Fold Terbaru: PC Layar Lipat Serba Bisa dengan Bezel dan Sasis Lebih Tipis  

Mobitekno – Lenovo dengan bangga mengumumkan PC generasi terbarunya, yaitu ThinkPad X1 Fold, laptop 16 inci yang dirancang untuk menawarkan performa PC penuh dengan bentang layar yang lega.

ThinkPad X1 Fold menghadirkan sebuah perangkat yang portabel dan juga kuat dengan desain yang lebih mulus dan tipis yang dapat digunakan secara nyaman sebagai PC utama.

ThinkPad X1 Fold memiliki layar lipat OLED 16-inci yang 22% lebih besar, sasis 25% lebih tipis, dan bezel yang lebih tipis mengelilingi layar untuk memproduksi tampilan yang lebih premium dan ramping serta bingkai aluminium dan cover belakang yang 100% terbuat dari kain tenun berkualitas.

Ketika merancang perangkat generasi baru, ada keuntungan yang didapatkan dengan mempelajari pengalaman pelanggan secara mendasar dan tren sosial dari masukan para pengguna saat ini. Wawasan ini membantu Lenovo dalam mendefinisikan empat area utama di mana pengalaman yang diberikan haruslah sempurna, yakni performa, keyboard, layar, dan desain.

Jerry Paradise, Vice President Commercial Product Center, Intelligent Devices Group, Lenovo, menyatakan bahwa menciptakan PC layar lipat pertama di dunia merupakan tantangan teknologi yang sangat besar bagi perusahaan.

“Mewujudkan peningkatan pada perangkat ini adalah suatu pencapaian yang nyata. Kami ingin generasi baru dari ThinkPad X1 Fold menjadi tolok ukur dari bagaimana produktivitas, kreativitas, dan hiburan yang premium,” kata Paradise.

Ia menambahkan, “Fondasi kuat kami terhadap desain, rekayasa, dan kemitraan kami yang luar biasa dengan Intel, Microsoft, dan mitra-mitra berharga lainnya yang tak terhitung membantu kami mewujudkan masterpiece teknologi yang serba bisa ini. ThinkPad X1 Fold baru meredefinisi kategori yang telah kami wujudkan di masa lalu.”

Pengalaman generasi baru dari layar lipat

Ditenagai oleh Intel vPro®, sebuah desain Intel® Evo™ dengan prosesor hingga Intel Core™ i7 Generasi ke-12, dan Intel Iris Xe Graphics, generasi baru dari ThinkPad X1 Fold memberikan performa luar biasa dalam form factor layar lipat. Kemampuan itu ditambah dengan penyimpanan SSD hingga 1TB1 dan opsi memori hingga 32GB LPDDR5 yang berarti Windows 11 Home atau Pro akan berjalan dengan mulus terlepas dari mode penggunaan yang dipilih.

Pengalaman mengetik yang baik dan juga familiar pada PC utama seorang pengguna sangatlah penting. Generasi baru dari ThinkPad X1 Fold menawarkan backlit keyboard opsional yang berukuran penuh, dengan TrackPoint dan haptic touchpad besar yang dapat bekerja secara terhubung atau terpisah dari PC tergantung pada mode yang digunakan. Keyboard ini dapat terhubung secara magnetik pada setengah bagian bawah layar untuk mode laptop klasik yang memberikan pengalaman laptop 12-inci dengan performa penuh.

Tampilan screen yang lebih besar berarti produktivitas akan bertambah, dan memfasilitasi gaya kerja hybrid secara lebih jauh dengan penekanan terhadap kebutuhan ruang layar yang luas. ThinkPad X1 Fold terbaru menghadirkan ruang yang jauh lebih luas, serta layarnya dapat beradaptasi menyesuaikan berbagai cara penggunaan perangkat sesuai dengan keinginan para penggunanya.

Panel layar lipat OLED dengan warna yang sangat cerah ini berukuran 16,3 inci dengan aspek rasio 4:3 yang menawarkan ruang maksimum dalam pengemasan yang ringan, dengan orientasi layar yang serbabisa baik dalam mode portrait ataupun landscape, dan tentunya juga dapat dilipat. Layar ini dapat dikonfigurasi dengan pen yang terhubung secara magnetik memanfaatkan protokol Wacom. Menakjubkannya, ThinkPad X1 Fold baru ini bisa menayangkan tayangan acara, film, dan olahraga dengan keterangan layar HDR hingga 600nits dan dalam Dolby Vision di perangkat yang mendukung.

Merancang PC layar lipat dengan bezel yang lebih tipis, layar yang lebih besar dan keseluruhan perangkat yang lebih ramping tanpa mengorbankan ketahanan, tentunya tidak berjalan tanpa tantangan. ThinkPad X1 Fold menampilkan bezel dengan ketipisan tidak lebih dari 10mm dan berukuran hanya 8,6mm jika tidak dilipat dengan ketipisan yang luar biasa jika dilipat yaitu hanya 17,4mm.

Seperti seluruh laptop ThinkPad lainnya, ThinkPad X1 Fold telah melalui metode pengujian ketat milik Lenovo ditambah dengan standardisasi MIL-STD-810H untuk memaksimalkan durabilitas dan kepastian dari kualitas yang dimiliki laptop ini. Bahkan cover laptop ini yang terbuat dari 100% kain tenun daur ulang berkualitas telah melalui pengujian durabilitas dan reliabilitas.

ThinkPad X1 Fold generasi baru telah membentuk masa depan baru dengan menyediakan screen real estate dan pengalaman menonton dari laptop 16-inci melalui layar yang terlipat setengah dari alternatif yang ditawarkan dari clamshell laptop pada umumnya.

Laptop ini dapat dengan mudah dilipat hingga menjadi sub-laptop berukuran 13-inci agar laptop menjadi ringan dan ramping untuk dibawa dan disimpan. Produktivitas, kolaborasi, konsumsi konten, membaca, menulis, editing, dan tujuan lainnya dapat dicapai dengan mudah dalam mode penggunaan apapun yang dirasa paling nyaman untuk dipilih. Mode-mode yang diatur oleh interface Mode Switcher yang intuitif, antara lain:

Classic clamshell, atau mode laptop, menyediakan layar utama berukuran 12-inci dengan onscreen keyboard pada setengah bagian bawah layar, atau ThinkPad Bluetooth TrackPoint keyboard opsional yang berukuran penuh. Mode ini ideal untuk produktivitas penuh di tempat yang terbatas seperti pesawat, kereta, dan mobil.

– Mode landscape, atau mode all-in-one, menghadirkan transformasi yang luar biasa. Tiba di destinasi tujuan, pengguna dapat membuka lipatan perangkat menjadi format landscape dengan stand dan menghubungkan laptop dengan keyboard – baik terhubung atau terpisah dari stand – untuk menciptakan laptop berukuran 16-inci fenomenal yang memudahkan multi-tasking secara efisien atau menampilkan presentasi yang memukau.

Mode portrait adalah fitur baru yang menarik para pengguna pada pengujian awal. Putar perangkat ke mode portrait dengan stand untuk layar 16-inci yang besar – terbukti sangat efektif untuk membaca dan mengedit dokumen panjang, membuka social feeds, website, dan tab lain secara bersamaan.

Mode book tidak butuh perkenalan lebih lanjut dalam teknologi layar lipat, namun mode ini sama luar biasanya ketika digunakan untuk membaca, yaitu dengan layar 16-inci yang dilipat setengah. Mode ini juga sangat produktif untuk proofreading artikel atau menelusuri publikasi digital.

– Terakhir, mode tablet dapat digunakan dalam mode portrait atau landscape yang memudahkan interaksi kreativitas, atau interaksi bersama keluarga dan rekan kerja dengan bantuan magnetic pen dan layar yang didukung Dolby Vision untuk konsumsi konten.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS