April 22, 2024

Counterpoint: Pengiriman PC Global Tumbuh 3% di Q1 2024. Teknologi AI di PC Jadi Katalis Utama

Penulis: Iwan RS
Counterpoint: Pengiriman PC Global Tumbuh 3% di Q1 2024. Teknologi AI di PC Jadi Katalis Utama  

Mobitekno – Laporan terbaru dari Counterpoint Research menunjukkan adanya pertumbuhan pengiriman PC global sebesar 3% (Year-on-Year) di tengah industri yang telah kembali ke situasi dan kondisi sebelum terjadinya pandemi.

Pertumbuhan positif ini terjadi setelah pasar PC global mengalami penurunan selama dua tahun. Perubahan ini didorong oleh semakin meningkatnya tren teknologi komputasi AI di industri, pemulihan pengiriman di masing-masing sektor, dan siklus peningkatan kopnsumen (end-user).

Laporan Counterpoint secara umum sejalan dengan temuan IDC baru-baru ini, yang melaporkan pertumbuhan sebesar 8% selama kuartal pertama tahun 2024. Keduanya lembaga riset ini berpendapat bahwa Lenovo menjadi produsebn yang mengalami angka pertumbuhan tertinggi, sebesar 23-24%, diikuti oleh HP dan Dell.

Counterpoint q1 2024 pc global sale
Sumber: Counterpoint Research

Apple, Inc. juga menikmati pertumbuhan yang disebabkan oleh kepopuleran sistemnya yang berbasis chip M3. Baik Lenovo, HP, Dell, dan Apple masih konsisten dan tangguh dalam mempertahankan posisinya di empat besar pasar PC global.

Tahun ini akan banyak PC dan notebook yang diperkuat dengan komputasi AI yang mulai masuk pasar global. Qualcomm yang biasanya lebih fokus di industri mobile dan smartphone tampaknya juga menginginkan jatah di pasar komputasi personal, dan siap bersaing dengan desainer chip Intel dan AMD. Qualcomm akan mengandalkan chip terbaru Snapdragon X series yang diperkirakan akan debut dalam waktu dekat ini.

Meskipun demikian, AMD dan Intel juga telah bersiap untuk meluncurkan prosesor dan SoC yang lebih mumpuni dalam komputasi AI. Pelaku industri berharap adopsi AI akan menumbuhkan pasar secara eksponensial, namun hadirnya ‘killer app’ yang mengintegrasikan dan mengekstrak keampuhan AI pada PC juga masih perlu ditunggu utuk mendukung kehadiran chip-chip baru tersebut.

Faktor pendorong pasar PC global

Perkembangan teknologi Kecerdasan buatan (AI), termasuk AI generatif dengan cepat mengubah berbagai industri, dan PC menjadi alat yang krusial untuk mengerjakan berbagai tugas, seperti analisis data, Machine Learning, dan Deep Learning.

Produsen bersiap untuk memenuhi permintaan ini dengan memperkenalkan “PC AI” baru yang dilengkapi dengan prosesor bertenaga dan kartu grafis yang dioptimalkan untuk beban kerja AI. Fokus pada mesin bertenaga AI diperkirakan akan menjadi pendorong utama penjualan PC di kuartal mendatang.

AI factor
Menurut Counterpoint, penetrasi AI Laptop di pasar PC akan terus meningkat di masa mendatang.

Selain AI, adanya pandemi yang mendorong banyak konsumen untuk mengupgrade PC mereka untuk kebutuhan bekerja dari rumah dan pembelajaran online, perlambatan siklus penggantian tidak dapat dihindari. Namun, seperti halnya produk teknologi yang memiliki siklus pakai, pengguna kemungkinan juga perlu melakukan upgrade sejalan dengan kebutuhan komputasi yang semakin meningkat. Siklus penggantian alami dikombinasikan dengan pengenalan fitur-fitur baru yang menarik, seperti kemampuan AI, berkontribusi terhadap bangkitnya pasar PC global.

Di samping kedua faktor tadi, bisnis juga mengevaluasi kembali kebutuhan teknologi mereka. Meskipun sebagian konsumen sudah menggunakan laptop dan tablet pada masa untuk bekerja di rumah (WFH) selama pandemi, kini sebagian konsumen juga mendapati bahwa desktop tetap menawarkan kinerja yang lebih unggul untuk tugas-tugas tertentu.

Selain itu, kembalinya model kerja hybrid juga memerlukan kombinasi penggunaan laptop untuk bekerja saat bepergian dan desktop untuk produktivitas kantor. Lanskap bisnis yang dinamis ini juga dapat berkontribusi terhadap permintaan baru akan PC.

Masa depan pasar PC

Meskipun laporan pertumbuhan ini cukup menggembirakan, para analis memperkirakan adanya kenaikan yang terukur, bukan lonjakan yang tiba-tiba. Counterpoint Research memperkirakan pasar PC akan mencapai pertumbuhan 3% sepanjang tahun 2024.

Secara umum, perkembangan pasar PC global ke depan diperkirakan akan dipengaruhi oleh beberapa tren teknologi berikut ini.

Teknologi AI akan salah satu kunci dalam perkembangan pasar PC. PC yang didukung teknologi AI diharapkan menjadi faktor pertumbuhan yang signifikan. Produsen kemungkinan akan terus menyempurnakan dan mempromosikan sistem PC berbasis AI agar lebih mudah diakses oleh lebih banyak pengguna.

pc shipment 01

Dalam pasar yang kompetitif, masing-masing produsen harus melakukan diferensiasi melalui fitur-fitur yang inovatif. Hal ini dapat mencakup kemajuan di berbagai bidang, seperti teknologi interface, termal, faktor bentuk, dan integrasi dengan alat AI.

Seiring dengan berkembangnya permintaan pengguna, produsen PC juga perlu beradaptasi dengan dinamika pasar. Misalnya dengan melibatkan pemenuhan kebutuhan spesifik, seperti permainan, pekerjaan kreatif, atau pendidikan, dengan konfigurasi hardware dan softaware yang lebih disesuaikan.

Masa Depan PC: Beyond desktop

Meskipun desktop mengalami kebangkitan, pasar PC terus mencakup perangkat yang lebih luas. Laptop, mobil konvertibel, dan bahkan tablet bertenaga dengan kemampuan seperti PC semuanya bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen. Masa depan PC mungkin terletak pada ekosistem yang lebih beragam, yang dapat memenuhi beragam kebutuhan pengguna di berbagai segmen.

Pertumbuhan pasar PC baru-baru ini menunjukkan periode stabilisasi dan potensi ekspansi di masa depan. Didorong oleh kemajuan AI, siklus penggantian alami, dan kebutuhan bisnis yang terus berkembang, PC membuktikan relevansinya yang berkelanjutan di era digital saat ini dan masa mendatang. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, masa depan PC tampak cerah, dengan inovasi dan kebutuhan pengguna yang membentuk lanskap komputasi personal dan profesional.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS