March 26, 2024

Adopsi Industri Tinggi, Inovasi Prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series dan AMD EPYC Tawarkan Komputasi Tinggi Sekaligus Efisiensi

Penulis: Iwan RS
Adopsi Industri Tinggi, Inovasi Prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series dan AMD EPYC Tawarkan Komputasi Tinggi Sekaligus Efisiensi  

Mobitekno – AMD Indonesia belum lama ini memaparkan perkembangan produk chip komputasinya di segmen bisnis dalam sebuah acara Media Update di kawasan Senayan, Jakarta (25/3/2024). Untuk platform mobile, hadir AMD Ryzen PRO 7040 Series Mobile terbaru yang berbasis core “Zen 4” terbaru dan dedicated engine AI Ryzen untuk laptop bisnis Windows 11 dari vendor PC terdepan, yaitu HP dan Lenovo.

AMD terus berinovasi dalam menghadirkan CPU yang mumpuni untuk komputasi tinggi atau High Performance Computing (HPC) dan pusat data (data center). Inovasi ini didorong oleh kebutuhan komputasi yang semakin besar dan kompleks untuk menjalankan workload terkait kecerdasan buatan (AI), komputasi awan, dan analisis data.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi AI telah memberikan dampak signifikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pada implementasinya, diperlukan integrasi proses bisnis dan sistem termasuk sumber daya dan teknologi sehingga transformasi AI pun menjadi optimal.

AMD mobile CPU and data center 02

AMD mobile CPU and data center 08

Brando Lubis, Commercial Lead AMD Indonesia menyampaikan komitmen AMD untuk terus berinovasi sesuai kebutuhan pasar. Persaingan ketat menuntut bisnis untuk mampu beradaptasi dengan digitalisasi untuk dapat bertahan. Untuk itu, perlu solusi komputasi yang handal dan efisien yang dapat mendukung pengambilan keputusan.

“AMD juga menawarkan mesin AI Ryzen khusus untuk mempercepat beban kerja AI, bersama dengan teknologi AMD PRO untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan pengelolaan,” tambah Brando.

Hadirnya teknologi AI dianggap dapat mempercepat waktu beban kerja, memperluas jangkauan, dan meningkatkan efisiensi agar sesuai dengan kebutuhan bisnis dan pengguna.

Ke depannya, melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, teknologi AI tetap menjadi teknologi yang menarik dan menjanjikan untuk dapat diterapkan di berbagai bidang dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

AMD Ryzen untuk dukung Universitas AMIKOM Yogyakarta adopsi teknologi AI

Universitas AMIKOM, Yogyakarta sebagai satu-satu-nya universitas di Indonesia saat ini yang bekerjasama dengan AMD dan merasakan manfaat dari perkembangan teknologi AI bagi dunia pendidikan dan merupakan langkah awal yang penting baik bagi pengajar maupun siswa. Pemahaman sejak dini tentang AI dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang akan berdampak positif dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.Tak hanya soal teknologi dari AI namun dibutuhkan sinergi sebagai bagian dari komitmen AMD untuk turut serta berpartisipasi mendukung kualitas dari lulusan sumber daya manusia untuk mampu bersaing di tengah gempuran persaingan ketat khususnya di bidang teknologi informasi saat ini.

Universitas AMIKOM, Yogyakarta menjadi Universitas pertama yang mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru, dengan platform AM5, fabrikasi 5nm dan menggunakan memory DDR5.

AMD mobile CPU and data center 09

AMD mobile CPU and data center 04

Selain itu, AMIKOM juga telah menggunakan solusi PC Desktop terbaik bertenaga AMD Ryzen mulai tahun 2018 dengan standar PC yang digunakan untuk lab minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. Hingga kini, total lebih dari 500 PC dari berbagai lab bertenaga prosesor AMD.

AMD mendukung seluruh kebutuhan transformasi AI dan datacenter di era digitalisasi dan dalam acara Media Update yang terselenggara hari ini, AMD menampilkan teknologi prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile yang baru dan juga jajaran prosesor server EPYC Generasi Keempat dalam jajaran laptop premium dan mobile workstation Windows 11 kelas komersial bertenaga prosesor x86 paling canggih dan hemat daya untuk penggunaan bisnis.

Dengan arsitektur “Zen 4”, grafis terintegrasi AMD RDNA 3, teknologi AMD PRO, dan Ryzen AI pada model tertentu, prosesor Ryzen PRO 7040 Series dirancang untuk memenuhi permintaan pekerja modern. Selain itu, secara global AMD juga telah mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7000 Series untuk desktop, menghadirkan kekuatan grafis terintegrasi “Zen 4” dan AMD RDNA 2 untuk pengguna desktop profesional.

AMD EPYC tawarkan performa sekaligus efisiensi

AMD juga mempresentasikan kecanggihan dari CPU Server terbarunya secara lengkap sejalan dengan komitmen AMD untuk mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan di data center, memberikan tingkat kinerja, efisiensi, dan skalabilitas baru. Kehadiran rangkaian prosesor AMD EPYC Generasi Keempat dapat disesuaikan kebutuhan pengguna untuk memberikan kinerja unggul dan terdepan dalam tujuan umum, cloud native, atau beban kerja komputasi teknis.

AMD juga telah meluncurkan prosesor AMD EPYC 8004 Series untuk melengkapi jajaran prosesor AMD EPYC Generasi Keempat yang dioptimalkan untuk masing-masing beban kerja.

AMD mobile CPU and data center 03

AMD mobile CPU and data center 06

Prosesor baru ini dengan core “Zen 4c” ini dirancang untuk memungkinkan penyedia hardware dapat menciptakan platform hemat energi dan terdiferensiasi untuk mendukung aplikasi AI di sektor ritel, manufaktur, dan telco, hingga ke data center untuk layanan cloud, penyimpanan dan lainnya.

Menurut Brando, AMD EPYC menjadi pilihan banyak pihak selain karena harganya yang reasonable, mengadopsi open server standar, efisiensi, dan tentu saja performannya yang mumpuni.

AMD juga menawarkan mesin AI Ryzen khusus untuk mempercepat beban kerja AI, bersama dengan teknologi AMD PRO untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan pengelolaan.

Di data center, EPYC Generasi Keempat terbaru dari AMD menawarkan rangkaian produk yang sesuai dengan kebutuhan beban kerja pelanggan yang berbeda-beda. Kepadatan core yang tinggi memungkinkan AMD EPYC Generasi Keempat untuk memberikan kinerja terdepan di industri, namun pada saat yang sama, berkat arsitektur Zen terbaru dan teknologi proses terdepan, AMD EPYC juga menawarkan efisiensi energi yang sangat baik sehingga menghasilkan solusi TCO yang menarik bagi para pengguna AMD.

Tags: , , , , , , , , , , , ,


COMMENTS