September 30, 2021

Dassault Systemes Hadirkan SOLIDWORKS 2022, Ada Ratusan Peningkatan Fitur Didalamnya

Penulis: Desmal Andi
Dassault Systemes Hadirkan SOLIDWORKS 2022, Ada Ratusan Peningkatan Fitur Didalamnya  

Mobitekno – Peningkatan fitur ini berdasakan masukan dari penggunanya selama ini. SOLIDWORKS 2022 yang merupakan aplikasi desain dan engineering 3D saat ini telah digunakan oleh jutaan inovator di seluruh dunia. Adanya peningkatan fitur dan fungsi pada SOLIDWORKS 2022, diharapkan dapat mempercepat inovasi, mengembangkan produk, mulai dari konsep hingga proses manufaktur.

“Dunia engineering sedang berubah, sebab kita memiliki semakin banyak masalah berbeda yang harus dipecahkan. Situasi yang penuh tantangan saat ini membuat masyarakat kita berubah, timbulnya masalah yang lebih sulit, timbulnya ancaman terhadap infrastruktur kita, masalah sanitasi. Itulah yang menjadi motivasi Dassault Systèmes untuk memberdayakan pengguna kami dengan berbagai kapabilitas dan workflow yang baru di SOLIDWORKS 2022. Rilis terbaru SOLIDWORKS 2022 dilengkapi dengan serangkaian inovasi dalam portofolio kami yang didasarkan oleh umpan balik dari sebagian besar pelanggan,” ujar Gian Paolo Bassi, CEO SOLIDWORKS.

Kehadiran versi terbaru dari SOLIDWORKS ini sekaligus membuktikan bahwa Dassault Systemes tetap mengembangkan inovasi pada kapabilatas dan workflow yang biasanya digunakan dalam melakukan perancangan desain, dokumentasi manajemen data, hingga validasi. Dengan begitu, para inovator dapat bekerja dengan lebih cerdas dan cepat dalam menciptakan produk yang lebih baik.

“SOLIDWORKS 2022 menyajikan peningkatan berbasis pengguna yang dirancang untuk mempercepat workflow, memperluas akses ke data yang dapat digunakan, dan memfasilitasi kolaborasi yang seamless. Peningkatan ini termasuk optimalisasi lingkungan desain yang optimal sehingga bisnis bisa berfokus pada inovasi sambil menghasilkan desain berkinerja tinggi yang meningkatkan kualitas produk sekaligus mempercepat proses pengembangan produk,” kata Craig Therrien, 3DEXPERIENCE WORKS.

SOLIDWORKS 2022 simulation

Lalu, apa saja peningkatan yang ada pada SOLIDWORKS 2022 ini? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Kinerja Perakitan dan Alur Kerja

Memungkinkan pengguna bekerja dengan lebih cepat saat menggarap berbagai assembly (perakitan) besar sebab workflow pada rilis terbaru SOLIDWORKS 2022 sudah diperluas dan kinerjanya ditingkatkan. Pengguna bisa lebih cepat dalam membuka, menutup, dan menyimpan berkas perakitan. Subassembly juga bisa dibuka dengan lebih cepat pada assembly yang sudah dibuka pada mode Large Design Review.

2. Mode Detailing yang Diperluas

Lebih hemat waktu saat membuka dan melakukan detailing pada gambar yang dikerjakan dengan SOLIDWORKS 2022. Pengguna akan memiliki akses mode Detailing untuk semua gambar apapun versi SOLIDWORKS-nya atau jika disimpan dalam mode Detailing. Buka gambar dalam mode Detailing langsung dari assembly yang sudah dibuka dalam mode Large Design Review.

3. Dimensi dan Toleransi Geometris yang Lebih Efisien

Bekerja lebih intuitif saat melakukan tolerancing pada desain. Pengguna bisa bekerja secara langsung di area grafis yang dipandu oleh antarmuka pengguna dalam membangun feature control frame sel demi sel. Membuat tolerance frame menurut ISO 1101:2017 dan standar terkait ISO 2692, ISO 5458, ISO 5459, dan ISO 8015.

4. Hybrid Modeling

Hemat waktu saat bekerja dengan mesh geometry menggunakan hybrid modelling. Membuat sebuah hybrid solid atau surface body yang mencakup mesh BREP geometry dan BREP geometry klasik. Menggabungkan keunggulan mesh data dengan akurasi dan fitur parametrik dalam solid modelling.

5. Peningkatan Modelling Part

Pembuatan geometri part kini lebih cepat. Lebih mudah dalam membuat ulir baut stud menggunakan Stud Wizard. Membuat sebuah draf di kedua parting line secara bersamaan. Melakukan mirroring geometri pada dua bidang sekaligus alih-alih melakukan mirroring sampai dua kali. Membuat cosmetic thread juga lebih mudah dengan antarmuka pengguna yang sudah ditingkatkan dan tampilan yang lebih realistis.

6. Dukungan Cut List di Tabel Bill of Material (BOM)

Manfaatkan fungsionalitas BOM dengan peningkatan cut list. Semakin hemat waktu dan dapat membuat cut list yang lebih mendetail di tabel BOM, persis seperti yang Anda inginkan dengan melarutkan komponen dalam indented BOM secara otomatis atau manual. Membuat balloon untuk berbagai item sub-weldment cut list di BOM di mana properti balloon sesuai dengan BOM yang terkait. Membuat cut list yang detail untuk semua jenis BOM, bukan hanya indented BOM.

7. Tabel Konfigurasi

Pengguna akan menghemat waktu ketika membuat konfigurasi menggunakan workflow terintegrasi yang sudah disederhanakan. Membuat part yang table-driven dengan native table dari SOLIDWORKS tanpa memerlukan Microsoft® Excel. Hemat waktu dan tenaga dengan pembuatan tabel konfigurasi secara otomatis saat mengerjakan part atau assembly yang memiliki banyak konfigurasi. Dapatkan fleksibilitas desain dengan fungsionalitas tambahan yang disediakan oleh Configuration Table, yang tidak tersedia di kotak dialog Modify Configuration.

8. Sistem Struktur dan Perbaikan Pengelasan

Pengguna bisa membuat pengelasan dengan lebih cepat dan lebih mudah karena adanya peningkatan sistem struktur. Tambahkan tutup ujung (end caps) dengan mudah ke member tabung Structure System dengan profil melingkar, persegi, atau persegi panjang. Buat beberapa member sekunder menggunakan Between Point Member untuk pasangan yang sudah dipilih dan member sekunder dengan metode Up to Member. Hemat waktu dengan mendefinisikan elemen koneksi yang dapat digunakan kembali dan memasukkannya ke part sistem struktur.

9. Peningkatan Performa pada Import dan Display

Mempercepat proses desain dengan peningkatan performa pada fitur import dan model display. Membuka file DXF™ atau DWG di dalam sebuah sketsa part menjadi lebih cepat. Membuka file STEP di dalam SOLIDWORKS juga menjadi lebih cepat. Menampilkan 3D textures dan silhouette edges yang lebih cepat.

10. Kolaborasi dan Data Sharing yang Ditingkatkan

Tingkatkan keuntungan kompetitif Anda dengan memanfaatkan kekuatan dan luasnya portofolio 3DEXPERIENCE Works. Percepat inovasi dan pengambilan keputusan dengan menghubungkan SOLIDWORKS 3D CAD ke platform 3DEXPERIENCE berbasis cloud di mana Anda dapat dengan mudah mengelola dan berbagi semua data Anda dan berkolaborasi dengan orang lain. Menggunakan 3DEXPERIENCE SOLIDWORKS, akses command 3DEXPERIENCE favorit Anda dari berbagai tempat di SOLIDWORKS, termasuk File Menu, Command Manager, dan menu Context, dengan dukungan untuk semua operasional 3DEXPERIENCE.

11. Bekerja Bersama dengan Lebih Cerdas dan Cepat

Banyak peningkatan pada SOLIDWORKS 2022 dikembangkan supaya bisnis bisa bekerja lebih cerdas dengan berfokus pada aktivitas bernilai tinggi sambil membiarkan sistem menangani berbagai task yang repetitif, rutin, dan memakan waktu. Pada saat yang sama, SOLIDWORKS menggabungkan berbagai peningkatan baru sehingga lebih mudah dalam mengeksekusi berbagai desain yang canggih, seperti tabel konfigurasi, peningkatan part modeling, dan hybrid modeling.

Banyak konsumen SOLIDWORKS sudah terhubung ke 3DEXPERIENCE platform yang berbasis cloud untuk menikmati akses yang mudah ke desain yang lebih advanced, data management, dan manufacturing tools yang memungkinkan implementasi strategi dan workflow baru. Dan tentu saja, dengan terhubung ke platform itu akan memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan lebih banyak orang secara mudah, seperti kolega, pelanggan, dan vendor, dari mana saja dan kapan saja.

Saat ini banyak orang yang bekerja secara remote sehingga membutuhkan lingkungan yang makin fleksibel. Portofolio 3DEXPERIENCE Works adalah paket tool dari SOLIDWORKS dan Dassault Systèmes yang memungkinkan satu perusahaan bekerja bersama dalam satu lingkungan yang aman di cloud.

3DEXPERIENCE Works memungkinkan pengguna menikmati efisiensi di berbagai tahap pengembangan produk: mulai dari konsep, desain, simulasi, dan manufaktur. Semua orang bisa bekerja bersama – termasuk manajemen – dengan data yang real-time juga.

Dengan SOLIDWORKS 2022, iterasi desain dan rekayasa dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih sedikit prototipe fisik yang diperlukan untuk menyelesaikan pengembangan produk dan manufaktur. Pelanggan akan menerima apa yang mereka inginkan dengan lebih cepat, menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan biaya overhead yang lebih rendah. Dampaknya, tim pengembangan produk lebih bebas untuk berinvestasi dalam hal yang paling penting bagi perusahaan, yaitu mengembangkan lebih banyak produk yang inovatif secara lebih cepat dan memenangkan persaingan di pasar.

Tags: ,


COMMENTS