March 4, 2022

Cloud Jadi Solusi Masa Depan yang Semakin Mudahkan Para pelanggan Dassault Systemes

Penulis: Desmal Andi
Cloud Jadi Solusi Masa Depan yang Semakin Mudahkan Para pelanggan Dassault Systemes  

Mobitekno – Teknologi untuk semua, bahasan ini memang menjadi topik menarik dalam perhelatan 3Dexperience World 2022 yang baru saja diselenggarakan Dassault Systemes secara virtual baru-baru ini. Acara yang digelar secara virtual dari Atlanta, Amerika Serikat, ini memang menampilkan berbagai solusi menarik, terutama untuk teknologi berkelanjutan. Acara ini juga menjadi momen untuk penunjukkan Gian Paolo Bassi sebagai Executive Vice President 3Dexperience Works. Bassi sebelumnya sukses menjadi CEO Solidworks selama 7 tahun. Kini, jabatan CEO disandang oleh Manish Kumar.

Transformasi digital memang menjadi bahasan menairk dalam acara ini. Banyak perubahan dilakukan oleh berbagai negara untuk menuju kehidupan yang lebih nyaman. Oleh sebab itu, Gian Paolo Bassi mengatakan perubahan itu menandai transformasi 3DExperience Works yang semakin customer centric dengan tujuan untuk melayani dan memberikan value kepada pelanggan mainstream dan membantu mereka bertransformasi digital di era Industry 4.0.

Dalam melakukan perubahan ini, cloud tentunya menjadi solusi yang semakin populer dalam mendukung teknologi di masa depan. Cloud memberikan ruang lingkup untuk mencapai hal-hal yang tidak dapat dilakukan di masa lalu. Contohnya, pemanfaatan data science dan kecerdasan buatan, komputasi di cloud untuk membuat desain dan simulasi bersama.

Gian Paolo Bassi, Executive Vice President, 3DExperience Works, Dassault Systèmes

“Dalam lingkungan yang tidak terduga ini, bagaimana Anda bisa produktif? Bagaimana Anda tidak kehilangan pekerjaan? Bagaimana Anda bisa menghasilkan nilai bagi pelanggan Anda? Satu-satunya cara saat ini adalah dengan memanfaatkan cloud untuk mengakses data dari mana saja, untuk berkolaborasi dari mana saja dan menggunakan perangkat apa saja,” kata Kumar.

Solusi Terbaru dari Solidworks

Solidworks sendiri adalah produk dari Dassault Systèmes yang merupakan aplikasi desain dan engineering 3D yang telah digunakan jutaan innovator di seluruh dunia. Baru-baru ini Dassault Systèmes telah merilis Solidworks 2022 yang disertai sejumlah peningkatan, seperti peningkatan kapabilitas dan workflow yang digunakan untuk melakukan desain, dokumentasi, manajemen data, dan validasi.

Salah satu fitur baru yang hadir di Solidworks 2022 adalah kolaborasi dan data sharing, yakni kemampuan menghubungkan Solidworks 3D CAD ke platform 3DExperience berbasis cloud, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengelola dan berbagi semua data serta berkolaborasi dengan orang lain.

Manish Kumar, CEO Solidworks, Dassault Systèmes

“Kami mampu mengubah Solidworks dari produk desktop murni menjadi sebuah platform, di mana ia bekerja secara mulus dengan platform 3DExperience dan dengan itu kami telah membuka peluang besar bagi pengguna, dan memberikan cakupan nilai yang sangat besar yang dapat dicapai oleh pengguna kami,” ucap Kumar.

Melalui Solidworks, Dassault Systemes dapat mempertahankan pangsa pasar sebaganyak 45% dalam beberapa tahun belakangan ini. Pasar ini juga memiliki jutaan pengguna komersial.

“Saat ini, fokus Dassault Systèmes ke depan adalah menghadirkan kemudahan dan kesederhanaan penggunaan, kemudahan dalam pengadopsian, dan biaya akuisisi yang terjangkau. Alih-alih menyediakan tool untuk klien, kami ingin menjawab permasalahan bisnis mereka, seperti bagaimana mempercepat time-to-market, bagaimana menjamin tercapainya timeline dan menghadapi downtime serta menjadikan automation as a service,” tutup Bassi.

 

Tags: , , ,


COMMENTS