September 29, 2021

Samsung Galaxy Z Fold3 5G Dibanderol 25 Jutaan, Tapi Dijejali Fitur Mewah, Apakah Setimpal?

Penulis: Desmal Andi
Samsung Galaxy Z Fold3 5G Dibanderol 25 Jutaan, Tapi Dijejali Fitur Mewah, Apakah Setimpal?  

Mobitekno – Samsung Galaxy Z Fold3 5G telah hadir resmi di pasar smartphone Indonesia. Samsung membawa foldable phone ini agar bisa dijadikan smartphone mainstream bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan Samsung karena mendengar berbagai masukan dari banyak penggunanya. Ternyata banyak yang menginginkan smartphone dengan teknologi foldable alias bisa dilipat. Namun, sayangnya masih terkendala harga, sehingga Galaxy Z Fold Series sebelumnya dicap terlalu mahal. Karena ingin menjadikan Galaxy Z Fold3 5G menjadi smartphone mainstream, maka Samsung pun membanderol harga smartphone ini lebih terjangkau. Bahkan, jika dibandingkan Galaxy Z Fold2 sebelumnya, harganya dipangkas jauh. Sebagai perbandingan, Galaxy Z Fold2 varian 12GB+256GB pada tahun lalu dibanderol sekitar Rp 33 jutaan. Kini, varian Galaxy Z Fold3 5G varian 12GB+256GB, dijual lebih murah, yaitu Rp 24,9 juta.

Bisa dikatakan Galaxy Z Fold3 5G yang ada pada 2021 ini bisa dimiliki lebih banyak pengguna. Hal ini karena, dengan harga yang ditawarkan Samsung, Galaxy Z Fold3 5G membawa segudang fitur premium dan banyak inovasi terkini. Bahkan, beberapa diantaranya menjadi yang pertama hadir di Indonesia. Tidak heran, jika mengacu pada informasi dari Samsung, sesi pre order Samsung Galaxy Z Fold3 5G ini berjalan sangat sukses. Apa saja sih keuntungan yang didapat konsumen dengan harga Rp 24,9 juta pada Galaxy Z Fold3 5G? Berikut ini beberapa alasannya:? Berikut ini beberapa alasannya:

1. Bawa pengalaman Foldable yang Lebih Luas

Bisa dikatakan Samsung menjadi salah satu pioneer dalam perangkat smartphone layar lipat di Indonesia. Dengan layar Infinity Flex yang berukuran 7,6 inci, berbagai konten dan aplikasi pun bisa tampil lebih maksimal dan detail. Layar besar ini bisa membawa pengalaman maksimal, baik saat digunakan untuk bekerja maupun menikmati hiburan. Bahkan, Samsung telah bekerjasama dengan berbagai aplikasi di Indonesia guna mendukung layar foldable ini sehingga konten tetap tampil utuh. Jadi, dengan menggunakan fitur App Continuity, saat pengguna membuka aplikasi tersebut di Cover Screen 6,2 inci, dengan mulus tampilan akan menyesuaikan dengan ukuran layar utama 7,6 inci tanpa ada informasi terpotong.

Pengalaman foldable juga bisa dirasakan dalam fitur Flex Mode dan Multi Window. Dengan Flex Mode, pengguna bisa merasakan sensasi yang berbeda saat menggunakan sebuah aplikasi, dimana layar atas bisa berbeda tampilan dengan layar bawah. Pengguna bisa tetap bekerja di layar atas, sementara layar bawah mengatur setting yang ada. Flex Mode juga memungkinkan pengguna menonton Youtube di layar atas sambil melihat berbagai berbagai daftar video lainnya di layar bawah. Menarik bukan? Sementara Multi window membuat smartphone ini bisa menampilkan banyak aplikasi dalam layar Infinity Flex 7, 6 inci. Multitasking menjadi lebih mudah. Bahkan, proses drag and drop bisa dilakukan dengan nyaman melalui bantuan S Pen..

Multi Window di Samsung Galaxy Z Fold3 Membantu Produktivitas Maksimal

2. Under Display Camera

Bisa dikatakan Samsung menjadi yang pertama di Indonesia dan dunia dalam menghadirkan inovasi kamera bawah layar (Under Display Camera) yang siap digunakan masyarakat luas dalam Galaxy Z Fold3 5G. Sementara banyak brand lainnya masih dalam tahap prototype. Ini menjadi keunggulan serta salah satu inovasi Samsung yang menonjol di Galaxy Z Fold3 5G. Dengan under display camera, pengalaman menonton menjadi maksimal. Tidak ada disrupsi lagi dalam layar.

3. Prosesor kencang dan Memori Besar

Samsung Galaxy Z Fold3 5G ditenagai prosesor Snapdragon 888 terbaru, Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680). Prosesor ini dibuat dengan fabrikasi 5nm. Hal ini tentunya membuat performa smartphone ini begitu gahar. Menemani prosesor yang kencang tadi, ada memori sebesar 12GB LPDDR5. Ini adalah jenis teratas di segmen memori smartphone. Sebagai generasi terbaru saat ini, LPDDR5 ini menjanjikan performa serta efisiensi daya yang jauh lebih baik untuk smartphone. RAM LPDDR5 ini juga menjanjikan kecepatan transfer data lebih cepat.

4. Sertifikasi IPX8

Hal yang ditakutkan pengguna smartphone adalah saat smartphone terkena tumpahan air akibat hal yang tidak disengaja. Kebanyakan smartphone yang terkena tumpahan ini pada akhirnya harus ditangani oleh bagian servis. Tidak dengan Galaxy Z Fold3 5G yang memiliki sertifikasi IPX8. Ini membuat smartphone tahan air. Jadi tidak perlu khawatir saat terkena tumpahan dari gelas minum penggunanya. Bahkan, galaxy Z Fold3 5G dapat tahan di dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

5. Refresh Rate Tinggi

Samsung memulai era baru dalam penggunaan layar. Selain menampilkan dua layar yang berbeda ukuran, smartphone ini juga menggunakan refresh rate tinggi, yaitu 120Hz pada layarnya. Dengan begitu, mata pengguna semakin dimanjakan dalam menikmati konten yang tampil.

Sebenarnya layar dengan Refresh Rate 120Hz sudah hadir di Galaxy Z Fold2. Namun,  fitur ini hanya tampil di layar bagian dalamnya saja. Sementara layar luarnya belum. Kini, kedua layar, baik luar dan dalam, sudah mengadopsi refresh rate 120Hz.

6. Didukung S Pen

Hadirnya Samsung Galaxy Z Fold3 5G ini memang menggantikan keberadaan Galaxy Note. Oleh sebab itu, fitur-fitur yang sebelumnya ada di Galaxy Note hadir juga di Galaxy Z Fold3 5G. Dan salah satunya adalah dukungan S Pen. Namun, karena smartphone ini mengusung layar Infinity Flex yang bisa dilipat, S Pen pun tampil khusus, yaitu S Pen Pro dan S Pen Fold Edition. Hadirnya S Pen ini juga membuat Galaxy Z Fold3 5G menjadi Galaxy Z Fold Series pertama yang hadir dengan bawaan S Pen.

S Pen pada Galaxy Z Fold3 5G

S Pen Fold Edition hanya kompatibel dengan Galaxy Z Fold 3 dan tidak dengan perangkat Samsung lainnya. Namun, S Pen Pro berfungsi dengan Galaxy Z Fold 3 dan perangkat Galaxy lainnya yang menawarkan dukungan S Pen.

7. Jaminan Samsung Care+ selama 6 Bulan

Bagi masyarakat Indonesia yang meminang Galaxy Z Fold3 5G, mereka juga mendapatkan keuntungan ekstra dengan garansi perlindungan Samsung Care+ selama 6 bulan. Layanan eksklusif ini senilai Rp 1.699.000. Dengan Samsung Care+, pengguna bisa terhindar dari kejadian tidak terduga yang dialami oleh smartphone Galaxy Z Fold3 5G. Layanan Samsung Care+ ini meliputi:

  • Layanan Perbaikan Perangkat untuk kerusakan yang tidak disengaja dan kerusakan karena cairan
  • Perpanjangan Garansi untuk paket 24 bulan
  • Pengajuan perbaikan melalui saluran langsung SC+ 0804-1401-079
  • Penjemputan dan pengiriman barang gratis
  • Pertanggungan untuk suku cadang dan jasa perbaikan perangkat akibat kecacatan mekanis dan elektrik (khusus untuk periode 24 bulan)

Dengan fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas, ditambah layanan Samsung Care+ selama 6 bulan, tentunya harga Rp 24.999.000 untuk Samsung Galaxy Z Fold3 5G di Indonesia menjadi sangat setimpal (worth itu). Bahkan, beberapa fitur kekinian yang ada di smartphone ini bahkan belum ada di smartphone flagship lainnya. Jadi, kenyamanan dan pengalaman baru dalam menikmati smartphone foldable bisa dinikmati oleh banyak orang lagi, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS