June 22, 2021

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo 

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo   

Mobitekno –  Indosat Ooredoo, kini resmi mengumumkan peluncuran layanan 5G komersial pertama di Solo, Selasa (22/6). Layanan 5G baru di Solo tersebut bertujuan untuk mendorong respon yang kolaboratif dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM dan memberikan kesempatan bagi anak muda untuk mengasah seluruh potensi mereka, serta mendukung visi smart city di kota tersebut. 

Layanan 5G tersebut ditujukan untuk menawarkan konsumen dan pelanggan bisnis Indosat Ooredoo akses internet broadband seluler yang lebih cepat, demi mempercepat dan mewujudkan transformasi digital dan pemulihan ekonomi msayarakat, serta meningkatkan user experince bagi para penggunanya. 

Peluncuran layanan 5G komersial merupakan bagian dari kemitraan baru dengan Pemerintah Kota Surakarta (“Solo”) untuk mendukung pemulihan ekonomi. Kemitraan juga mencakup kolaborasi di ranah pemberdayaan UMKM, pendidikan talenta digital, dan pengembangan kota pintar (smart city).

Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengumumkan kemitraan baru tersebut dan peluncuran layanan 5G di sebuah acara di Solo yang dihadiri oleh sejumlah tamu kehormatan, diantaranya Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka; Duta Besar Qatar untuk Republik Indonesia, Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti; dan CEO Huawei Indonesia, Jacky Chen. Protokol kesehatan dan pembatasan sosial yang ketat diterapkan selama acara berlangsung.

Pada kesempatan tersebut Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengatakan, “Saya sangat bersyukur dan bangga dapat meluncurkan layanan 5G komersial pertama Indosat Ooredoo di Solo untuk menunjukkan kekuatan transformatif 5G kepada anak muda, komunitas digital, dan bisnis di kota yang menakjubkan ini,“ 

WhatsApp Image 2021 06 22 at 11.49.07 AM

“Kami percaya teknologi ini akan membantu mengakselerasi transformasi digital masyarakat Indonesia dan mendorong inovasi bisnis di semua industri. Hari ini menandai awal perjalanan kami dalam mendorong revolusi 5G di seluruh negeri, memajukan bangsa menuju masa depan yang mendukung 5G,“ ungkap Al-Neama, saat peluncuran 5G di Solo, Selasa (22/6). 

“Melalui layanan 5G ini, kami ingin menumbuhkan semangat #BangkitBersama5G di Solo dan #HighFiveUntukIndonesia di seluruh Indonesia, mewujudkan misi Indosat Ooredoo untuk mendorong kehidupan masyarakat yang lebih baik melalui kekuatan teknologi. Pada kesempatan ini, kami juga ingin berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas kepercayaan dan dukungan yang berkelanjutan terhadap perusahaan,” tambah Al-Neama. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate, mengatakan, “Selamat kepada Indosat Ooredoo yang telah secara resmi meluncurkan layanan komersial 5G pertamanya di Solo. Saya percaya 5G akan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi nasional, berkat teknologinya yang unggul. “

“Meskipun 4G masih menjadi tulang punggung transformasi digital di Indonesia, kami berharap komersialisasi 5G tahap awal ini dapat berkontribusi mewujudkan visi nasional menjadi digital powerhouse di kawasan. Mari bersama kita pastikan kehadiran layanan 5G ini akan membawa beragam manfaat bagi bangsa dan berdampak signifikan terhadap pemulihan ekonomi,” ujar Johnny. 

Sementara itu, CEO Huawei Indonesia, Jacky Chen, mengatakan: “Teknologi 5G ditemukan seiring upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengejar inovasi teknologi. Kami percaya ‘kedua roda’ tersebut akan terus bergerak maju menuju kemungkinan masa depan yang tak terbatas, mulai dari konektivitas tanpa batas, pengembangan Kota Pintar, transformasi digital, hingga akselerasi pertumbuhan ekonomi digital. 

“Teknologi akan terus menciptakan nilai lebih dan mendorong inovasi. Kami senang dapat menjadi bagian dari tonggak sejarah, bersama dengan mitra terpercaya kami Indosat Ooredoo dan masyarakat Solo, untuk membangun Indonesia yang lebih cerdas dan terhubung,” kata Jacky Chen. 

Setelah peluncuran 5G tahap awal di Solo, Indosat Ooredoo juga  siap memperluas layanan 5G nya di Jakarta, Surabaya, dan Makassar, dan Balikpapan. Serta berencana akan menambah ke 5 wilayah lainnya tahun depan.  

Layanan 5G yang dihadirkan Indosat Ooredoo juga akan menyasar pelanggan corporate untuk bidang-bidang seperti industri manufakturing, entertainmenet, logistik dan Suplycain management, transportasi, smartcity serta bidang-bidang lainnya yang membutuhkan. 

Menurut SVP-Head of Network Operations Indosat Ooredoo, Agus Sulistio mengatakan, kehadiran 5G tak hanya memberikan user experience yang lebih baik tetapi juga mendukung koneksi machine to machine yang lebih baik untuk mendorong Industri 4.0. Implentasi 5G sendiri  diyakini akan dapat meningkatkan efisiensi hingga 50%. 

Tags: , , ,


COMMENTS