January 3, 2024

Indosat Ooredoo Hutchison Sukses Hadapi Perayaan Tahun Baru, Peningkatan Trafik Data 8,9%

Penulis: Desmal Andi
Indosat Ooredoo Hutchison Sukses Hadapi Perayaan Tahun Baru, Peningkatan Trafik Data 8,9%  

Mobitekno – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) terus memperkuat komitmennya dalam memberikan pengalaman yang mengesankan atau “marvelous experience” kepada para pelanggan di momen spesial perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Dengan menjaga performa jaringannya, Indosat berhasil memberikan layanan telekomunikasi yang optimal selama liburan akhir tahun, mengakomodasi kebutuhan digital pelanggan dengan sukses. Dukungan dari 172 ribu BTS 4G di seluruh Tanah Air menjadi fondasi utama keberhasilan ini.

Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengungkapkan pentingnya kepercayaan dari 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison. Sebagai bagian terpenting bagi perusahaan, kepercayaan tersebut menjadi pendorong utama dalam upaya Indosat untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia. Kesuksesan dalam memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun merupakan hasil dari dedikasi penuh tim Indosat dan mitra di lapangan.

Pada periode liburan akhir tahun 2023, Indosat mencatatkan kenaikan trafik data harian tertinggi sebesar 8.9%, dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal. Peningkatan signifikan terlihat pada tanggal 24 dan 31 Desember 2023, masing-masing sebesar 8.4% dan 8.9%. Kota-kota seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal di Pulau Jawa, serta Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda di luar Pulau Jawa, menjadi pusat lonjakan trafik data tertinggi.

Ooredoo
Ada peningkatan trafik Indosat di Perayaan tahun Baru 2024

Pada malam pergantian tahun, platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok menjadi penyumbang utama peningkatan konsumsi data pelanggan Indosat. Selain itu, permainan game online seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG turut memicu kenaikan trafik data. Platform digital milik Indosat, myIM3 dan bima+, juga mengalami peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan dibandingkan rata-rata periode hari normal, didorong oleh pembelian paket layanan dan akses ke layanan on-demand.

Indosat ooredoo
Indosat Sukses Hadapi Trafik Tahun Baru

Untuk memenuhi lonjakan trafik data tersebut, Indosat secara proaktif meningkatkan konektivitas jaringannya dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik. Uji coba jaringan dilakukan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) terus memonitor hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan. Dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi, command center ini dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan, serta mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan Indosat.

Semuanya Demi Kepuasan Pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison

Aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat dilakukan untuk memastikan pelanggan Indosat menikmati pengalaman digital yang mengesankan. Aplikasi dan dashboard khusus seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard disiapkan untuk memantau status performa jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif. Dengan dukungan teknologi ini, Indosat dapat mempercepat penanganan kendala jaringan yang terjadi di awal tahun 2024.

Pusat pelayanan pelanggan Indosat melalui brand IM3, Tri, dan Indosat HiFi turut disiagakan untuk memberikan dukungan kepada pelanggan. Berbagai penawaran khusus dapat dinikmati pelanggan dengan mengakses www.im3.id/tahunbaru, www.bima.tri.co.id, dan www.hifi.ioh.co.id. Pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store, serta menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi official WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia), serta email (cs@im3.id dan 3Care@three.co.id) untuk mendapatkan dukungan penyelesaian atas kendala yang dialami pelanggan selama menikmati liburan bersama keluarga dan orang tercinta.

Indosat Ooredoo

Desmond Cheung menutup pernyataannya dengan menegaskan bahwa upaya Indosat Ooredoo Hutchison dalam menjaga performa jaringan dan menghadirkan layanan telekomunikasi digital selama momen spesial perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 merupakan bukti komitmen perusahaan untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, khususnya para pelanggan tercinta jaringan Indosat.

Tags: , ,


COMMENTS