December 15, 2023

Ini Dia Pemenang SheHacks 2023 yang Diadakan Indosat Ooredoo Hutchison

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia Pemenang SheHacks 2023 yang Diadakan Indosat Ooredoo Hutchison  

Mobitekno – SheHacks 2023 telah sukses digelar. Program Tanggung Jawab Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) unggulan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui pilar Pemberdayaan Masyarakat, khususnya dalam pengembangan kapasitas perempuan Indonesia melalui SheHacks, telah sukses mencapai penghujung periode 2023. Hal ini pun ditandai dengan hadirnya tiga pemenang utama, yaitu Algobash sebagai juara pertama, Donasi di peringkat kedua, dan Lisfit meraih posisi ketiga. Penentuan pemenang didasarkan pada sejumlah faktor, termasuk dampak yang dihasilkan, pertumbuhan bisnis, kesiapan usaha, unique selling points, potensi kesempatan pendanaan, serta kemampuan presentasi dan komunikasi.

SheHacks 2023, dengan tema ‘Perempuan Inspirasi: Kuatkan Inovasi, Wujudkan Kesetaraan,’ menghadirkan tiga kategori kompetisi, yakni 3 Best MVP, 3 Best Innovate Category, dan 3 Best Ideation Category. Melalui kategorisasi tersebut, peserta diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif dan kreatif di bidang kewirausahaan, khususnya dalam meningkatkan peran perempuan di Indonesia.

Steve Saerang, SVP–Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikan apresiasi kepada para pemenang dan lebih dari sembilan ribu peserta yang turut serta dalam program pemberdayaan perempuan ini. Antusiasme tinggi dari peserta menjadi motivasi bagi Indosat untuk terus berkontribusi positif terhadap kesetaraan gender dan menciptakan lingkungan yang inklusif. Dengan semangat kolaborasi untuk mewujudkan potensi tanpa batas perempuan Indonesia, SheHacks 2023 menjadi wadah berharga untuk menghasilkan ide dan karya luar biasa dari para perempuan Indonesia.

SheHacks 2023
Para pemenang

Selain pengumuman pemenang, penutupan SheHacks 2023 juga menyajikan talkshow berjudul ‘Navigating the AI Landscape: Gender Equity and Fairness in Emerging Technologies.’ Acara tersebut melibatkan pembicara-pembicara berpengalaman di dunia digital, seperti CFO & Diversity/Inclusion Lead Microsoft Indonesia, Krishna Worotikan; Partner Value Creation Alpha JWC Ventures, Erika Dianasari, dan Co-founder Atma, Susan Suhargo. Pembahasan dalam talkshow fokus pada peran teknologi kecerdasan buatan dalam mendukung perempuan dalam membangun startup dan usaha mandiri.

Pertiwi Triwidiahening, National Programme Officer – Women Entrepreneurship UN Women Indonesia dan juri SheHacks 2023, mengapresiasi upaya Indosat Ooredoo Hutchison dalam mendukung pemberdayaan perempuan. Melalui inisiatif SheHacks, diharapkan semakin banyak potensi perempuan Indonesia yang dapat dioptimalkan, membawa dampak positif untuk diri mereka, keluarga, dan lingkungan sekitarnya. Ia berharap bahwa SheHacks dapat mendorong dukungan lebih lanjut terhadap kesetaraan gender.

Sementara itu, Melinda Wardiman, Co-founder & COO Algobash, menyatakan kehormatan bagi perusahaannya menjadi pemenang utama dalam SheHacks 2023. Harapannya, prestasi ini dapat menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia untuk maju dan berkembang. Algobash menarik perhatian juri karena keunggulan inovatifnya di bidang platform pre-employment dan talent pool, memberikan solusi penyaringan talenta digital.

SheHacks 2023
Acara pembukaan pada bulan April

SheHacks 2023 Diikuti Lebih dari 9000 Perusahaan Rintisan

Sejak kompetisi ini berakhir pada 24 November 2023, acara ini diikuti oleh 9.256 perusahaan rintisan, dengan lebih dari 500 proposal produk jadi dan prototipe, serta 8.000 proposal ide segar. Peserta SheHacks 2023 mengikuti program mentoring dan inkubasi, kemudian masuk dalam program pendampingan, memungkinkan mereka bertemu dengan calon investor atau mitra potensial. SheHacks 2023 bersama Indosat Digital Ecosystem (IDE) juga memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia. Kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka akses kepada potensi perempuan pelaku UMKM, terutama di daerah destinasi wisata prioritas.

Steve menutup pernyataannya dengan komitmen untuk menjawab tantangan masa depan demi mewujudkan misi perusahaan dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, khususnya perempuan, untuk terus mengembangkan potensinya dalam bisnis digital secara global.

SheHacks 2023
SheHacks Labuan Bajo
Tags: , , ,


COMMENTS