November 20, 2021

Review Samsung Galaxy Z Fold3 5G, Layar Foldable Bikin Fungsi Ponsel Makin Fleksibel

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy Z Fold3 5G, Layar Foldable Bikin Fungsi Ponsel Makin Fleksibel  

Mobitekno – Inovasi memang membantu banyak orang dalam banyak hal. Inovasi membuat kemudahan yang begitu berarti, terutama bagi orang-orang yang selalu beraktivitas setiap harinya. Itulah sebabnya Samsung sebagai brand besar selalu menempatkan inovasi pada setiap produk-produknya, terutama pada produk ponsel. Awal hadirnya ponsel di dunia adalah untuk membantu banyak orang dalam berkomunikasi satu sama lain dengan cara yang lebih mudah, tanpa kabel, dan bisa dilakukan di mana saja. Namun kini, ponsel tidak hanya berfungsi sebagai perangkat komunikasi, tetapi begitu banyak hal bisa dilakukan oleh perangkat yang bisa digenggam tangan ini. Mulai dari hiburan, bermain, mendengarkan musik, hingga menggantikan kamera profesional untuk membuat foto atau video menarik.

Dalam hal teknologi dan kemudahan, satu inovasi terbaik yang kini semakin dilirik banyak pengguna ponsel adalah layar lipat. Hal ini memudahkan pengguna ponsel untuk memilih apakah ingin berlayar lebar atau tetap ringkas, tanpa harus mengganti ponselnya. Inilah yang ditemukan pada Samsung Galaxy Z Fold3 5G. Tampil sebagai ponsel layar lipat pertama di Indonesia, Galaxy Z Fold3 5G ini semakin fleksibel dalam mendukung produktivitas penggunanya.

Tentunya, dengan layar model lipat seperti yang ada pada Galaxy Z Fold3 5G, membuat ponsel memiliki lebih banyak fungsi lagi. Selain semakin nyaman untuk menemani pengguna bekerja, ponsel model seperti ini juga semakin memudahkan pengguna untuk melakukan aktivitas lainnya, seperti menonton hiburan atau bermain game. Apalagi ditenagai oleh prosesor yang kencang dan memori besar yang membuat kinerjanya semakin lancar. Mobitekno pun merasakan kemampuan ponsel ini dalam aktivitas sehari-hari. Kami menggunakan hampir seluruh fitur yang ada di dalamnya.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G

 

Kelengkapan

Samsung Galaxy Z Fold3 5G hadir sebagai ponsel fagship yang menggantikan Galaxy Note. Oleh sebab itu, banyak orang tertarik dengan kemampuan ponsel ini. Apalagi kini dibanderol dengan harga lebih terjangkau dibandingkan seri Galaxy Z Fold sebelumnya. Hal ini karena Samsung ingin Galaxy Z Fod3 5G menjadi ponsel mainstream di masyarakat Indonesia.

Sebagai ponsel flagship tentu saja dikemas dengan lebih mewah dan premium. Kotek kemasannya begitu kokoh melindungi item-item yang ada di dalamnya. Namun, seperti ponsel flagship Samsung lainnya, Galaxy Z Fold3 5G ini tidak menyertakan pengisi daya di dalamnya. Berikut ini detail yang ada pada paket kemasannya.

  1.   Unit ponsel Samsung Galaxy Z Fold3 5G dengan warna phantom black
  2.   SIM Card Ejector
  3.   Kabel data USB type C
  4.   Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
Isi paket penjualan Galaxy Z Fold3 5G

 

Desain

Pengguna Samsung mengharapkan perangkat foldable dirancang untuk penggunaan dalam waktu yang lama. Maka dari itu, generasi terkini dari Galaxy Z dibangun dengan bodi yang kokoh. Dimensinya saat dalam kondisi dilipat (folded) adalah 158,2 x 67,1 x 14,4 mm. Di kondisi ini layar cover berukuran 6,2 inci yang akan mendukung aktivitas pengguna. Cover screen ini menggunakan jenis AMOLED 2X dengan resolusi 2268 x 832px dan rasionya 25:9. Sementara dimensi saat layar dibuka (unfolded) adalah 158,2 x 128,1 x 6,4 mm. Di sini layar besar Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci yang akan bisa dinikmati. Layar foldable ini memiliki resolusi 1768 x 2208px dengan rasio 22,5:18. Jadi, bentuknya sedikit menjadi kotak. Menariknya, di dalam layar foldable ini, Samsung menyematkan kamera depan dengan inovasi teknologi terkini juga, yaitu under display camera. Bisa dikatakan Samsung menjadi yang pertama di Indonesia dan dunia dalam menghadirkan inovasi kamera bawah layar (Under Display Camera) yang siap digunakan masyarakat luas dalam Galaxy Z Fold3 5G. Sementara banyak brand lainnya masih dalam tahap prototype. Ini menjadi keunggulan serta salah satu inovasi Samsung yang menonjol di Galaxy Z Fold3 5G.

Kita perhatikan setiap sisi ponsel. Dalam keadaan dilipat (folded), tombol volume dan power berada di bagian kanan. Tombol power ini berfungsi juga sebagai pemindai sidik jari. Kinerja pemindai sidik jari ini juga sangat responsif, sehingga sangat cepat untuk mengaktifkan layar ponsel. Tombol volume dan power ini berada di layar bagian bawah. Sementara di bagian atasnya terdapat slot SIM card. Namun, jika posisi ponsel dalam keadaan unfolded, maka slot SIM Card ini ada di bagian kiri ponsel. Bagian bawah terdapat Port USB type C yang dilengkapi juga dengan lubang speaker dan mikrofon. Ini sama dengan bagian atasnya yang juga terdapat lubang speaker dan mikrofon.

Desain sisi dan engsel

Satu bagian menarik lain adalah bagian engsel di sebelah kiri. Engsel ini dibuat lebih kokoh dibandingkan galaxy Z Fold sebelumnya. Desain engesel ini juga lebih menarik dipandang dari luar. Bahkan, engsel ini telah mengikuti berbagai pengujian sehingga diklaim bisa tahan hingga 200 ribu proses pelipatan.

Untuk kameranya sendiri, Samsung menempatkan di banyak bagian. Kamera utamanya terletak di bodi bagian belakang dan mengusung triple camera. Tiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 12MP Wide, kamera telefoto 12MP, dan kamera ultrawide 12MP. Selain itu terdapat dua kamera lagi. Satu kamera terdapat di cover screen dengan kemampuan 10MP, dan satu lagi di balik Infinity Flex Display dengan jenis under display camera dengan kemampuan 4MP. Kamera yang terakhir ini membuat tampilan konten dalam layar tetap utuh karena kamera ada di bawah layar.

Galaxy Z Fold3 5G mengusung lima kamera

Sebagai perangkat penerus Samsung Galaxy Note, Samsung Galaxy Z Fold3 5G ini juga mendukung penggunaan S Pen. Samsung menyediakan S Pen khusus (Pro) untuk ponsel ini. Hal ini mengingat S Pen berinteraksi dengan layar lipat yang dibuat dengan teknologi yang berbeda dengan layar pada umumnya. Sehingga tidak akan membuat layar menjadi cepat bermasalah.

Layar foldable dan cover screen

 

 Fitur dan Performa

Banyak sekali fitur yang dibawa Samsung Galaxy Z Fold3 5G ini. Keberadaan layar lipatnya membuat banyak hal bisa dilakukan oleh ponsel dengan lebih nyaman. Dari sisi layar saja misalnya. Layar besar ini membuat proses menikmati hiburan atau bermain game lebih nyaman di mata. Apalagi dilengkapi juga dengan proteksi perlindungan mata.

Layar besar ini bisa membawa pengalaman maksimal, baik saat digunakan untuk bekerja maupun menikmati hiburan. Bahkan, Samsung telah bekerjasama dengan berbagai aplikasi di Indonesia guna mendukung layar foldable ini sehingga konten tetap tampil utuh. Jadi, dengan menggunakan fitur App Continuity, saat pengguna membuka aplikasi tersebut di Cover Screen 6,2 inci, dengan mulus tampilan akan menyesuaikan dengan ukuran layar utama 7,6 inci tanpa ada informasi terpotong.

 Pengalaman foldable juga bisa dirasakan dalam fitur Flex Mode dan Multi Window. Dengan Flex Mode, pengguna bisa merasakan sensasi yang berbeda saat menggunakan sebuah aplikasi, dimana layar atas bisa berbeda tampilan dengan layar bawah. Pengguna bisa tetap bekerja di layar atas, sementara layar bawah mengatur setting yang ada. Flex Mode juga memungkinkan pengguna menonton Youtube di layar atas sambil melihat berbagai berbagai daftar video lainnya di layar bawah. Menarik bukan? Sementara Multi window membuat ponsel ini bisa menampilkan banyak aplikasi dalam layar Infinity Flex 7, 6 inci. Multitasking menjadi lebih mudah. Bahkan, proses drag and drop bisa dilakukan dengan nyaman melalui bantuan S Pen.

Flex Mode

Samsung memulai era baru dalam penggunaan layar. Selain menampilkan dua layar yang berbeda ukuran, ponsel ini juga menggunakan refresh rate tinggi, yaitu 120Hz pada layarnya. Dengan begitu, mata pengguna semakin dimanjakan dalam menikmati konten yang tampil.

Sebenarnya layar dengan Refresh Rate 120Hz sudah hadir di Galaxy Z Fold2. Namun,  fitur ini hanya tampil di layar bagian dalamnya saja. Sementara layar luarnya belum. Kini, kedua layar, baik luar dan dalam, sudah mengadopsi refresh rate 120Hz.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G ini hadir dengan OneUI 3.1.1 yang berbasis Android 11, tentunya sudah dipoles dengan keberadaan fitur dan inovasi Samsung terkini. Jadi, akan lebih fleksibel untuk digunakan. Ponsel juga menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 888, Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680). Prosesor ini dibuat dengan fabrikasi 5nm. Hal ini tentunya membuat kenyamanan bekerja semakin bertambah karena aplikasi apapun bisa dijalankan dengan lebih seamless. Bahkan, fabrikasi 5nm juga membuat prosesor lebih hemat daya, sehingga mampu meningkatkan kinerja baterai. Dan ponsel pun bisa bertahan dengan durasi lebih lama. Penggunaan prosesor Snapdragon ini juga menjadi menarik karena biasanya untuk area Indonesia, Samsung lebih banyak menggunakan Exynos.

OneUI 3.1.1 berbasis Android 11

Selain prosesor, Galaxy Z Fold3 5G juga dibekali dengan memori sangat besar, yaitu 12GB dari jenis LPDDR5. Varian tertinggi dari memori ponsel ini memiliki efisiensi daya yang jauh lebih baik. Selain tentunya dapat memberikan kecepatan transfer yang luar biasa. Tidak heran, aplikasi office, browser, dan berbagai aplikasi lain pendukung pekerjaan bisa dijalankan tanpa hambatan.

Saat digunakan untuk bekerja, layar Infinity Flex yang berukuran 7,6 inci mampu menampilkan banyak aplikasi sekaligus. Dengan fitur multi window, Galaxy Z Fold3 5G bisa menampilkan lebih dari satu aplikasi, pengguna bisa membuka dua, tiga, bahkan empat aplikasi dalam layar Infinity Flex tersebut. Bekerja dengan mode multitasking pun menjadi sangat mudah dilakukan. Pandangan dalam layar ini pun tidak terganggu dengan desain kamera depannya. Hal ini karena Samsung telah menggunakan under display camera untuk kamera depannya. Sehingga kamera akan tersembunyi di bawah layar dan tampilan konten dapat tampil tanpa terganggu desain kamera lagi. Jika tidak ingin menggunakan layar yang besar, pengguna dapat menggunakan layar yang lebih kecil. Tinggal lipat kembali layar ponsel, untuk berpindah ke layar Super AMOLED 6,2 inci.

Dengan layar Infinity Flex ini ditambah fitur multi window, tentu saja membuat pekerjaan yang dilakukan di ponsel ini semakin mudah. Saat pengguna sedang memeriksa email misalnya, lalu harus menjawabnya dengan me-reply email tersebut, dan dibutuhkan file foto tambahan, pengguna bisa melakukannya dengan cara sangat cepat. Aplikasi email yang bisa dibuka berdampingan dengan gallery, membuat foto atau gambar bisa ditarik langsung ke dalam attachment email. Ini seperti bekerja dengan PC desktop atau laptop dengan sistem multitasking. Saat melakukan video conference pun juga sangat dimudahkan. Lipat layar menjadi 90 derajat, lalu bukalah aplikasi video conference pada layar atas, dan layar bawah bisa pengguna gunakan untuk membuka aplikasi lainnya. S Notes misalnya. Pengguna bisa langsung mencatat hal-hal penting dalam rapat secara langsung dengan lebih seamless.

Galaxy Z Fold3 5G dengan S Pen Pro

Keunggulan lain Galaxy Z Fold3 5G ini adalah sangat kompatibel dengan aplikasi Microsoft Office yang lazim digunakan untuk membuat dokumen pekerjaan. Galaxy Z Fold3 5G juga memiliki sertifikasi IPX8. Ini membuat ponsel tahan air. Jadi tidak perlu khawatir saat terkena tumpahan dari gelas minum penggunanya. Bahkan, galaxy Z Fold3 5G dapat tahan di dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Hadirnya Samsung Galaxy Z Fold3 5G ini memang menggantikan keberadaan Galaxy Note. Oleh sebab itu, fitur-fitur yang sebelumnya ada di Galaxy Note hadir juga di Galaxy Z Fold3 5G. Dan salah satunya adalah dukungan S Pen. Namun, karena ponsel ini mengusung layar Infinity Flex yang bisa dilipat, S Pen pun tampil khusus, yaitu S Pen Pro dan S Pen Fold Edition. Hadirnya S Pen ini juga membuat Galaxy Z Fold3 5G menjadi Galaxy Z Fold Series pertama yang hadir dengan bawaan S Pen.

Untuk gamer, demi keleluasaan dalam bermain game, Samsung juga sudah menyematkan fitur Game Launcher untuk mendukung semua game yang diinstal pada ponsel ini. Semua game akan dikumpulkan dalam sebuah launcher. Ini memudahkan gamer saat ingin memainkan salah satu game. Menariknya lagi, gamer juga bisa mengatur notifikasi ponsel saat game sedang berjalan. Saat Priority Mode diaktifkan, maka semua notifikasi yang masuk ke ponsel tidak akan masuk ke layar. Jadi, kenyamanan bermain game tetap berjalan karena tidak ada gangguan notifikasi yang masuk ke layar ponsel.

Bermain game menjadi lebih lega dan detail

Kenyamanan mata saat bermain game di layar foldable yang besar sudah ditawarkan Samsung ke para gamer. Lalu bagaimana dengan kualitas suaranya? Tenang saja. Samsung membekali ponsel ini dengan spesifikasi dual speaker stereo. Hal ini membuat suara yang keluar lebih imersif. Bahkan, kualitas stereo ini masih ditambah dengan dukungan teknologi Dolby Atmos. Bahkan, pengaturan Dolby Atmos di galaxy Z Fold3 5G dibagi menjadi dua, yaitu Dolby Atmos untuk entertainment, dan Dolby Atmos untuk Gaming. Penempatan speaker pada ponsel ini juga tidak akan tertutup oleh kedua tangan saat digunakan bermain game. Jadi, suara akan keluar dengan lebih lancar tanpa ada hambatan di sisi speaker.

Samsung Desktop Experience (Dex) juga dapat digunakan untuk menonton film dan video di layar yang lebih besar. Jika apda share screen, hanya konten video yang ditransfer ke layar besar, maka di mode Samsung Dex, seluruh UI dan aplikasinya bisa diakses dari smart TV atau smart monitor. Jadi, UI-nya akan berubah ke mode desktop. Sebenarnya, hal ini seperti menggunakan laptop atau PC Desktop.

Samsung Dex membuat UI berpindah ke smart TV atau perangkat display yang lebih besar, seperti menggunakan PC desktop

Satu lagi yang menjadi ciri khas ponsel flagship Samsung, yaitu Samsung Dex. Samsung Dex membuat UI berubah menjadi format desktop di smart TV atau perangkat display yang lebih besar. Ini seperti menggunakan PC desktop.

Dengan mode Samsung DeX, pengguna bisa memanfaatkan ponsel sebagai touchpad. Namun, untuk kenyamanan menonton, akan lebih baik jika menggunakan tambahan bluetooth mouse dan keyboard. Pengoperasiannya sama seperti menggunakan PC Desktop. Cukup klik ganda aplikasi video yang ingin dibuka, lalu pilih video atau film, dan putar. Tampilan jendela bisa diatur, apakah ingin mode minimize atau maximize.

Berikut ini hasil pengujian Galaxy Z Fold3 5G dengan aplikasi benchmark

Hasil benchmark dengan Antutu 9, Geekbench 5, dan PCMark 10

Dan ini adalah hasil kamera foto-fotonya:

Spesifikasi

Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Display Main 7.6-inch QXGA+ Dynamic AMOLED 2X

Infinity Flex Display (2208 x 1768), S Pen support, 374 ppi,

120Hz adaptive refresh rate

Cover 6.2-inch HD+ Dynamic AMOLED 2X (2,268 x 832), 387 ppi

120Hz adaptive refresh rate

Dimension Unfold 128.1 x 158.2 x 6.4 mm
Fold 67.1 x 158.2 x 16.0 mm (Hinge)~14.4 mm (Sagging)
Weight 271 g
Camera [Rear]

(Ultra-Wide) 12MP, 1.12μm, F2.2

(Wide) 12MP 1.8μm OIS Dual Pixel AF, F1.8

(Tele) 12MP 1.0μm OIS 2x Zoom, F2.4

+ Super Clear Glass with Gorilla® Glass with DX*

 

[Under display Camera]

4MP 2.0μm, F.18

 

[Cover Camera]

10 MP 12.2μm, F2.2

Processor 5nm 64-bit Octa-Core Processor
SIM One eSIM and two Nano SIM
Memory 12GB RAM with 512GB internal storage (UFS3.1)

12GB RAM with 256GB internal storage (UFS3.1)

Battery 4,400mAh (typical) dual battery
Audio Stereo speakers, Dolby Atmos
Authentication Biometric Fingerprint sensor (side), Face recognition
Lock type Pattern, PIN, password

Kesimpulan

Dengan inovasi yang ada pada Samsung Galaxy Z Fold3 5G, pengguna ditawarkan sebuah opsi dalam mengunakan sebuah ponsel. Jika sebelumnya hanya mendapatkan satu layar saja, dengan ponsel ini, mereka bisa mendapatkan opsi ukuran layar yang lain, tanpa harus mengganti ponsel. Inovasi ini juga membawa kemudahan, tren, dan juga fleksibilitas untuk menemani aktivitas penggunanya sehari-hari.

Melalui seri Galaxy Z, Samsung juga telah mendefinisikan ulang masa depan ponsel. Pengalaman baru yang eksklusif di perangkat foldable ini dapat mentransformasi kehidupan sehari-hari dari para pengguna yang kekinian.

Sebagai ponsel dengan model foldable, Samsung Galaxy Z Fold3 5G tentunya membawa pengalaman foldable yang baru, unik, dan bahkan tidak ditemukan pada ponsel lainnya. Cara-cara dalam melakukan komunikasi, membuka aplikasi, hingga mengambil foto pun bisa tampil beda. Kamera pada Galaxy Z Fold3 5G dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna dalam mengabadikan aktivitas sehari-hari. Mulai dari membuat konten, mengabadikan momen di sekitar, hingga selfie untuk kebutuhan media sosial. Desainnya yang uni, Galaxy Z Fold3 5G dapat mengubah cara pengguna dalam membuat foto.

Mobitekno sendiri yakin, tren ponsel dengan layar fleksibel seperti foldable screen ini akan terus berkembang di masa depan. Hal ini karena layar seperti ini menawarkan fungsionalitas yang lebih luas. Tentunya akan ada banyak inovasi baru lagi ke depannya sehingga penggunaannya menjadi semakin nyaman.

Tags: , , , ,


COMMENTS