October 7, 2021

Kamera di Galaxy Z Fold3 5G Bawa Pengalaman Foldable untuk Aktivitas Foto dan Video

Penulis: Desmal Andi
Kamera di Galaxy Z Fold3 5G Bawa Pengalaman Foldable untuk Aktivitas Foto dan Video  

Mobitekno – Dalam memilih sebuah smartphone, selain spesifikasi hardware, kamera menjadi salah satu pertimbangan penting. Apalagi di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini. Banyak orang menginginkan untuk mengambil momen dengan cepat dalam bentuk foto dan video, melalui fitur kamera yang ada di smartphone-nya. Samsung dengan beragam inovasinya pada setiap produk yang dikeluarkan, juga memperhatikan hal ini. Pada salah satu produk terbaru mereka, yaitu Galaxy Z Fold3 5G, Samsung bahkan tidak hanya menghadirkan performa kuat dan tangguh, tetapi juga kemampuan kamera premium. Apalagi hadir sebagai smartphone foldable, akan ada banyak pengalaman yang bisa ditemukan di smartphone ini.

Sebagai smartphone dengan model foldable, Samsung Galaxy Z Fold3 5G tentunya membawa pengalaman foldable yang baru, unik, dan bahkan tidak ditemukan pada smartphone lainnya. Cara-cara dalam melakukan komunikasi, membuka aplikasi, hingga mengambil foto pun bisa tampil beda. Kamera pada Galaxy Z Fold3 5G dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna dalam mengabadikan aktivitas sehari-hari. Mulai dari membuat konten, mengabadikan momen di sekitar, hingga selfie untuk kebutuhan media sosial. Desainnya yang uni, Galaxy Z Fold3 5G dapat mengubah cara pengguna dalam membuat foto.

Kamera-kamera yang disematkan pada smartphone ini menawarkan peningkatan performa dibandingkan Galaxy Z Fold sebelumnya. Tiga kamera ada di bagian belakang yang terdiri dari kamera wide 12MP, kamera ultra wide 12MP, dan kamera Telefoto 12MP. Sementara dua kamera lagi terletak di layar depan (cover screen) berkemampuan 10MP, dan di layar utama dengan teknologi under display camera berkemampuan 4MP. Kamera-kamera ini didukung oleh aplikasi kamera bawaan Samsung yang menghadirkan berbagai fitur premium, seperti pada smartphone S Series. Salah satu fitur yang sangat membantu dalam membuat konten adalah Director View, dimana semua kamera bisa bekerja secara bersamaan. Pengguna pun bisa memfokuskan pada salah satu tipe kamera untuk situasi adegan yang diinginkan.

Nah, hadir sebagai smartphone foldable, tentu saja ada hal-hal unik dalam pengambilan foto dengan kamera-kamera di Galaxy Z Fold3 5G ini yang tidak akan ditemukan pada smartphone non-foldable. Apa saja hal-hal unik tersebut?

Capture View Mode

Mode Capture View ini memungkinkan pengguna untuk melihat review foto dari hasil jepretan kamera tanpa harus membuka Gallery. Mengapa bisa begitu? Capture view akan membuat tampilan layar terbagi menjadi dua bagian. Satu bagian akan berfungsi sebagai jendela bidik (preview). Sementara satu bagian lainnya akan berfungsi sebagai jendela review. Jadi, pengguna bisa melakukan preview, review, share, delete, hingga memilih foto terbaik dalam sekali pandangan saja.

Untuk mengaktifkan Capture View ini, pengguna harus mengikuti langkah berikut:

  1. Buka layar foldable (unfolded) agar bisa mengakses seluruh layar utama.
  2. Selanjutnya buka aplikasi kamera.
  3. Jika aplikasi kamera sudah terbuka, tap icon Capture View yang berada di kiri atas.
  4. Secara otomatis, layar akan terbagi dua, menampilkan jendela bidik (preview) dan bagian review foto. Fungsi kontrol kamera juga lengkap ada di bawah bagian preview.
Capture View Mode

Dual Preview Mode

Fitur Dual Preview ini memungkinkan pengguna galaxy Z Fold3 5G untuk membagi hasil bidikannya kepada orang yang sedang difoto (dibidik). Jadi, preview akan muncul di dua layar, baik di layar utama maupun layar depan (Cover Screen). Dengan dual Preview, orang yang difoto pun bisa melihat tampilannya terlebih dahulu, sehingga jika dirasa ada bagian yang kurang pas, ia masih bisa memperbaiki posenya. Hal yang menguntungkan bagi pemilik smartphone adalah, ia tidak perlu repot lagi mengarahkan gaya dan pose terhadap orang yang difoto. Cukup tunggu sampai semuanya siap, lalu tinggal tekan tombol shutter. Sangat mudah dan praktis, baik untuk yang memfoto maupun yang difoto.

Untuk mengaktifkan Dual Preview ini, ikuti langkah berikut:

  1. Buka layar foldable (unfolded)
  2. Buka aplikasi kamera.
  3. Tap icon Dual Preview yang ada pada kanan atas aplikasi kamera.
  4. Cover screen akan aktif dan subjek yang difoto bisa melihat dirinya sendiri.
Dual Preview Mode

Auto Framing Mode

Fitur Auto Framing memungkinkan pengguna smartphone mendapatkan area foto yang lebih luas, sehingga dalam satu frame bisa memuat hingga 4 orang sekaligus tanpa harus memegang smartphone. Jadi cukup letakkan smartphone di permukaan meja. Selanjutnya aktifkan Auto Framing. Secara otomatis kamera akan mendeteksi subjek manusia dalam satu frame. Tidak perlu khawatir hasil rekaman tidak fokus karena fungsi ini justru mempertahankan fokus kamera ke subjek yang dibidik.

Auto Framing ini sebenarnya sudah diperkenalkan pada Samsung Galaxy Z Fold2 lalu. Namun di generasi ketiga ini tentunya mendapat peningkatan performa. Untuk mengaktifkan Auto Framing, langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka layar foldable (unfolded)
  2. Buka aplikasi foto, dan pilih mode video
  3. Selanjutnya tap icon Auto Framing yang berada di kiri bawah (jika layar utama terbuka sepenuhnya), atau di sebelah kanan fungsi kontrol kamera (jika smartphone dalam posisi Flex Mode).
Auto Framing

Flex Mode

Satu lagi hal menarik dalam hal aktivitas foto dengan Galaxy Z Fold3 5G adalah Flex Mode. Mode ini akan membagi layar atas dan bawah dengan tampilan yang berbeda. Namun, layar utama harus ditekuk terlebih dahulu, membentuk kurang lebih sudut 90 derajat. Selanjutnya dengan Flex Mode, pengguna pun bisa melakukan selfie, wefie, atau bahkan memfoto keluarga atau teman, tanpa harus memegang smartphone. Cukup menggunakan fitur timer, Palm, atau perintah suara, foto bisa diambil dengan cara unik.

Dapatkan Galaxy Z Fold3 beserta pengalaman foldable terbarukan dan segala inovasinya dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB) dan Rp26.999.000 (12GB/512GB). Galaxy Z Fold3 tersedia dengan pilihan warna Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS