July 15, 2021

Program “DANA Pesta Kartu Bank” Suskes Tingkatkan Transaksi Hingga 20 Persen

Penulis: Iwan RS
Program “DANA Pesta Kartu Bank” Suskes Tingkatkan Transaksi Hingga 20 Persen  

Mobitekno – DANA, salah satu penyedia dompet digital terbesar di Indonesia, belum lama ini menyatakan bahwa transaksi nontunai menggunakan layanan dompet digital mulai menjadi kebiasaan bagi warga di kota-kota besar. Hal ini dipertegas oleh Vince Iswara, Co-Founder dan CEO DANA saat temu media bulan lalu. Ia menggambarkan bahwa saat ini rata-rata transaksi nontunai menggunakan DANA (dompet elektronik) sudah mencapai 5 juta per hari.

Memasuki pertengahan Juli ini, DANA kembali mengumumkan update programnya yang bertujuan mendorong penggunaan layanannya. Program bertajuk ‘DANA Pesta Kartu Bank’ yang mulai berlaku sejak 5 April 2021 akan terus berlanjut hingga 25 Juli 2021. Program ini menawarkan berbagai keuntungan bagi pengguna saat bertransaksi menggunakan kartu kredit atau kartu debit 9 bank yang berpartisipasi dan tersimpan pada fitur Simpan Kartu (Card Binding) aplikasi DANA. Sembilan bank penerbit kartu tersebut antara lain BNI, BRI, BTN, Citi, digibank by DBS, HSBC, KB Bukopin, Permata dan UOB.

Melalui program tersebut, selain dapat menikmati kemudahan dalam melakukan transaksi nontunai secara praktis dan aman, pengguna DANA berkesempatan mendapatkan potongan harga menarik di 13 merchant. Di antaranya yaitu Super Indo Supermarket, Super Indo Express, Farmers Market, Ranch Market, Gourmet by Ranch Market, Prima Freshmart, Papaya Fresh Gallery, Rezeki Fresh Market, Day2Day & Watsons, FamilyMart, Lawson dan MOR.

“Selain menghadirkan keuntungan berupa penghematan dan kemudahan serta kepraktisan bertransaksi nontunai, program ini juga bertujuan meningkatkan literasi keuangan digital beserta potensi sinergi ekosistemnya bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat diharapkan juga akan makin teredukasi oleh manfaat teknologi finansial yang dikembangkan DANA. Literasi ini penting dalam menguatkan fondasi bagi terwujudnya cashless society,” ujar Dedy Sahat, Director of Business Development DANA, dalam keterngan tertulis kepada pers (12/07/2021), di Jakarta.

Dedy menginformasikan, program ini telah berlangsung sejak 5 April 2021 dan mendapatkan respon positif dari pengguna maupun merchant yang tergabung dalam program ini. Program ini mampu mendorong peningkatan aktivitas pembayaran dengan QR sebesar 20%. Jumlah pengguna DANA yang menyimpan kartu-kartu bank mereka ke dalam fitur Simpan Kartu pun mengalami peningkatan hingga 12%.

Fitur Simpan Kartu di aplikasi dompet digital DANA merupakan salah satu bentuk sinergi dengan industri keuangan untuk membangun ekosistem keuangan digital yang terintegrasi. Melalui fitur ini, masyarakat diharapkan dapat memperoleh manfaat bertransaksi secara cashless dan contactless. Selain itu, masyarakat juga diharapkan semakin memahami kapabilitas teknologi finansial dan produk-produk bank guna mengelola keuangannya dengan lebih baik.

Menurut Dedy, DANA selalu memperkuat berbagai fitur di layanannya dengan teknologi terdepan dan inovatif agar kepercayaan pengguna akan keamanan, kenyamanan, serta kemudahan dompet digital terus meningkat. Dengan fitur Simpan Kartu, pengguna tidak perlu repot mencari mesin ATM untuk melakukan transfer antarrekening dari kartu debit atau untuk melakukan top-up (menambah saldo). Cukup dengan menyimpan kartu kredit atau kartu debit, maka transaksi tetap dapat dilakukan meskipun jumlah saldo DANA nol rupiah. Pengguna tinggal memilih kartu debit atau kartu kredit sebagai sumber pendanaan ketika melakukan pembayaran dengan DANA.

Untuk menyimpan kartu debit dan kartu kredit di aplikasi DANA, pengguna cukup menuju halaman profil dan memasukkan nomor kartu yang hendak disimpan. Untuk menjaga keamanan data dan transaksi pelanggan, DANA tidak menyimpan informasi mengenai kartu bank yang telah disimpan pengguna, seperti nomor, tanggal kedaluwarsa, dan CVV. Selain itu, DANA juga menerapkan PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yang menjadi standar keamanan tertinggi di dunia kartu pembayaran internasional dan DANA Protection.

Tags: , , ,


COMMENTS