March 5, 2024

DANA Jadi Andalan UMKM, 93% Mengalami Peningkatan Produktivitas Ekonomi

Penulis: Rizki R
DANA Jadi Andalan UMKM, 93% Mengalami Peningkatan Produktivitas Ekonomi  

Mobitekno – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus menunjukkan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan 61% PDB disumbangkan oleh sektor ini. Meningkatnya performa UMKM dipicu oleh dukungan transformasi digital, di mana dompet digital DANA menjadi pionir dalam membantu pengembangan usaha yang berkelanjutan.

Berbagai keunggulan DANA, seperti kemudahan transaksi, fitur lengkap, dan keamanan terjamin, menjadi alasan utama para pelaku UMKM di Indonesia mengadopsi platform ini. DANA tidak hanya menyediakan pembayaran melalui QRIS, tetapi juga menyediakan laman ‘Riwayat Transaksi’ untuk merekam pendapatan dan pengeluaran dengan mudah serta penarikan tunai langsung.

Studi INDEF menemukan bahwa penggunaan DANA oleh UMKM menghasilkan peningkatan produktivitas usaha, dengan efisiensi operasional yang meningkat. Selain itu, DANA juga berkontribusi terhadap literasi dan inklusi keuangan, serta memberdayakan perempuan melalui program SisBerdaya.

DANA

Felix Sharief, dari DANA Indonesia, menegaskan bahwa transformasi digital merupakan kunci penting dalam mendorong peran serta UMKM dalam perekonomian. DANA hadir sebagai solusi yang mampu mempermudah transaksi dan membuka akses keuangan bagi pengembangan usaha.

“Hasil temuan INDEF menjadi bukti nyata bahwa ekosistem digital yang dibangun DANA, baik dari teknologi maupun inovasinya mampu mempermudah transaksi hingga membuka akses menuju layanan keuangan untuk mengembangkan usaha. Data lain yang kami dapatkan dari INDEF terkait signifikansi DANA terhadap produktivitas UMKM, tentunya akan membawa inisiasi lain yang dapat menjembatani lebih banyak UMKM menuju inklusi keuangan,” ungkap Felix.

Dukungan DANA Terhadap Cashless Society dan Produktivitas UMKM

Sementara itu, Eko Listiyanto, dari INDEF, menyatakan bahwa dampak positif transformasi digital UMKM melalui DANA terlihat dari efisiensi biaya operasional hingga peningkatan profit. Hal ini mencerminkan peran penting solusi pembayaran dalam industri teknologi finansial terhadap inklusi keuangan di Indonesia.

Kolaborasi Lazada dan DANA Hadirkan Pembayaran di Tempat Dengan QRIS Mudahkan Transaksi Pelanggan

Wujud nyata dari upaya DANA dalam mendorong UMKM menjadi lebih berdaya, juga ditunjukkan oleh pandangan dari hampir seluruh pemilik usaha terhadap kontribusi DANA bagi literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Program SisBerdaya yang diinisiasikan DANA bagi wirausaha perempuan juga menjadi tolok ukur dampak sosial DANA terhadap pemberdayaan perempuan, dan hal ini diakui oleh 87% dari pemilik UMKM.

DANA

Lebih lagi, 93% pemilik UMKM menyatakan bahwa DANA ikut meningkatkan kegiatan produktif dan produktivitas ekonomi secara keseluruhan.

Dengan kontribusi nyata terhadap produktivitas, literasi keuangan, dan inklusi ekonomi, DANA terus berupaya menjadi pilihan utama bagi pelaku UMKM Indonesia. Melalui inovasi dan layanan yang aman, DANA menjadi mitra yang dapat diandalkan dalam mewujudkan visi inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi Indonesia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS