October 13, 2021

Lebih Apik dan Inklusif, Oppo Resmi Rilis ColorOS 12 Global Version

Penulis: Rizki R
Lebih Apik dan Inklusif, Oppo Resmi Rilis ColorOS 12 Global Version  

Mobitekno – Oppo secara resmi telah mengumumkan bahwa sistem operasi ColorOS 12 kini tersedia untuk para pelanggan di seluruh dunia. ColorOS 12 bertujuan untuk menghadirkan seamless user experience yang serupa dengan Stock Android 12.

ColorOS 12 ini juga memiliki UI yang baru dengan performa lebih mantap serta dilengkapi dengan beragam fitur untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari serta membantu menyeimbangkan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

OPPO secara resmi meluncurkan ColorOS 12 public beta yang dapat diunduh oleh pelanggan di seluruh dunia. ColorOS 12 menjadi salah satu OEM pertama yang diterapkan dalam perangkat Android 12 dimana sistem OS ini tersedia dalam OPPO Find X3 Pro 5G untuk pertama kalinya di Indonesia, Thailand dan Malaysia, dan selanjutnya akan tersedia dalam model perangkat lainnya dan di negara-negara lain dalam beberapa bulan mendatang.

Inklusivitas Menjadi Tema Utama

Hadir di 68 negara dan menyentuh 440 juta pelanggan di seluruh dunia, inklusivitas merupakan tema utama dalam pengembangan ColorOS 12.

Dikembangkan berdasarkan konsep OPPO’s Infinite Design yang ringan, apik, dan customizable, sistem OS baru ini menghadirkan pengalaman yang lebih inklusif dan dikemas dengan tampilan ikon dan animasi yang lebih lembut. Terdapat pula information framework yang dapat disesuaikan dengan berbagai bahasa dan budaya, serta framework yang dapat disesuaikan dengan format telepon yang berbeda.

SAVE 20211013 131131

Pengalaman Pengguna yang Lebih Mulus

Menghadirkan seamless user experience merupakan prioritas utama saat mengembangkan teknologi Oppo. ColorOS 12 terbaru ini mengutamakan kenyamanan dan daya tahan perangkat.

Melalui proses coding yang muktahir, ColorOS 12 mampu mengurangi lag dan stutter setelah perangkat digunakan dalam waktu yang lama. Dengan kemampuan anti-fragmentation dan intelligent resource allocation, masa hidup perangkat menjadi lebih lama dengan 2,75% system ageing rate dalam 3 tahun, penggunaan memori 30% lebih rendah, dan konsumsi baterai 20% lebih efisien.

SAVE 20211012 201323

Untuk kebutuhan indera visual pengguna, Quantum Animation Engine menerapkan lebih dari 300 animasi yang ditingkatkan sehingga meniru efek animasi yang realistis. Dengan memanipulasi gerakan resistensi, inersia dan memantul, fitur tersebut membuat pengalaman keseluruhan lebih halus dan lebih selaras dengan kognisi dan kebiasaan otak manusia sehingga menghasilkan pengalaman yang lebih realistis dan intuitif.

ColorOS juga memiliki sejumlah fitur mudah diakses dan dapat meningkatkan produktivitas penggunanya, seperti PC Connect, 3-Finger Translate powered by Google Lens, FlexDrop, dan Phone Manager.

SAVE 20211012 201336

Memprioritaskan Privasi

ColorOS 12 dilengkapi dengan semua fitur keamanan dan privasi yang sudah ditingkatkan dari Android 12, seperti Privacy Dashboards, Approximate Location Sharing, and Microphone and Camera Indicators. Tampilan menu dan tombol yang jelas dan mudah digunakan memungkinan pengguna untuk menjaga keamanan privasi.

Selain itu, sejumlah fitur yang dikembangkan oleh Oppo tetap ada, seperti Private System, Private Safe, App Lock, dan lainnya.

Oppo menyadari bahwa pengguna Oppo sangat mementingkan transparansi. Oleh karena itu, Oppo telah menerapkan data compliance dan memiliki sejumlah server yang tersebar di seluruh dunia. Oppo dapat menjamin bahwa data pengguna akan tetap berada di server terdekat yang disimpan dalam non-plain text format dan dikirimkan menggunakan proprietary protocol.

Oppo juga telah menerima sertifikasi keamanan seperti EPRivacy dan ISO27001 dan bermitra dengan third-party supervisor untuk memastikan keamanan data dan proses kepatuhan.

OS yang dapat dikembangkan oleh developer Android lain

Oppo dan mitra pengembang Android memiliki prinsip yang sama yaitu untuk berkontribusi membangun budaya keterbukaan dan pertukaran teknologi untuk meningkatkan kualitas platform. ColorOS memiliki banyak fitur yang diambil dari stock Android.

Demikian pula, ColorOS telah menginsipirasi berbagai perubahan baru dalam Android 12, seperti sistem Wallpaper-based Theming dalam Material You, yang dapat ditemukan dan telah diluncurkan dalam edisi ColorOS sebelumnya. Contoh lainnya dari pertukaran teknologi ini adalah App Cloner dari ColorOS yang sekarang hadir di Android 12.

SAVE 20211012 201253

ColorOS OPPO bertujuan untuk menjadi OS yang lebih ramah untuk para developer Android. Selain camera SDKs gratis yang memiliki fitur paling mutakhir dari kamera OPPO seperti Video Shooting, HDR, Super Wide-Angle, dan lainnya, OPPO juga membuka akses HyperBoost, Color Vision Enhancement untuk para developer aplikasi Android dan meningkatkan ekosistem Android .

Rencana peluncuran ColorOS 12

OPPO akan meluncurkan ColorOS 12 public beta untuk pertama kalinya hari ini di Indonesia, Thailand, dan Malaysia melalui Find X3 Pro 5G. ColorOS 12 kemudian akan terus dikembangkan dan tersedia pada perangkat lain dan negara lain pada tahun tahun 2021 dan 2022.


SAVE 20211013 131333

OPPO menargetkan agar ColorOS 12 dapat diunduh pada 110 juta perangkat dan menjangkau 150 juta pengguna.

Kebijakan Upgrade Eksklusif OPPO

Untuk pertama kalinya, OPPO mengumumkan kebijakan update OS baru ini. Untuk perangkat OPPO yang diluncurkan pada 2019 dan setelahnya, OPPO akan lakukan tiga jenis update Android untuk seri Find X dan dua jenis update Android untuk seri Reno/F dan satu jenis update Android untuk sebagian seri A, serta dilengkapi dengan update security patch selama empat tahun ke depan untuk seri Find X/Reno/F dan tiga tahun untuk seri A.

Tags: , , , ,


COMMENTS