January 11, 2021

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Battery Guard di ColorOS 11

Penulis: Desmal Andi
Mengenal Lebih Dekat Teknologi Battery Guard di ColorOS 11  

Mobitekno – Baterai pada smartphone menjadi satu hal yang sangat penting bagi pengoperasian smartphone tersebut. Oleh sebab itu, teknologi baterai ini pun semakin berkembang seiring meningkatnya teknologi pada hardware lainnya yang ada di smartphone. Namun, ternyata tidak hanya hardware yang ikut berkembang, tetapi juga perangkat lunaknya. Inilah yang dilakukan Oppo dalam ColorOS terbarunya.

Oppo melakukan inovasi-inovasi terbaiknya dalam mengembangkan ColorOS 11 yang berbasis Android 11 Beta. Dan fitur untuk baterai menjadi salah satu inovasi yang dipikirkan Oppo. Battery Guard dalam ColorOS menjadi salah satu fitur unggulan agar baterai bisa menjadi lebih awet.

Battery Guard sendiri merupakan fitur dari ColorOS untuk menjaga kesehatan atau masa pakai baterai smartphone serta dapat mengatasi masalah keamanan pengisian daya yang berisiko. Jadi, melalui Battery Guard, pengguna smartphone tidak perlu khawatir saat mengisi daya semalaman penuh atau saat tegangan listrik sedang tidak stabil.

Fitur ini pun bisa mempelajari kebiasaan penggunanya melalui AI yang ada di dalamnya. Contohnya saat bekerja di COlorOS 11. Fitur ini bisa mengisi daya semalaman dan akan menghentikan pengisian saat sudah mencapai 80%. Sisanya akan dilanjutkan saat pengguna sudah bangun dari tidur.

Kelebihan Battery Guard Dibanding dengan Fitur Bawaan Android

Android juga memiliki fitur serupa dalam mode Low Battery untuk memperpanjang masa pakai baterai. Fitur ini bisa merekomendasikan pengguna untuk mengatur beberapa hal yang dapat mengurangi daya baterai. Namun, fitur yang disediakan Oppo dalam Battery Guard dapat bekerja lebih baik lagi.

Fitur Battery Guard dari Oppo ini bisa mendukung sistem pengisian super cepat, seperti Super VOOC. Fitur in dapat menyeimbangkan pengisian daya di smartphone yang mendukung pengisian cepat. Ini membuat pengisian dapat berjalan lebih pintar, terutama saat mengisi malam hari. Battery Guard akan membaca kebiasaan pengguna dimana di jam-jam tidur pengguna, fitur ini akan mengisi dengan lebih pintar sehingga bisa memperpanjang usia pakai baterai.

Menariknya lagi, fitur Battery Guard ini dapat bekerja dengan baik saat tegangan listrik sedang tidak stabil. Dengan bantuan AI di dalamnya, fitur ini tetap bisa mengisi hingga 80 persen. Hal ini penting untuk masa pakai baterai yang lebih lama.

Lalu apa bedanya dengan fitur pemutus tegangan listrik yang juga dimiliki Android saat baterai mencapai 100 persen? Justru Battery Guard dikembangkan untuk mendukung fitur Android ini daan bekerja lebih baik lagi. Battery sudah menerapkan algoritma AI yang meningkatkan pembelajaran dan analisis perangkat.

Fitur pemutus pengisian otomatis akan diaktifkan ketika baterai 100%. Namun, menjaga ponsel pada 100% untuk waktu yang lama juga menurunkan kualitas baterai, dan disarankan 40-80% level voltase untuk memperpanjang usia baterai. Salah satu fitur terpenting dari Battery Guard adalah menjaga baterai dalam kisaran tersebut (80%) pada malam hari yang panjang, dan hanya naik di atas 80% ketika AI mengenali pengguna akan bangun, sehingga menyeimbangkan daya tahan penggunaan sehari-hari dan masa pakai baterai untuk jangka panjang.

Menariknya lagi, penerapan Battery Guard ini di ColorOS 11 tidak membutuhkan teknologi khusus dari baterainya sendiri. Jadi, fitur ini dapat bekerja dengan baik di seluruh produk Oppo yang sudah memiliki ColorOS 11.

Perpanjang Usia Batertai Dua Kali Lipat

Fitur Battery Guard memang bekerja dengan AI di dalamnya. Algoritma AI ini bisa  mempelajari kebiasaan pengguna, seperti saat malam hari dimana lebih banyak pengguna berisitirahat. Oleh sebab itu, fitur ini akan mengisi hingga 80% saat pengguna sedang istirahat. Dan, keesokan harinya akan mengisi sisanya hingga 100%.

Battery Guard kompatibel dengan SuperVOOC. Tetapi pengguna hanya mendapatkan pengisian cepat (fast charging) oleh Super VOOC saat mengisi daya menggunakan perangkat keras OPPO Super VOOC. Ambil Reno4 sebagai contoh, Super VOOC akan membantunya mencapai pengisian 40% hanya dalam waktu 10 menit.

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa daya baterai 40% sampai 80% dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga dua kali lipat. Oleh karena itu, Battery Guard menjaga baterai dalam kisaran tersebut (80%), dan hanya naik di atas 80% saat pengguna bangun. Ini akan sangat memperpanjang masa pakai baterai dibandingkan dengan tidak menggunakan fitur ini.

Oppo Find X2, salah satu produk Oppo yang menerima pembaruan ColorOS 11

Battery Guard Ada di Banyak Tipe Smartphone Oppo

Battery Guard memang diperkenalkan di sistem operasi ColorOS 11. Oleh karenanya, semua smartphone Oppo yang mendapatkan pembaruan COlorOS 11 tentunya bisa merasakan fitur ini. Bahkan, mulai Desember 2020 kemarin, Find X2, Reno4, Reno3, Seri F11 dan lainnya telah menerima pembaruan untuk COlorOS 11. Berikutnya adalah Oppo Reno5 yang akan diluncurkan Januari 2021 ini.

Namun, Battery Guard tidak aktif secara otomatis. Anda dapat mengaktifkan Battery Guard melalui menu pengaturan – baterai – pengaturan baterai lainnya, kemudian pilih optimalkan pengisian malam hari.

Tags: , , ,


COMMENTS