October 13, 2020

Review ColorOS 11: Navigasi Semakin Nyaman di Smartphone Besutan Oppo

Penulis: Desmal Andi
Review ColorOS 11: Navigasi Semakin Nyaman di Smartphone Besutan Oppo  

Mobitekno – Oppo tampaknya menjadi satu perusahaan smartphone yang selalu update dengan teknologi yang berkembang. Tidak hanya di sisi hardware, Oppo juga sangat memikirkan sisi software, terutama pada sistem operasi buatannya, yaitu ColorOS. Sistem operasi yang pertama kali hadir sekitar tahun 2013 ini memang menjadi ciri khas smartphone besutan Oppo. User Interface dikembangkan sendiri oleh pihak Oppo, sementara untuk fitur bawaan Google yang berguna bagi banyak orang tetap diikutsertakan.

Setiap tahun, ColorOS semakin berkembang dan semakin menarik untuk digunakan. Apalagi pada ColorOS terbaru yang baru saja diperkenalkan Oppo pada bulan September 2020, yaitu ColorOS 11. Berbeda dengan ColorOS sebelumnya yang nomor serinya mengikuti perkembangan ColorOS-nya sendiri, di ColorOS 11 ini sudah mengikuti seri pada sistem Androidnya. Ya, ColorOS 11 memang berbasis pada Android 11, sistem Android yang sudah tidak menggunakan nama makanan lagi.

Dalam informasi yang diberikan Oppo, ada kurang lebih 28 smartphone yang akan mendapatkan update ColorOS 11 ini. Tidak hanya seri flagship seperti Find X series, seri di bawahnya, seperti Reno Series, F Series, dan A Series juga sudah dijadwalkan mendapatkan update ColorOS 11 ini. Oleh sebab itu, menjadi menarik bagi Mobitekno untuk mendalami lebih lanjut tentang ColorOS 11 ini. Dan, pada kesempatan kali ini, Mobitekno mengulas fitur-fitur yang ada ColorOS 11 ini. Sebagai perangkat penguji, kami menggunakan Oppo Find X2 Pro.

Fitur-fitur ColorOS 11

Sebelum menguji ColorOS 11 ini, kami melakukan hard reset terlebih dahulu pada Oppo Find X2 Pro. Selanjutnya, kami  masukkan akun Google ke dalamnya, lalu meng-update semua aplikasi bawaan yang ada pada Oppo Find X2 Pro.

Saat dinyalakan, proses startnya berlangsung kurang lebih 20 detik saja sampai home screen muncul di layar. Untuk mengukur waktu ini, Mobitekno tidak menggunakan proteksi keamanan seperti pattern atau sidik jari. Waktu start ini cukup cepat dengan sedikit animasi di dalamnya. Saat menggeser layar ke kanan dan ke kiri, dapat dilakukan dengan lancar dan sangat responsif. Anda bahkan bisa melakukannya dengan satu tangan saja. Selanjutnya, penasaran dengan apa saja yang bisa dilakukan dari home screen ini, kami tahan bagian layar agak lama untuk mengakses pengaturan home screen berikut icon-iconnya. Di sini akan muncul berbagai opsi untuk mengatur home screen, seperti mengubah wallpaper, icon, tata letak icon, peletakan widget, animasi transisi, pengaturan always on display.

UI pada ColorOS 11 ini memang bisa dikustom dengan mudah. Anda bisa mengatur posisi icon dan widget sesuai kemauan. Bahkan, susunan icon juga bisa diatur jumlahnya, baik baris maupun kolom.

Color Schemes

ColorOS 11 juga memiliki kemudahan dalam menentukan warna icon. Masuk saja ke menu “Settings | Personalizations”. Di menu ini, tap bagian “Colors”. Ada dua jenis warna yang bisa dipilih untuk warna utama icon dan beberapa menu kontrol, yaitu 5 pilihan warna gradasi serta 10 pilihan “single color”. Pilih salah satu sesuai keinginan. Untuk melihat hasilnya, coba saja tarik Notification. Icon yang mewakili fungsi yang aktif akan memiliki warna sesuai dengan pilihan Anda. Tidak usah jauh-jauh, saat masih berada di menu settings, lihat sajaicon-iconnya.

Always-On Display

Fitur ini memang cukup menarik bagi pengguna smartphone Oppo, karena smartphone tidak lagi menampilkan warna gelap saja saat sedang dalam keadaan screen-off. Anda bisa meletakkan beberapa objek menarik di layar. Dengan begitu, walau sedang tidak digunakan, smartphone tetap menampilkan sesuatu yang menarik di layar. Namun, dengan daya yang sangat kecil. Di ColorOS 11 ini, Oppo mendengarkan kemauan konsumennya. Jadi, yang tadinya hanya bisa menampilkan sedikit gambar saja, kini bisa diatur dengan lebih banyak.

Masuk saja ke menu “Settings | personalizations – Always-On Display. Aktifkan terlebih dahulu fitur ini dengan menggeser slider ke arah kanan. Selanjutnya, Anda bisa memilih beberapa Always-On Display (AOD) style yang disediakan Oppo. Anda bisa memasukkan pattern, teks, atau gabungan antara teks dan gambar. Anda pun bisa memasukkan jam sehingga layar tetap menampilkan waktu secara realtime. Setiap pilihan yang ada pun masih bisa diatur desainnya dan pilihan warnanya sesuai keinginan Anda. Menarik bukan?

Dark Mode

Fitur ini cukup menarik sejak kemunculan pertama kali di sistem operasi Android. Menurut kami, Dark Mode membuat mata tidak cepat lelah. Dengan mode ini, pengaturan cahaya yang tidak terlalu terang pun, objek dan teks tetap terlihat dengan jelas. Selain itu, Dark Mode membuat smartphone lebih hemat daya.

Nah, menariknya di ColorOS 11 ini, Oppo mengembangkan Dark Mode hasil bawaan Android 11. Jadi, tidak sekadar tampil hitam, tetapi ada pilihan lain yang bisa dipilih pengguna. Di bagian “Display & Brightness” di menu “Settings”, Anda bisa memilih opsi “Dark”. Seketika layar akan menampilkan suasana warna hitam. Akan tetapi, jangan berhenti sampai di situ. Coba masuk ke menu “Dark Mode Settings”. Ternyata ada tiga pilihan mode Dark ini, yaitu Enhanced, Medium, dan Gentle. Enhanced menampilkan warna latar sangat gelap. Sementara pengguna yang tidak menginginkan terlalu gelap, ada dua pilihan lain, yaitu Medium dan Gebtle. Di mode ini pun, Anda bisa mengatur apakah icon-icon-nya akan diubah juga ke mode dark mode atau tidak, termasuk juga wallpaper.

Nada Dering yang Bisa Disesuaikan dengan Mood

Salah satu pengembangan yang dilakukan Oppo di ColorOS 11 adalah membuat nada dering yang bisa disesuaikan dengan mood pengguna. Fitur ini masih terus dikembangkan sehingga masih dalam bagian Oppo Labs. Untuk mengaksesnya, Anda tinggal buka aplikasi Oppo Labs. Anda langsung dibawa ke dalan Lab Ringtone.

Untuk menngkreasikan nada dering, pilih dahulu nada dering yang ingin diubah beat-nya. Selanjutnya, pilih saja empat opsi yang bisa mengubah kecepatan nada dering, yaitu Thrilling, Vibrant, Relaxing, dan Simple. Nada dering juga bisa diatur kecepatannya dengan memilih slow atau fast. Jika sudah menemukan nada yang pas, Anda tinggal mengtap “Generate” untuk memprosesnya. Dan, setelah itu, nada dering ini bisa dijadikan nada dering utama.

Menghilangkan Stres dengan Oppo Relax

Ini salah satu keunggulan Oppo ColorOS. Fitur ini hadir sejak di ColorOS 7. Kini, fitur ini diperluas lagi sehingga bisa menjadi penghilang stres bagi pengguna smartphone Oppo. Buka saja aplikasi Oppo Relax. Anda akan diantarkan ke sebuah tampilan yang memutar musik penghilang stres. Anda bisa mengatur durasi pemutaran. Ada banyak jenis suara atau musik yang bisa diilih dengan cara menggeser layar ke atas. Cukup menenangkan pikiran saat suara di aplikasi ini sedang berputar.

Jika kurang puas dengan suara-suara yang menenangkan pikiran tersebut, Anda bisa juga mengakses opsi Cities. Di sini, Oppo menyediakan beragam suara dari kehidupan yang berjalan di kota-kota besar di dunia, seperti Beijing, Bangkok, Tokyo, dan Shenzen. Dengan mengaktifkan fitur ini, baterai yang sisa 5 persen pun masih bisa membarikan durasi yang lama, terutama untuk mengobrol.

Baterai

Penggunaan smartphone secara terus-menerus tentunya akan membuat durasi baterai menjadi lebih pendek. Hal ini pun sudah dipikirkan Oppo dengan mengembangkan fitur penghemat baterai. Ada dua opsi untuk menghemat baterai di ColorOS 11 ini, yaitu ower Saving Mode dan Super Power Saving Mode.

Oppo juga memiliki fungsi lainnya untuk merawat baterai, yaitu Battery Guard. Fungsi ini ditujukan untuk pengisian baterai pada malam hari. Sudah menjadi kebiasaan banyak pengguna smartphone, jika sebelum mereka tidur, seringkali mengambil kabel charger lalu melakukan pengisian smartphone. Dan setelah itu ditinggal tidur hingga esok hari. Memang, Oppo juga sudah memiliki fitur  perlindungan baterai sehingga tidak akan terjadi over charge. Namun, adanya penambahan Battery Guard ini, bisa membuat pengguna lebih nyaman lagi. Jika fungsi ini diaktifkan, pengisian baterai akan diatur maksimal 80 persen terlebih dahulu. Fitur ini membuat proses pengisian akan berhenti pada 80 persen. Setelah itu, 20 persen sisanya akan dilanjutkan saat pemilik smartphone bangun di pagi hari.

Screen Capture Tiga Jari dengan Pilihan Penerjemah

Oppo sendiri memberikan banyak opsi untuk proses screen capture dengan tiga jari ini. Contohnya seperti mengusap ke bawah dengan tiga jari dengan jarak usap yang panjang, akan membuat sistem melakukan screen capture di halaman yang terbuka. Sementara proses usap hingga bagian bawah layar akan menghasilkan screen capture memanjang sesuai dengan panjang halaman website. Dan satu lagi dengan usapan yang pendek, akan membawa Anda ke hasil screen capture yang bisa disesuaikan dengan panjang bagian yang akan di capture. Menariknya, pada bagian bawah opsi ini ada pilihan translate. Klik saja, Anda akan mendapatkan hasil terjemahan dari halaman yang Anda capture.

Animasi untuk Fitur Sidik Jari

ColorOS 11 juga membawa fitur animasi untuk deteksi sidik jari. Anda bisa memilih animasi yang lebih menarik agar smartphone terlihat berbeda dengan lainnya. Animasi ini akan aktif saat Anda menekan sidik jari ke atas layar. Namun, jika Anda tidak menginginkannya, animasi ini bisa dinonaktifkan.

Fitur Lainnya Bawaan Android 11

Di ColorOS 11, Oppo juga tidak meninggalkan fitur-fitur menarik yang menjadi fitur bawaan Google Android 11. Contohnya seperti Bubble Notification yang membuat notifikasi menjadi lebih mudah diakses. Selain itu, membuat Anda bisa membalas pesan dengan lebih cepat.

Ada juga Nearby Share. Ini merupakan fitur share dokumen yang dapat diakses dan dioperasikan dengan satu tap saja. Fitur ini membuar ekosistem perangkat Android bisa lebih menyatu, tidak terkotak-kotak lagi saat ingin melakukan berbagi dokumen, walaupun berbeda brand smartphone.

Di ColorOS 11, fitur perizinan terhadap akses aplikasi (permission) juga semakin ketat. Kini ada pilihan untuk mengizinkan hanya saat aplikasi digunakan. Jika aplikasi tidak aktif, izin dikembalikan ke pengaturan default.

Oppo juga mengembangkan fitur lainnya agar semakin memudahkan pengguna dalam mengoperasikan perangkat Oppo. Contohnya seperti akses kamera, fitur ultra steady 3.0 yang dibuka untuk aplikasi pihak ketiga, dan fitur super wide angle yang bisa digunakan lebih optimal.

Mode untuk Gamer

ColorOS 11 juga memiliki Gamer Mode. Fitur ini dapat membuat para gamer bisa bermain dengan lebih fokus dan nyaman. Anda bisa menghilangkan banyak notifikasi yang mengganggu saat sedang nyaman bermain game. Namun begitu, mode ini masih bisa diatur untuk beberapa aplikasi yang diinginkan saja yang bisa mengirimkan notifikasi.

Performa

Ditopang dengan prosesor Snapdragon 865 dan RAM 12GB tentunya membuar performa ColorOS 11 juga menjadi lebih baik. Padahal, ColorOS 11 pun sudah didesain agar bisa dijalankan dengan smooth.

Oleh sebab itu, Oppo juga membekali ColorOS 11 dengan fitur UIFirst 2.0. Fitur ini dapat menggabungkan teknologi pengurang lag dengan Quantum Animation. Fitur ini dapat meningkatkan respon 32% dan stabilitas frame rate sebesar 17%. Hal ini frame rate tinggi sudah mulai banyak digunakan Oppo untuk produk smartphonenya.

Oppo juga memiliki AI App preloading dan Super Touch. Aplikasi ini dapat memperlancar kinerja sistem. Aplikasi akan memantau perilaku pengguna sehingga bisa memilih prioritas untuk berbagai aplikasi yang sering digunakan.

Untuk mendongkrak performa, Oppo juga menyematkan fitur Hyper Boost 3.0. Fitur ini dapat mengatasi masalah panas berlebih pada baterai. Dengan demikian, penggunaan baterai akan lebih terkendali tanpa harus mengorbankan performa sistem. Ademnya baterai ini bisa membuat peningkatan CPU hingga 30%. Konsumsi daya smartphone pun bisa turun sebesar 12%.

hyperboost

Tanpa meng-install aplikasi lainnya, hanya aplikasi bawaan ColorOS 11 dan Android 11, dari aplikasi CPU-Z penggunaan RAM di Oppo Find X2 Pro ini mencapai sekitar 46%. Sisanya masih lega, karena Oppo memiliki total RAM 12GB.

Kesimpulan

ColorOS 11 mampu membawa berbagai kemudahan bagi pengguna Oppo dan Android 11. Tidak hanya mudah, pengguna jiuga bisa semakin nyaman dalam menggunakan smartphone Oppo yang sudah memiliki ColorOS 11 ini.

Hal ini tidak lain karena hadirnya ColorOS 11 merupakan hasil masukan para pengguna Oppo selama ini. Bahkan, menurut informasi dari Oppo Indonesia, Indonesia menjadi salah satu negara yang menyumbang fitur-fitur baru pada ColorOS 11. Ada banyak feedback yang datang dari para O-Fans Indonesia.

Sampai tahun 2021, rencananya Oppo akan meng-update 28 produk smartphone-nya dengan ColorOS 11. Namun, angka ini bisa saja berubah, mengingat setelah pengumuman tentang jumlah perangkat Oppo yang akan mendapatkan ColorOS 11 ini, ada beberapa produk baru yang muncul ke pasar. Salah satunya adalah Oppo Reno4 F. Ada rencana Oppo untuk memasukkan Oppo Reno4 F ini ke lini Reno Series yang mendapat update Colo OS 11.

Produk Oppo yang akan mendapat update ColorOS 11 berbasis Android 11 Beta

 

Tags: , , , ,


COMMENTS