October 28, 2020

Gandeng Alibaba Cloud, UC Browser Ingin Berdayakan UMKM Lokal dalam Proses Transformasi Digital

Penulis: Iwan RS
Gandeng Alibaba Cloud, UC Browser Ingin Berdayakan UMKM Lokal dalam Proses Transformasi Digital  

Mobitekno – UC Browser mengumumkan kerjasamanya dengan Alibaba Cloud dalam bentuk co-branding untuk membantu dan memberdayakan usaha kecil menengah di pasar Indonesia. Kolaborasi ini akan memberikan penawaran spesial bagi masyarakat untuk mengakses beragam layanan Alibaba Cloud, baik kebutuhan mendasar hingga komputasi kompleks.

Seperti diketahui, UC Browser di awal tahun telah meluncurkan fitur, tepatnya layanan cloud storage baru, yakni UC Drive. UC Drive menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud dengan kapasitas sebesar 20 GB gratis bagi pengguna di Indonesia. Kapasitas yang disediakan UC Drive ini lebih besar 5 GB dari yang disediakan layanan gratis Google drive (15 GB)

Sebagai penyedia layanan cloud terbesar ketiga di dunia saat ini, Alibaba Cloud menyediakan kupon bernilai hingga US$ 100 (sekitar Rp 1.4 juta) bagi pengguna browser UC saat membeli berbagai solusi atau layanan di Alibaba Cloud.

UC selalu berkomitmen untuk mendukung perkembangan usaha kecil menengah. UC Browser memanfaatkan keahliannya sebagai agregator konten untuk membantu bisnis lokal meningkatkan kualitas merek mereka melalui rekomendasi berbasis konten yang dapat dibaca oleh pengguna dalam aplikasi.

Contohnya, kampanye UC Minggu Bonus pada September lalu, lebih dari 25 juta konten rekomendasi telah dibaca oleh pengguna UC. Konten rekomendasi dalam format video dan artikel tidak hanya memuaskan kebutuhan pengguna yang meningkat, tapi juga telah membantu usaha kecil dan menengah untuk mendorong popularitas produk mereka.

UC Browser Alibaba Cloud 01

Dukungan lainnya adalah membantu kebutuhan perusahaan dalam bertransformasi digital. UC menawarkan layanan UCeleb Network bagi ritel lokal dan usaha kecil menengah. UCeleb Network adalah layanan yang dapat memilih dan menentukan Key Opinion Leader (KOL) yang sesuai bagi perusahaan untuk mempromosikan produk mereka secara online.

Layanan ini telah berhasil memilih dan menentukan KOL untuk merek makanan lokal, produk elektronik, merek kecantikan, dan masih banyak lagi. Segala bentuk solusi promosi online dapat dikustomisasi seperti penggunaan live streaming dan konten video.

Menurut kuesioner UC “Jenis Layanan Cloud Apa yang Anda Inginkan” terhadap lebih dari seribu pengguna UC Browser-nya, ada lebih dari 40% responden merupakan pemilik atau staf perusahaan kecil dan menengah. 42% responden menyatakan bahwa infrastruktur cloud akan menjadi layanan yang paling mungkin diimplementasi dalam bisnis mereka, daripada paket perangkat lunak atau layanan lainnya.

Hal ini menunjukkan tingginya permintaan UKM Indonesia untuk layanan cloud, dan kolaborasi UC Browser dengan Alibaba Cloud telah memberikan UKM lebih banyak opsi untuk memiliki keunggulan kompetitif dengan memanfaatkan penggunaan layanan teknologi cloud yang serba guna.

Operasional UC Browser sudah lama didukung layanan Alibaba Cloud yang memungkinkan pengguna UC menikmati pengalaman mengunduh dan berselancar internet yang lebih optimal.

“Kami percaya teknologi cloud merupakan arah yang benar demi memberdayakan para pelaku usaha di Indonesia. Kami bangga dapat bekerjasama dengan Alibaba Cloud untuk memberikan penawaran spesial ini kepada pengguna Indonesia, terutama bagi pengusaha kecil dan menengah,” ujar Huaiyan Yang, VP UC Web Global Business.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS