November 18, 2020

Agar Video Sepedaan Terlihat Sinematik, Yuk Manfaatkan Super Steady di Galaxy A31 dan Galaxy A21

Penulis: Desmal Andi
Agar Video Sepedaan Terlihat Sinematik, Yuk Manfaatkan Super Steady di Galaxy A31 dan Galaxy A21  

Mobitekno – Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, banyak keluarga Indonesia memanfaatkan sepeda untuk berolahraga demi menjaga kebugaran mereka. Sepeda dianggap menjadi solusi yang jitu untuk berolahraga karena banyaknya tempat atau area olahraga yang ditutup selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlangsung. Nah, momen-momen bersepeda bersama keluarga ini sering direkam untuk kebutuhan dokumentasi. Namun, karena sepeda merupakan salah satu kendaraan yang selalu bergerak, tentunya dibutuhkan trik khusus agar merekam momen-momen tersebut menjadi lebih sempurna.

Untuk merekam momen bersepeda, ada beberapa perangkat gadget yang bisa digunakan. Dan, smartphone menjadi perangkat perekaman favorit untuk menangkap momen bersepeda bersama keluarga. Hal ini karena smartphone sudah menjadi perangkat yang hampir tidak pernah lepas dari aktivitas semua orang. Beberapa orang memanfaatkan gimbal khusus agar rekaman tidak goyang dan tetap stabil. Sayangnya menggunakan gimbal tentu membuat repot bagi pesepeda yang membawa alat tersebut. Bahkan, penggunaannya yang merepotkan bisa membahayakan keselamatan dirinya.

Nah, bagi pengguna smartphone Samsung, seperti Galaxy A31 dan Galaxy A21, mereka tidak perlu lagi repot dalam merekam momen-momen bersepeda bersama keluarga. Kedua smartphone ini sudah dibekali fitur Super Steady yang dapat membuat perekaman video menjadi lebih halus tanpa goyang. Hasil rekaman video pun menjadi lebih sinematik karena tidak adanya getaran atau goyangan. Apalagi fitur ini didukung dengan kemampuan kamera yang bisa menghasilkan resolusi video terbaik. Hasilnya pun akan jernih dan detail.

Untuk Samsung Galaxy A31 saja, ada empat kamera belakang untuk mendukung perekaman momen-momen berharga penggunanya. Empat kamera tersebut adalah kamera utama 48MP wide dengan f/2.0 PDAF, kamera ultrawide 123 derajat 8MP f/2.2, kamera makro 5MP f/2.4, dan kamera bokeh 5MP f/2.4. Kamera tersebut dapat merekam video dengan kualitas Full HD 1080p dengan 30fps. Sementara kamera depannya berkemampuan 20MP f/2.2 yang juga mampu merekam dengan kualitas Full HD 2080p @30fps.

Sementara Samsung galaxy A21 juga dibekali dengan empat kamera yang dapat bekerja andal dalam menangkap momen-momen indah dalam bersepeda bersama keluarga. Keempat kamera belakang Galaxy A21 terdiri dari kamera 16MP wide f/1.8 PDAF, kamera ultrawide 8MP f/2.2, kamera makro 2MP f/2.2, dan kamera bokeh 2MP f/2.4. Perekaman videonya juga mampu menghasilkan resolusi FHD 1080p dengan 30fps. Untuk kamera depannya berkemampuan 13MP f/2.0 wide angle yang juga mampu merekam video 1080p dengan 30fps.

Untuk menggunakan fitur super steady sendiri, cukup mengaktifkannya di mode perekaman video. Buka saja fitur kamera, lalu pindahkan ke bagian perekaman video. Aktifkan fitur super steady ini dengan men-tap icon bergambar tangan di bagian atas. Jika sudah aktif, lanjut dengan merekam video selama perjalanan dengan sepeda berlangsung. Hasil rekaman akan terlihat lebih menarik dibandingkan tanpa menggunakan fitur Super Steady. Setiap pergerakan akan terlihat sangat halus. Padahal dalam merekam tidak dibutuhkan lagi alat tambahan seperti gimbal. Jadi, cukup dengan Galaxy A31 atau Galaxy A21, video rekaman akan terlihat stabil dari frame ke frame.

Namun, demi keamanan dalam melakukan perekaman, Mobitekno pun memberikan sedikit saran. Ada baiknya tambahkan aksesori tambahan untuk memegang smartphone. Contohnya seperti bracket khusus yang bisa diletakkan di stang sepeda. Atau, bisa juga menggunakan aksesori khusus yang membuat smartphone bisa menempel di dada. Dengan demikian, aktivitas bersepeda bersama keluarga bisa lebih menyenangkan tanpa terganggu dengan keberadaan smartphone-nya sendiri.

Samsung Galaxy A31 dan Galaxy A21 sendiri hadir pada pertengahan tahun 2020 melalui sebuah event dengan format online. Keduanya dibekali baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 5.000mAH untuk Galaxy A31 dan 4.000mAh untuk galaxy A21. Jadi, jangan khawatir baterai akan cepat habis saat merekam momen gowes bersama keluarga. 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS