December 7, 2020

Samsung Galaxy A21 Smartphone yang Memberikan Banyak Fitur Bermanfaat Tetapi Berharga Terjangkau 

Penulis: Desmal Andi
Samsung Galaxy A21 Smartphone yang Memberikan Banyak Fitur Bermanfaat Tetapi Berharga Terjangkau   

Mobitekno – Di tahun 2020 ini, Galaxy A21 dihadirkan Samsung untuk menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk menemani aktivitasnya sehari-hari. Hadirnya Samsung Galaxy A21 juga membuktikan bahwa Samsung tidak hanya memikirkan produk flagship, tetapi juga smartphone-smartphne dengan varian hargar terjangkau. Namun begitu, tidak berarti harga terjangkau berbanding lurus dengan fitur yang miskin. Di Samsung Galaxy A21 ini, Samsung bahkan memberikan beragam fitur yang tidak kalah menarik dengan smartphone kelas atas. Dengan demikian, pengguna dapat menghasilkan konten-konten awesome dengan Galaxy A21.

Salah satu fitur yang ditawarkan dalam Samsung Galaxy A21 adalah layar yang lega dengan ukuran 6,5 inci. Dengan layar berjenis infinity-O Display ini, pengguna pun tidak perlu bersusah payah untuk melihat konten-konten atau teks di dalamnya. Layar Samsung Galaxy A21 menggunakan IPS LCD dengan resolusi HD+ 720 x 1.600 piksel. Aspect ratio-nya juga sudah 20:9 sehingga dapat menampilkan konten-konten video terkini tanpa perlu ada bagian yang hilang. Sementara kedalaman warnanya mencapai 270 ppi density.

Performa Andal

Samsung Galaxy A21 dibekali dengan prosesor MediaTek Helio P35 Octa-Core (4×2.3GHz & 4×1.8GHz). Prosesor ini masih ditemani dengan GPU PowerVR G8320 dan RAM 3GB. Paduan ketiganya dapat memberikan performa andal di segmen smartphone dengan harga terjangkau ini. Bermain game, menikmati hiburan dari Youtube, hingga mengerjakan aktivitas harian seperti dkumen di Google Docs tetap lancar.

Performa tadi masih ditambah dengan kapasitas memori 32B yang menjadi bawaannya. Memang, kapasitas memeri ini terbilang kecil untuk rata-rata kebutuhan storage bagi pengguna smartphone. Akan tetapi, tenang saja, Anda masih bisa menambahkan memori eksternal di dalamnya jika storage bawaannya dirasakan masih kurang. Berbeda dengan smartphone di rentang harga yang sama lainnya, yang biasanya hanya mendukung memori tambahan maksimal 256GB, Samsung Galaxy A21 mampu mendukung memori tambahan MicroSD hingga 512GB. Cukup besar untuk sembuah smartphone dengan harga terjangkau.

Empat Kamera yang Awesome

Salah satu hal menarik dari smartphone ini adalah disediakannya empat kamera di bagian belakang unit. Kamera-kamera ini tentunya bisa menambah semangat penggunanya dalam mengekspresikan dirinya, membuat konten, hingga meng-uploadnya ke media sosial. Empat kamera tersebut adalah kamera utama wide 16MP dengan aperture f/1.8, 1.0 um, PDAF; kamera ultrawide 8MP f/2.2, 1.12um; kamera makri 2MP f/2.4, dan kamera bokeh 2MP f/2.4. Konten-konten foto atau video menarik pun bisa dibuat, seperti membuat foto makro yang detil atau foto bokeh untuk kebutuhan media sosial Anda.

Selain empat kamera di bagian belakang, Samsung Galaxy A21 juga dibekali dengan kamera depan 13MP f/2.2. Kamera ini hadir di layar Infinity-O Display yang jernih. Kamera ini bisa memenuhi kebutuhan selfie bagi para penggunanya. Bika kamera depan maupun kamera belakang, semuanya bisa menghasilkan video dengan resolusi 1080 piksel dan 30fps.

Fitur Keamanan dan Koneksi yang Lebih Luas

Walau hadir di segmen smartphone dengan harga terjangkau, Samsung Galaxy A21 juga dibekali dengan fitur keamanan yang mumpuni. Smartphone ini sudah dibekali dengan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang. Posisinya berdekatan dengan kamera belakang. Sensor keamanan ini tentunya bisa membuat smartphone lebih aman dari akses orang yang tidak diinginkan.

Guna menambah fleksibilitas smartphone, Samsung Galaxy A21 tampil beda dengan smartphone sejenis lainnya di rentang harga yang sama. Dengan harga yang terjangkau, Galaxy A21 ini sudah dibekali fitur Near Field Communication (NFC). Fitur ini mulai dicari oleh banyak masyarakat Indonesia, terutama anak-anak muda di kota besar. Dengan fitur ini, mereka yang sudah menjalankan gaya hidup digital dengan transaksi non tunai, bisa lebih terbantu dengan NFC di Galaxy A21. Mereka bisa memeriksa dan mengisi saldo e-money tanpa harus pergi ke ATM atau kasir minimarket lagi. Semuanya bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Koneksi yang lebih luas lagi juga dimiliki Galaxy A21 dengan fitur-fitur awesome lainnya. Contohnya adalah Game Booster yang dapat membuat pengguna bisa lebih berkonsentrasi saat bermain game. Hal ini karena Game Booster dapat menyembunyikan notifikasi-notifikasi yang masuk saat game sedang berjalan.

Ada juga fitur Bluetooth 5.0 dan jack audio 3.5mm. Fitur ini sangat membantu bagi pengguna yang ingin mendengarkan musik atau audi dari tayangan film dengan perangat tambahan headset favorit mereka. Adanya jack audio 3.5mm juga menambah pilihan bagi mereka untuk memilih jenis headset.

Dukungan Baterai Besar

Aktivitas yang banyak, kebutuhan media sosial yang tidak bisa ditinggalkan, foto-foto saat kongkow dengan teman-teman, hingga menikmati tayangan Youtube untuk menghilangkan stres, tentunya membutuhkan smartphone dengan tingkat durabilitas yang tinggi. Hal ini pun dapat dipenuhi oleh Samsung Galaxy A21. Samsung mengerti akan kebutuhan kaum muda yang enerjik dan sibuk ini dengan membekali baterai Galaxy A21 yang mumpuni. Kapasitas baterainya disediakan 4.000mAh. Kapasitas sebesar ini tentunya memungkinkan pengguna untuk melakukan beragam aktivitas tanpa harus khawatir smartphone kehabisan daya dengan cepat.

Menariknya, baterai besar ini didukung dengan sistem pengisian daya cepat juga (Fast charging). Jadi, saat baterai habis pun, penguna tidak perlu membuang waktu yang lama hanya untuk mengisi baterainya kembali.

Semua-fitur yang telah disebutkan tadi tentunya sudah sekelas dengan smartphone-smartphone berharga mahal. Konektivitas, dukungan menikmati hiburan, empat kamera yang awesome, hingga baterai yang besar, biasanya hanya bisa didapatkan pada smartphone kelas menengah ke atas. Namun, tidak dengan Galaxy A21 ini, Pengguna bisa merasakan semua fitur tadi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan. 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS