November 18, 2020

Tidak Cukup Ciutan, Twitter Akhirnya Ikut Tren Fitur Stories dengan Menghadirkan Fitur Fleets

Penulis: Iwan RS
Tidak Cukup Ciutan, Twitter Akhirnya Ikut Tren Fitur Stories dengan Menghadirkan Fitur Fleets  

Mobitekno – Setelah sempat mengujicobanya sejak bulan Maret lalu, Twitter akhirnya mengumumkan kesiapan fitur baru Fleets yang berfungsi mirip fitur ‘Stories’ di Instagram, Facebook, YouTube, LinkedIn, atau Snapchat. Meskipun sebelumnya fitur tersebut hanya tersedia di negara tertentu, kini fitur pesan tersebut telah siap digunakan pengguna microblogging populer tersebut di seluruh dunia.

Pengumuman ini disampaikan melalui akun resmi Twitter sendiri, termasuk dengan demo video untuk menjelaskan mekanisme kerjanya. Penjelasannya kurang lebih sama dengan apa yang dijelaskan pihak Twitter sebelumnya yang menghadirkan fitur Fleets untuk menjawab keingin pengguna yang ingin menyampaikan atau mengomentari sesuatu hal dibenaknya tapi tidak ingin diujarkan secara permanen seperti sebuah tweet.

Anda juga dapat mengetahui siapa saja yang telah melihat Fleets Anda layaknya seperti tweet biasa/standar. Fleets dapat berupa teks, gambar, atau bahkan video. Selain itu, akan dihadirkan juga fungsi stiker pada update berikutnya.’

Salah satu perbedaan dengan tweet biasa adalah pengguna Twitter lain tidak dapat menyukai (like) atau me-retweet Fleets Anda. Seperti juga fitur Stories umumnya, Fleets juga punya batasan waktu yang akan hilang sendirianya setelah ditampilkan selama 24 jam.

Stories menjadi salah satu fitur yang cukup populer digunakan pengguna media sosial karena dapat menjadi sarana efektif dan nyaman untuk menyalurkan ‘curhat’ atau unek-unek secara instan tanap harus meninggalkan ‘jejak digital’ si pengguna. Meskipun jejak digital sebenarnya masih bisa terlacak jika pengguna lainnya sempat melakukan screenshot dari ‘postingan’ tersebut.

Tags: , , ,


COMMENTS