May 18, 2020

Empat Tips Terbaik Ini Bikin Nyaman Menggunakan Samsung Galaxy S20 Series

Penulis: Desmal Andi
Empat Tips Terbaik Ini Bikin Nyaman Menggunakan Samsung Galaxy S20 Series  

Mobitekno – Sebagai smartphone flagship, Samsung Galaxy S20 Series tentunya dibekali banyak fitur terkini untuk kenyamanan pengguna. Mereka yang menggunakan smartphone ini, tidak hanya dimanjakan oleh kemampuan kamera yang ada di bagian belakang, tetapi juga fitur-fitur inovatif yang dikembangkan Samsung. Baik itu Samsung Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, maupun Galaxy S20 Ultra, menyediakan fitur bermanfaat untuk melakukan pekerjaan rutin atau membuat konten menarik.

Ditengah pandemi Covid-19 ini, dimana banyak orang melakukan pekerjaan dari rumah, fitur-fitur ini tentunya sangat membantu mereka. Contohnya seperti pada saat rapat online yang sering amenggunakan smartphone sebagai penghubung. Nah, mengingat pentingnya smartphone, terutama Samsung Galaxy S20 Series untuk menunjang kehidupan mereka, berikut ini lima tips yang bisa dilakukan pengguna Galaxy S20 untuk memudahkan aktivitas mereka.

Merekam Aktivitas Layar

Rapat online, tutorial dalam sebuah webinat, atau memantau aktivitas belajar anak saat semuanya di rumah kadang memerlukan data rekaman dari layar smartphone. Jika pada kebanyakan smartphone, mereka harus meng-install aplikasi screen recording, Samsung telah melangkah lebih di depan. Di Samsung Galaxy S20 Series, aktivitas merekam layar bisa dilakukan langsung dari menu singkat. Bagaimana caranya?

Untuk memulai merekam layar, Anda bisa membuka menu singkat yang bisa diakses dengan cara mengusap ke bawah layar dari bagian atas ke bawah. Di sini akan terlihat satu opsi bernama “Screen Recorder”. Tap saja opsi tersebut dan Anda sudah bisa merekam aktivitas layar.

Untuk mengatur berbagai hal dalam perekaman, Anda bisa mengaksesnya dari menu Setting. Masuk ke “Advanced Features | Screenshot and Screen Recorder | Screen Recorder Settings”. Di sini Anda bisa mengatur resolusi perekaman hingga penggunaan jenis mikrofon.

Fungsi Screen Recorder

Mengatur Side Key

Jika sebelumnya Samsung pernah memberikan tombol khusus untuk Bixby, kini tidak lagi. Akses Bixby menyatu dengan tombol power. Namun, apakah Anda mengetahui, tombol tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk Bixby dan power. Jika Anda menekan lama, memang Bixby yang akan terbuka. Akan tetapi jika Anda menekannya dua kali, Anda akan membuka fungsi kamera.

Anda bisa mengatur fungsi tombol ini dari menu Settings. Caranya, masuk saja ke menu “Settings | Advanced Features | Side Key”. Selanjutnya pilih opsi “Press and Hold” untuk tombol power. Anda bisa saja menetapkan fungsi klik dua kali untuk menjalankan aplikasi khusus atau menekan lama untuk mematikan smartphone.

Pengaturan Side Key

Mengaktifkan Mode “One Handed”

Samsung Galaxy S20 Series memang hadir dengan layar yang cukup lega. Namun begitu, masih ada saja orang yang tidak bisa mengakses keseluruhan layar dengan satu tangan saja. Untuk itu, aktifkan saja mode “One Handed” ini. Caranya?

Masuk ke menu “Settings | Advanced Features | One Handed Mode”. Anda bisa mengaktifkan fungsi pemegangan satu tangan ini di sini. Jika sudah aktif, selanjutnya Anda tinggal mengusap layar dari bagian tengah ke bawah. Secara otomatis tampilan layar akan mengecil dan bisa diakses oleh satu tangan saja.

One Handed Mode

Aplikasi dalam mode Window

Dengan performa tinggi dari sepsifikasi hardware yang cukup garang, Samsung Galaxy S20 Series tentunya dapat digunakan untuk aktivitas multitasking. Dengan tampilan multitasking, Anda pun bisa melihat banyak

Mode window bisa diaktifkan di setiap aplikasi yang sudah mendukungnya

hal dalam satu pandangan saja.

Salah satu inovasi Samsung di smartphone ini adalah mendukung tampilan multitasking dari banyak aplikasi. Dengan menjalankan mode Windows, aplikasi dapat tampil berbarengan dengan aplikasi lainnya. Jadi, jika Anda misalnya sedang membaca email, di sebelahnya Anda bisa meng-eksplore berita-berita terhangat di dunia melalui Google Chrome. Namun, tidak semua aplikasi mendukung Mode Window. Jadi Anda harus memerhatikannya.

 

Untuk melakukan mode ini, buka aplikasi yang sudah mendukung mode Window. Cirinya, pada bagian atas, akan terlihat icon tambahan yang disebut “Open Pop-up view”. Tap saja icon tersebut. Secara otomatis tampilan aplikasi akan menyusut dan akan membagi ruang untuk aplikasi lainnya.

Untuk mengetahui seputar informasi promosi Samsung Galaxy S20, Anda bisa mengunjungi https://www.samsung.com/id/galaxylaunchpack/. Sementara untuk informasi seputar Samsung Galaxy S20 Series bisa mengunjungi www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s20/.

Tags: , , , ,


COMMENTS