October 8, 2020

Qualcomm dan ASUS Garap Bareng Smartphone Gaming dengan Snapdragon 875. Bukan Hanya ROG Phone 4

Penulis: Iwan RS
Qualcomm dan ASUS Garap Bareng Smartphone Gaming dengan Snapdragon 875. Bukan Hanya ROG Phone 4  

Mobitekno – Qualcomm dikenal sebagai pembuat chip untuk mayoritas smartphone Android yang beredar saat ini. Namun, di penghujung 2020 ini tebersit kabar dari DIGITIMES yang menyatakan bahwa perusahaan ini sedang menjajaki kemitraan dengan ASUS untuk membuat smartphone gaming Qualcomm pertama.

Dilansir dari XDA-developers, Qualcomm tampaknya ingin menggarap smartphone gaming eksklusif yang mengandalkan chipset flagship 5 nm terbarunya Snapdragon 875 yang akan diumumkan pada akhir tahun ini.

Kemitraan ini juga bisa dimaknai sebagai kesepakatan ASUS dan Qualcomm untuk bersama-sama membeli komponen untuk dua smartphone gaming, yaitu ASUS ROG Phone 4 dan smartphone gaming pertama Qualcomm tersebut. Termasuk di dalamnya adalah kompenen layar, memori/RAM, modul kamera, baterai, sistem pendingin, dll).

Berdasarkan informasi ini bisa diaktakan smartphone gaming Qualcomm baru ini bakal mengusung kemiripan komponen dengan smartphone gamis ASUS ROG Phone 4. Rencananya kedua perusahaan akan memproduksi sekitar 1 juta unit per tahun yang terbagi rata atas 500 ribu unit smartphone gaming Qualcomm dan 500 ribu unit ROG Phone.

Sesuai tradisi Qualcomm yang mengumumkan chipset flagship-nya di ajang Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2020 di bulan Desember. Kita tunggu saja apakah smartphone gaming Qualcomm tersebut akan diumumkan bersamaan dengan chipset Snapdragon 875.

Tags: , , , ,


COMMENTS