October 8, 2020

Paques Luncurkan Paques Cloud Connect, Platform Layanan all-in-one Big Data Analitik Pertama di Dunia

Penulis: Karyo | Editor: Desmal Andi
Paques Luncurkan Paques Cloud Connect, Platform Layanan all-in-one Big Data Analitik Pertama di Dunia  

Mobitekno – Jika dahulu emas merupakan barang berharga, kini data juga menjadi salah satu bagian dari bawang berharga. Bahkan nilainya bisa melebihi bongkahan emas. Hal ini karena data merupakan gudang dari berbagai informasi dari sebuah perusahaan. Semakin banyaknya data ini kemudian disebut menjadi Big Data. Perusahaan pun sudah mulai menyadari pentingnya pengelolaan data pada perusahaan. Oleh sebab itu, data harus dikelola dengan baik. Paques, perusahaan yang sejak awal memiliki solusi pengelolaan big data, turut peduli dengan  ra transformasi digital yang saat ini sedang adanya big data ini. Oleh sebab itu, pada hari ini, Paques pun mengeluarkan solusi barunya bernama Paques Cloud Connect.

Peluncuran solusi Paques Cloud Connect ini dilakukan pada sebuah diskusi panel bertajuk “Discover Treasure in your Data with Big Data Analytics ”. Acara dilakukan bersama Tech In Asia secara online.

Paques Cloud Connect mempunyai tujuan untuk mendobrak stigma bahwa big data hanya dapat digunakan oleh bisnis berskala besar. Paques Cloud Connect menyediakan layanan yang dapat dijangkau oleh semua skala bisnis mulai dari startup, UMKM, hingga korporasi.  Software pengolah data yang berkualitas  tersebut dapat dimiliki oleh semua skala bisnis,” ujar Benni Adham, CEO sekaligus Product Creator Paques.

Paques Cloud Connect sendiri merupakan layanan SaaS (Software as a Service) terbaru dari Paques yang mengedepankan Big Data analitik berbasis cloud.

Layanan Big data analitik tersebut mampu melakukan data processing (pemrosesan data), data analytics (analisa data) dan data visualizations (visualisasi data) dalam 1 platform sehingga user tidak perlu menggunakan berbagai software lain untuk big data analitik. Kemampuan tersebut membuat Paques Cloud Connect menjadi satu-satunya layanan all-in-one platform big data analitik pertama di dunia yang dapat memberikan berbagai kemudahan bagi perusahaan. Layanan dan solusi dari Paques ini pun menggunakan platform Google Cloud untuk mempermudah pelanggannya dalam mengelola data.

Paques Cloud Connect Sebagai Solusi Pengolahan Data Secara Real

Layanan paques Cloud Connect ini dilengkapi dengan Paques Core. Dengan begitu, layanan ini menjadi solusi inovatif yang menggabungkan kekuatan pemrosesan data yang telah teruji. Proses pengelolaannya pun memanfaatkan komputasi awan sehingga pengguna bisa melakukan pengolahan data di manapun dan kapanpun mereka berada.

Menariknya, Paques Cloud Connect juga memiliki tools visualisasi data untuk menampilkan hasil analisa data dalam bentuk-bentuk visual. Ini menjadikan layanan baru aques memudahkan pengguna dalam mendapatkan insight yang dibutuhkan. Dari sisi pengguna, model seperti ini terbilang mudah dalam penggunaannya. Dengan begitu, semua para pelaku bisnis pun bisa menggunakan tools ini. Bahkan termasuk mereka yang tidak dibekali skill programming yang andal.

Layanan baru ini ditawarkan Paques dalam bentuk berbagai paket. Paket-paket ini pun sudah disesuaikan dengan berbagai kebutuhan perusahaan. Mereka yang membutuhkan pengelolaan data dengan Paques Cloud Connect, bisa memilih paketnya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk sistem berlangganannya pun menggunakan Pay-per-use system.

Benni Adham

Jadi, Pengguna cukup membayar atas sumber daya pengolahan data yang digunakan tanpa biaya ekstra berdasarkan empat parameter yang telah ditentukan, yakni Data Volume (Besaran data yang diolah), Speed (Kecepatan dalam mengolah data), Length of Service (Lama penggunaan layanan), dan Storage (Ukuran penyimpanan data). Sistem ini menjadikan Paques Cloud Connect lebih skalabel dan tepat guna.

Penggunaan Platform Google Cloud yang Fleksibel dan Berteknologi Masa Depan

Dalam diskusi tersebut, selain Paques hadir juga pihak dari Google Cloud yang diwakili oleh ibu Megawaty Khie selaku Country Director Google Cloud Indonesia. Solusi Paques yang menggunakan Google Cloud Platform diapresiasi oleh pihak Google Cloud. Mengapa? Hal ini karena Google Cloud memiliki pengalaman yang cukup banyak untuk menangani masalah pengelolaan data. Bahkan, sejak awal berdirinya Google Cloud, misi utama perusahaan adalah ingin menjadi perusahaan yang dapat mengelola data dengan baik bagi banyak perusahaan.

“Kekuatan kami ada pada data analitik. Saat ini, adopsi teknologi cloud sendiri masih sangat rendah di Indonesia. Kami mengapresiasi Paques menggunakan platform Google Cloud. Google Cloud sendiri memberikan beberapa pilihan kepada para pelanggan. Hal ini tentu cocok dengan berbagai organisasi, termasuk startup untuk mengelola datanya. Platform Google Cloud juga menggunakan teknologi masa depan, seperti AI dan machine learning untuk pengelolaan data ini. Hal ini tentunya sangat membantu organisasi untuk tetap fokus kepada bisnisnya, “ ujar Megawati Khie, Country Director Google Cloud Indonesia, pada kesempatan tersebut.

“Untuk bisa maju dengan cepat, bisnis-bisnis sekarang terutama startup harus mau berkolaborasi. Hal ini yang membuat visi Google Cloud sejalan dengan Paques Cloud Connect. Kami ingin memudahkan integrasi data ke dalam cloud sehingga kolaborasi data dapat dilakukan dengan efektif untuk menarik insight dari data yang dikumpulkan secara kolektif ini,” tegasnya.

Megawaty Khie

Megawaty juga menyoroti teknologi yang digunakan Google Cloud dalam hal pengelolaan data ini. Google Cloud sudah menggunakan AI dan machine Learning terbaiknya. Dengan demikian, pengelolaan data smenjadi semakin mudah. Dan, perusahaan yang menggunakan platform Google Cloud tinggal fokus ke misi bisnisnya saja. Ini tentunya membuat semua konsumen merasa nyaman. Selain itu, platform Google Cloud juga sudah disesuaikan dengan berbagai level perusahaan, bahkan termasuk startup dan UMKM.

Dengan adanya pengelolaan data yang profesional, Google Cloud pun menyarankan agar perusahaan dan organisasi sudah memikirkannya sejak perusahaan berdiri. Menjadi langkah yang keliru jika harus menunggu data menjadi bertumpuk.

Adanya layanan data Paques Cloud Connect ini juga diapresiasi oleh HiSehat. Sebagai salah satu pelanggan paques, hiSehat merasa sangat terbantu dengan kemampuan pengelolaan data yang mereka gunakan.

Sebelum meluncurkan layanan Paques Cloud Connect, Paques dikenal sebagai penyedia solusi big data untuk Enterprise, perusahaan dan organisasi yang sudah menggunakan solusi Paques antara lain adalah Bank Mandiri, Telkom, Bursa Efek Indonesia dan Telkomsel.

Layanan Paques Cloud Connect  sendiri hadir untuk mentransformasi cara konsumen dalam menentukan pilihan untuk penggunaan analitik big data. Konsumen kini dapat memilih layanan on-cloud maupun on-premise dengan kemampuan analitik dan pengolahan data terbaik.

Tags: , , ,


COMMENTS