October 7, 2020

Agate dan Tahilalats Rangkul HAGO Tembus Pasar Internasional

Penulis: Rizki Romdoni
Agate dan Tahilalats Rangkul HAGO Tembus Pasar Internasional  

Mobitekno – Agate merangkul Tahilalats untuk merambah pasar internasional melalui kerja sama dengan HAGO. Sebagai sebuah platform social game, HAGO telah diunduh oleh lebih dari 100 juta orang dengan lebih dari 40 juta pengguna di Indonesia.

Saat ini HAGO memiliki lebih dari 100 gim yang terdaftar dan juga terklasifikasi berdasarkan content rating dari IGRS (Indonesia Game Rating System). Salah satunya adalah gim buatan Agate dan Oolean yang berkolaborasi dengan Tahilalats yaitu Onet Asli, yang merupakan adaptasi dari gim klasik, Onet.

Kerja sama antara HAGO, Agate, Oolean dan Tahilalats ini memungkinkan para pengguna HAGO di Indonesia untuk berkompetisi secara daring pada saat bermain gim Onet Asli dengan lawan yang tersebar di berbagai belahan dunia. Hal ini sekaligus dapat memperkenalkan gim asal Indonesia ke pasar internasional, karena HAGO memiliki pengguna setia di berbagai belahan dunia, khususnya di Asia.

Dedi Suherman, CEO PT Melon Indonesia menyatakan bahwa inisiatif kerja sama ini membantu membangun dan mengembangkan gim lokal agar dapat dikenal dengan baik di pasar lokal maupun global.

Mekanisme gim Onet Asli sangat sederhana, yakni dengan memasangkan dua gambar yang sama, tetapi dengan aturan tidak boleh lebih jauh dari tiga tarikan garis. Pemain mengumpulkan poin dari pencocokan. Selain itu, pemain juga bisa mendapatkan bantuan dengan undian ekstra di akhir setiap ronde.

Uniknya, gim Onet Asli ini menggunakan karakter, emoji, serta efek suara khas Tahilalats, sehingga menambahkan keseruan dalam bermain gim ini.

Robi Gao, Senior BD Director HAGO, mengungkapkan, “Kami akan selalu memberikan ruang untuk developer game lokal dan mempromosikan gim mereka di HAGO. Gim Onet Asli adalah awal dari kerja sama HAGO dan Agate, dan kami berharap akan ada gim lain yang juga dapat kami promosikan.

“Popularitas permainan casual game di Indonesia cukup tinggi dan gim Onet Asli memiliki mekanik permainan yang sebelumnya belum pernah ada di HAGO. Saya yakin semua orang familiar dengan gim Onet dan akan suka dengan versi dari Agate dan Tahilalats ini,” ujar Gao..

Gim Onet Asli sendiri saat ini telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna di Android and iOS, serta telah terdaftar di HAGO sejak Juli 2020. Onet Asli telah menjadi salah satu gim favorit di aplikasi HAGO yang turut membuktikan bahwa gim buatan developer Indonesia juga bisa dikenal dan digemari oleh pasar internasional.

VP of Mobile Games Agate, Dave Fabrian, mengungkapkan bahwa mengembangkan gim untuk platform HAGO adalah pengalaman yang menggembirakan. Tim HAGO sangat kooperatif dan bersedia membantu hampir setiap saat untuk mengintegrasikan, berdiskusi, dan memecahkan masalah bersama. HAGO juga memberikan dokumentasi dalam platformnya yang sangat membantu tim dalam proses integrasi.

“Tim HAGO sangat suportif dalam proses kolaborasi ini, semoga gim ini dapat dinikmati dan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada pengguna HAGO di Indonesia. Kami juga berharap akan ada gim dari Agate lain yang nantinya juga bisa terintegrasi di HAGO,” imbuh Dave.

Tags: , , , ,


COMMENTS