July 16, 2018

Sasar Bisnis Baru, Bank BCA Adopsi Solusi Lengkap Avaya

Penulis: Muhammad R
Sasar Bisnis Baru, Bank BCA Adopsi Solusi Lengkap Avaya  

Mobitekno – Avaya Holdings Corp (NYSE: AVYA) baru-baru ini mengumumkan kemitraan teknologinya dengan bank swasta terbesar di Indonesia, Bank Central Asia (BCA), dalam sebuah transformasi digital yang akan mengubah cara BCA berhubungan dengan pelanggannya. Meski bukan kali pertama, namun kemitraan ini menjadi spesial sebab bersamaan dengan acara Experience Avaya Indonesia, sebuah acara yang berfokus pada masa depan komunikasi digital.

BCA telah mengadopsi solusi lengkap Avaya pada lima contact centre mereka dengan lebih dari 1.500 agen pelanggan – sebuah langkah yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang makin sempurna dan mulus bagi pelanggan BCA yang sangat mobile dan serba cepat di kota-kota utama di Indonesia dan sekitarnya.

Pelanggan sudah menggunakan MyBCA, yang merupakan sebuah layanan video perbankan terpadu yang dibuat bersama dengan Avaya, untuk digunakan oleh mereka yang sedang mobile.

Nathalya Wani Sabu, Executive Vice President of Center of Digital Division, Bank Central Asia, mengatakan, “Kenapa kami harus bertransformasi, karena kami mesti cari peluang baru. Saingan kami saat ini bukan hanya dari perbankan, tetapi dari startup-startup baru seperti Go-Jek, Grab, dan sebagainya,” ungkap Wani, Kamis (12/7).

Wani mengaku untuk mendigitalisasi usaha itu tidak mudah, ada proses yang cukup panjang disana. Ia berkata bahwa ada satu pernyataan yang menjadi pelecut saat berupaya mentransformasi bisnis bahwa “bagaimana bisa bersaing ketika para nasabah itu sudah melek digital, tapi kamu masih kuno”.

“Akhinya kami memutuskan untuk menggunakan solusi Avaya yang memungkinkan kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan kami, memberi Bank keunggulan yang jauh lebih kompetitif dan mendorong pertumbuhan bisnis kami,” tutur Wani.

Ia juga menambahkan, “Sebenarnya sejak tahun 1998 kami sudah memakai Avaya, awalnya hanya telefoni biasa saja namun sekarang berkembang. Teknologi telah mengubah cara dan ekspektasi para nasabah bank kami. Solusi Avaya yang kami adopsi menempatkan kami pada posisi yang yang sangat baik untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan kami.”

MyBCA merupakan layanan video perbankan terpadu yang dibuat bersama Avaya untuk digunakan oleh pelanggan yang mobile. Teknologi Avaya yang kini diimplementasikan yakni Avaya Equinox, di mana secara solusi lebih fleksibel (on premise atau cloud). Keunggulan lain Avaya Equinox ialah satu  ID agent bisa digunakan untuk 10 device dengan minimal bandwidth 256 Kbps. Setelah mengadopsi Aura Experience Portal, Interaction Center dan Call Management System dari Avaya, BCA telah mengumumkan bahwa perusahaan itu bermaksud menerapkan lebih jauh inisiatif digital Avaya di seluruh Indonesia pada bulan-bulan mendatang.

Sejak meluncurkan aplikasi MyBCA, BCA mengalami pertumbuhan pelanggan yang stabil. Sami Ammous, Managing Director Avaya untuk ASEAN, mengatakan: “Kami senang dapat bekerja sama dengan BCA dalam strategi digitalisasinya, yang dirancang untuk mengubah pengalaman costumer service bank itu- sebuah pembeda yang besar bagi pelanggan yang semakin canggih dalam memilih bank di lingkungan yang sangat kompetitif.”

Tags: , , , ,


COMMENTS