May 10, 2022

Transfer Lebih Cepat, Hemat, dan Aman. Aplikasi Mobile Banking ‘blu’ dari BCA Digital Resmi Dukung Layanan BI-Fast

Penulis: Iwan RS
Transfer Lebih Cepat, Hemat, dan Aman. Aplikasi Mobile Banking ‘blu’ dari BCA Digital Resmi Dukung Layanan BI-Fast  

Mobitekno – Guna menyempurnakan teknologi bank digital agar dapat memenuhi kebutuhan para nasabahnya, BCA Digital sejak 27 April 2022 resmi menghadirkan layanan transaksi BI-Fast Payment atau BI-Fast pada aplikasi mobile banking blu.

Hadirnya BI-Fast sebagai alternatif layanan transaksi ini membuat nasabah blu semakin dapat menikmati beragam cara untuk transfer dana dengan biaya yang efisien, yakni Rp2,500. Di sisi lain, nasabah blu tetap bisa merasakan bebas biaya transfer online atau Rp 0 dengan bluRewards.

Direktur Utama PT Bank Digital BCA, Lanny Budiati, menyatakan bahwa dukungan terhadap layanan BI-Fast merupakan bagian dari roadmap pengembangan produk dan teknologi pada aplikasi mobile banking blu di tahun ini.

“Keberhasilan blu menjadi salah satu platform bank digital yang menyediakan BI-Fast adalah satu langkah dari sekian banyak rencana pengembangan produk blu tahun ini. Fokus utama kami adalah mengakomodir sebanyak mungkin kebutuhan nasabah, sehingga blu bisa menjadi sahabat finansial sehari-hari yang bisa membantu nasabah mencapai financial goals-nya,” ujar Lanny.

Nasabah blu bisa menggunakan layanan BI-FAST dengan minimum transaksi sebesar Rp5 ribu dan maksimal Rp250 juta.

Lanny mengatakan nasabah cukup memiliki nomor telepon genggam atau email yang terdaftar di aplikasi blu by BCA Digital untuk dapat menikmati BI-FAST, yang bisa didaftarkan sebagai proxy address guna menggantikan fungsi nomor rekening di BI-FAST.

“Satu proxy address hanya bisa digunakan di satu rekening. Tetapi jika nasabah blu sudah lebih dulu mendaftarkan nomor telepon genggam atau email di bank lain tetap bisa melakukan update proxy address di blu,” ungkapnya.

Selain BI-FAST, blu juga menyediakan layanan transfer dana lainnya dengan berbagai pilihan biaya dan limit transaksi (sesuai syarat dan ketentuan), seperti transfer online, transfer lalu lintas giro (LLG), dan transfer real time gross settlement (RTGS) untuk mengakomodir berbagai kebutuhan nasabah.

Seperti diketahui, Bank Indonesia telah meluncurkan layanan BI-Fast pada Desember tahun lalu sebagai implementasi dari reformasi digitalisasi sistem pembayaran nasional yang tertuang dalam blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025.

Berbeda dari metode Kliring (Sistem Kliring Nasional BI) atau SKNBI dan RTGS, layanan BI-Fast beroperasi tanpa henti 24/7, real time, cepat, murah, dan aman. Di samping itu, layanan ini juga digulirkan Bank Indponesia untuk mempercepat digitalisasi ekonomi keuangan nasional, mengintegrasikan ekosistem industri sistem pembayaran secara end-to-end, perbankan, digital, fintech, e-commerce dan konsumen.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS