August 23, 2023

Ukir Perjalanan Sukses 7 Tahun di Indonesia, Jenius Kukuhkan Diri sebagai Solusi Finansial Inovatif

Penulis: Rizki R
Ukir Perjalanan Sukses 7 Tahun di Indonesia, Jenius Kukuhkan Diri sebagai Solusi Finansial Inovatif  

Mobitekno – Jenius, produk bank digital yang bernaung di bawah BTPN, merayakan ulang tahun ketujuhnya dengan meriah. Tanggal 11 Agustus 2016 menjadi tonggak awal bagi perjalanan inovatif bank digital di Indonesia yang telah membangun fondasi solusi finansial komprehensif untuk masyarakat digital-savvy.

Selama tujuh tahun perjalanan yang memukau, Jenius telah tumbuh dari sekadar sebuah platform menjadi solusi keuangan seutuhnya yang relevan bagi masyarakat modern. Keberhasilan ini dirayakan dengan penuh rasa terima kasih oleh Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN, kepada seluruh masyarakat digital-savvy yang telah mendukung dan mempercayai perjalanan Jenius sepanjang waktu.

“Dalam perjalanan tujuh tahun ini, kami terus tumbuh bersama masyarakat digital-savvy,” ungkap Irwan dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (22/8).

Jenius

Tidak hanya dari segi pengalaman pengguna, tetapi dari sisi bisnis, perusahaan juga mengalami pertumbuhan yang sangat positif. Data hingga akhir Juni 2023 menunjukkan peningkatan pengguna sebesar 19% secara tahunan, yang menghasilkan total pengguna terdaftar mencapai 4,8 juta.

Penting untuk dicatat bahwa Dana Pihak Ketiga (DPI) yang dikelola oleh Jenius mengalami peningkatan sebesar 43% menjadi Rp24,7 triliun. Sementara itu, total produk pinjaman yang telah disalurkan mencapai Rp1,3 triliun, dengan pertumbuhan mengesankan sebanyak 119% secara tahunan.

Fitur Baru Jenius di Tahun 2023

Jenius terus berkomitmen dalam menyajikan fitur-fitur inovatif yang memudahkan pengguna dalam mengelola keuangan secara lebih sederhana, pintar, dan aman. Fitur-fitur tersebut mencakup berbagai aspek, mulai dari menabung, bertransaksi dalam dan luar negeri, mengelola aliran kas, hingga berinvestasi langsung melalui aplikasi Jenius.

Di paruh pertama tahun 2023, bank digital ini juga melanjutkan semangat inovasinya dengan berkolaborasi dalam proses kokreasi dengan masyarakat digital-savvy. Sejumlah fitur baru telah diperkenalkan, termasuk pembaruan akses scan QRIS yang lebih mudah, pengisian saldo dan top-up mandiri e-money dari e-Wallet Center, serta program-program menarik seperti #FlexRasaMax 2.

Pertumbuhan Teman Jenius

Dalam perjalanan tujuh tahun ini, Jenius juga bertumbuh bersama teman Jenius dalam membantu mereka mewujudkan kehidupan dan kebiasaan keuangan yang lebih baik mulai dari menabung, mengatur cash flow, serta bertransaksi. Hal ini terlihat dari hasil survei bertajuk Jenius Study: Kebiasaan Finansial Digital Savvy 2023 yang dilangsungkan pada Agustus 2023 dengan melibatkan 156 responden berusia 17-41 tahun.

Menurut survei tersebut, 96% teman Jenius rutin menabung, meningkat dari 70% pada tahun sebelumnya. Sebanyak 73% dari semua teman Jenius yang sudah rutin menabung ini ternyata mengalokasikan dana untuk menabung lebih dari yang disarankan oleh perencana keuangan (10%20% dari pendapatan).

Teman Jenius dapat menabung dengan lebih mudah dan disiplin untuk memenuhi kebutuhan dan impian mereka dengan menggunakan fitur Jenius, yaitu Save lt (Flexi Saver, Dream Saver, & Maxi Saver).

Menurut Jenius Study yang sama, 83% teman Jenius sudah menyadari pentingnya mencatat cashflow, naik dari 73% pada tahun sebelumnya.

Salah satu cara yang membantu teman Jenius mengatur cash flow adalah dengan melakukan cicilan (93%). Pada tahun 2023, 55% teman Jenius sudah menggunakan Flexi Cash untuk membantu mengatur cash flow, antara Iain untuk modal bisnis, renovasi rumah, beli barang impian, dan Iainnya.Jenius

Teman Jenius dapat mengelola cash flow dengan lebih baik dan mudah dengan menggunakan fitur-fitur Jenius, seperti Moneytory, Flexi Cash, Paylater, Kartu Kredit Jenius Visa, Split Pay dan Cicilan Jenius Pay.

Tidak hanya sebagai penyedia layanan, Jenius juga menjadi wadah untuk partisipasi aktif masyarakat. Melalui komunitas Jenius Co.Create, lebih dari 44.000 kontributor memberikan masukan berharga melalui survei daring, diskusi kelompok terfokus (OKT), dan wawancara mendalam dengan lebih dari 116.212 anggota masyarakat digital-savvy.

Sebagai penutup, Jenius merayakan ulang tahun ketujuh dengan program 7 hari 7 malam #jadilebihjenius yang menawarkan sejumlah penawaran istimewa yang telah diminati oleh pengguna. Program ini sukses mencatat peningkatan transaksi selama periode promosi, dan akan kembali diadakan pada bulan September mendatang.

Melalui kolaborasi yang berkesinambungan serta inovasi yang tak henti-hentinya, Jenius terus tumbuh bersama masyarakat digital-savvy. Dengan visi untuk membantu masyarakat mencapai kehidupan finansial yang lebih baik.

Jenius

“Kami tak sabar menyambut tahun-tahun yang akan datang, dan berharap untuk terus bersama-sama mengukir masa depan yang lebih baik dalam hal finansial.” pungkas Irwan.

Tags: , , ,


COMMENTS