September 5, 2022

Dorong Inklusi Keuangan, Bukalapak dan Standard Chartered Luncurkan Layanan Perbankan Digital “BukaTabungan”

Penulis: Iwan RS
Dorong Inklusi Keuangan, Bukalapak dan Standard Chartered Luncurkan Layanan Perbankan Digital “BukaTabungan”  

Mobitekno – Bukalapak, platform e-commerce Indonesia dan Standard Chartered, perusahaan jasa keuangan multinasional yang berkantor pusat di London, mengumumkan kerjasamanya untuk meluncurkan layanan perbankan digital BukaTabungan. Layanan ini akan menggabungan kekuatan platform all-commerce luas dari Bukalapak dan solusi Banking-as-a-Service (BaaS) andal dari Standard Chartered.

Aplikasi BukaTabungan sendiri sudah tersedia di Google Play Store unutk perangkat Android dan segera tersedia di App Store untuk perangkat Apple. Peluncuran ini merupakan lanjutan dari kemitraan strategis keduanya dalam meluncurkan penawaran inovatif di sektor perbankan digital dan peningkatan inklusi keuangan untuk segmen underbanked di Indonesia.

BukaTabungan akan menawarkan layanan perbankan yang inklusif, mudah, dan aman untuk ekosistem Bukalapak yang terdiri dari lebih dari 110 juta pengguna dan 20 juta pelaku usaha. Layanan ini juga didukung proses pendaftaran yang sepenuhnya digital, tanpa tatap muka. Menggunakan otomatisasi canggih dan teknologi keamanan yang menggunakan kecerdasan buatan (AI), pengenalan wajah biometrik, dan validasi E-KTP, proses pembukaan rekening di BukaTabungan bisa dilakukan sepenuhnya tanpa diperlukannya kertas apapun.

BukaTabungan 00

BukaTabungan juga bertujuan untuk mendukung kelangsungan usaha dan pengembangan UMKM yang menyerap 97% tenaga kerja Indonesia, dimana banyak di antaranya masih belum memiliki akses terhadap layanan pembiayaan formal dan masih belum pulih sepenuhnya dari dampak COVID-19.

Bukalapak saat ini melayani 6,8 juta pelapak; 14,2 juta Mitra Bukalapak; dan lebih dari 110 juta pengguna di seluruh Indonesia, yang sebagian besar bertransaksi di luar kota Tier 1. Dengan hadirnya BukaTabungan, pemilik bisnis dan masyarakat umum akan dapat menikmati kemudahan layanan perbankan kelas dunia dalam genggaman tangan, kapan saja dan di mana saja.

President, Commerce & Fintech Bukalapak, Victor Lesmana, menyampaikan, “BukaTabungan akan menjadi produk yang menarik karena kini seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat mengakses layanan perbankan digital kelas dunia dengan mudah dan aman.

Para pelaku usaha juga kini memiliki akses ke layanan keuangan untuk mendukung bisnisnya dari institusi finansial ternama. Kami sangat antusias karena hal ini merupakan dukungan bagi misi kami dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia serta terus memperluas inklusi finansial di seluruh negara. Kami sampaikan apresiasi terbesar kami pada Standard Chartered atas kepercayaan serta semangat yang seirama di dalam kolaborasi ini”.

BukaTabungan 02

Andrew Chia, Cluster CEO, Indonesia & ASEAN Markets (Australia, Brunei, Philippines), Standard Chartered, menyatakan rasa bangganya dapat bermitra dengan Bukalapak untuk menghadirkan BukaTabungan sebagai salah satu layanan perbankan digital pertama di Indonesia, yang menggabungkan ekosistem e-commerce milik Bukalapak dengan keahlian perbankan dari Standard Chartered.

“Kemitraan ini akan turut meningkatkan lanskap layanan perbankan digital dan ekosistem teknologi, khususnya melalui pengadopsian layanan Banking-as-a-Service Standard Chartered nexus. Kami berharap layanan yang ditawarkan BukaTabungan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia demi tercapainya misi bersama kami yakni peningkatan inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tambah Andrew.

Layanan BukaTabungan yang telah mendapat persetujuan dari OJK dan Bank Indonesia menawarkan beberapa promo menarik, diantaranya kemudahan membuka rekening dalam lima menit, bebas biaya admin tabungan, gratis transfer dan tarik tunai hingga 20 per bulan (S&K berlaku), dan suku bunga tabungan yang tinggi.

Para pengguna BukaTabungan juga dapat menikmati promo-promo hingga akhir bulan Oktober 2022, yaitu bunga tabungan sampai dengan 7%, cashback langsung senilai Rp 100.000 tiap pembukaan rekening, promo referral khusus untuk pengguna Bukalapak, serta diskon khusus untuk pengguna Bukalapak dan Mitra Bukalapak.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS