August 2, 2018

Yuk, Mengenal Lebih Dekat dengan Lampu Jenis LED dan Cara Pilihnya

Penulis: Putra | Editor: Desmal Andi
Yuk, Mengenal Lebih Dekat dengan Lampu Jenis LED dan Cara Pilihnya  

Mobitekno – Perkembangan lampu LED (Light-Emitting Diode) terus berkembang secara signifikan. Melihat keunggulan lampu jenis ini, banyak produsen kendaraan yang mengadopsi lampu jenis LED pada produk-produk terbarunya.

Lampu jenis LED memang terbukti lebih unggul dalam berbagai aspek. Mulai dari usia pakai yang panjang, tahan terhadap guncangan, waktu respon yang cepat, hemat energi, ramah lingkungan dan  menghasilkan pencahayaan serta warna sinar yang baik. Inovasinya pun makin merambah dengan banyaknya pilihan warna cahaya.

LED Structure - AutovisionStruktur lampu LED

Banyak produsen yang memperkenalkan lampu LED, termasuk CV Sampurna Part Niaga (SPN) selaku distributor lampu merek Autovision menyediakan berbagai lampu LED yang lengkap dan berkualitas. Pada saat event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD City Tangerang (02-12 Agustus 2018), Autovision akan meluncurkan beragam produk terbaru lampu LED.

“Keikutsertaan Autovision dalam ajang GIIAS 2018 untuk memberikan edukasi kepada pengunjung pameran untuk dapat mengenal lebih dekat dengan lampu jenis LED,” buka Lily Hernawan, selaku Direktur CV SPN.

Autovision membeberkan beberapa hal mengenai lampu jenis LED dan panduan untuk memilih LED berkualitas. “LED merupakan lampu tanpa gas & filament, saat ini telah mencapai 150 lumens/watt dan lampu model ini sangat sedikit menghasilkan panas searah gelombang cahaya, namun suhu panasnya timbul pada bagian belakang lampu,” tutur Lily Hernawan.

LED 03 - Autovision

Modul lampu LED

Selain itu, LED merupakan komponen elektronik solid state, tahan guncangan dan berdimensi sangat kecil. Sehingga lampu ini lebih praktis dalam soal penempatan. Uniknya lagi lampu LED mampu terang maksimal seketika dalam waktu kurang dari satu detik. Lampu LED untuk penerangan pada umumnya terdiri dari komponen LED chip, LED driver & pengendali suhu.

Sekedar informasi tambahan bahwa panas merupakan musuh utama bagi lampu LED. Meningkatnya suhu LED berdampak pada penurunan kinerja lampu LED. Umumnya LED berfungsi baik jika suhu kurang dari 70 derajat Celcius.

Suhu yang dihasilkan LED & ruang mesin pada mobil mempengaruhi kinerja LED serta sangat mempengaruhi umur kerja lampu LED.  Kualitas LED ditentukan pada rancang bangun, material, proses produksi, dan sistem kontrol kualitas pasca produksi

Lampu LED

Struktur lampu LED Autovision LX21

Kapasitas terang LED berbanding lurus dengan dayanya dan panas yang ditimbulkan, dengan besaran pengaruh yang tergantung rancang bangun & material lampu LED. Untuk meningkatkan kinerja lampu LED, dilakukan pengembangan dalam menciptakan LED berkapasitas besar tanpa menghasilkan panas berlebih. Selain itu juga dikembangkan design dan penggunaan material guna mengendalikan panas berlebih dari penggunaan LED berdaya besar.

Untuk dapat mengenal lebih dalam soal lampu LED, silakan mampir ke booth Autovision Booth Autovision akan berdiri megah pada Hall 2 no. B1-2 & B9-10, pada event GIIAS di ICE BSD, Tangerang pada 02-12 Agustus 2018 mendatang.

Produk LED - Autovision

Produk LED Autovision

Beragam program menarik akan dipersembahkan demi memeriahkan event GIIAS 2018. Mulai dari promo ‘Crazy Sale’ yang menawarkan discount fantastis sebesar 50% untuk produk LED Headlight terbaru, Multi Function Jump-Starter dan 4 in 1 Tyre Compressor-Vacuum Cleaner yang disajikan saat weekend.

Tags: , , , ,


COMMENTS