January 24, 2017

Ini Alasan Hugo Barra Akhirnya Memilih Mundur dari Xiaomi

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Alasan Hugo Barra Akhirnya Memilih Mundur dari Xiaomi  

MOBITEKNO – Xiaomi masih punya banyak agenda besar di awal tahun ini, termasuk menampilkan produk premiumnya Mi 6 di ajang WMC 2017 Barcelona. Namun, kabar mundurnya Hugo Barra, Global Vice President Xiaomi membuat banyak pihak bertanya tentang sepak terjang startup smartphone dari Tiongkok tersebut di pasar global selanjutnya.

Hugo Barra bergabung dengan Xiaomi sejak 2013 setelah bekerja di raksasa teknologi Google sejak 2008. Ia langsung mengisi posisi wakil presiden (Vice President) yang punya tugas untuk melakukan ekspansi produk Xiaomi di pasar Internasional.

Dalam akun Facebook miliknya belum lama ini, Hugo Barra mengungkapkan rencananya untuk kembali ke Silicon Valley, Amerika Serikat meskipun menurut pengakuannya, Ia masih akan memberikan nasihat bagi Xiaomi yang saat ini dipimpin oleh Lei Jun.

Lei Jun (Co-founder & CEO Xiaomi) dan Bin Lin (Co-founder & President Xiaomi)  adalah dua sosok yang pertama kali mengajak Barra yang pada waktu itu (empat tahun lalu) masih bekerja di Silicon Valley.

Merespons mundurnya Barra, Bin Lin telah menunjuk Xiang Wang, Senior Vice President Xiaomi, sebagai penggantinya. Xiang Wang yang bergabung dengan Xiaomi sejak 2015 dari Qualcomm ini diyakini Bin Lin bisa membawa bisnis global Xiaomi ke tahap yang lebih tinggi . 

Barra akan meninggalkan Xiaomi setelah tahun baru Cina (Imlek) di bulan Februari nanti untuk berlibur sebelum akhirnya kembali ke Silicon Valley. Setelah kurang lebih 3,5 tahun bekerja di Xiaomi, Barra terbilang sukses memperkenalkan Xiaomi sebagai produsen bukan hanya smartphone, tapi juga produk atau gadget yang disegani di pasar global.

Salah satu alasan Barra untuk meninggalkan posisinya di Xiaomi adalah rasa kangennya yang besar dengan keluarga dan kehidupan di Silicon Valley yang sudah ditinggalkannya sejak 2013. Selain rasa kangen, kehidupan dalam lingkungan yang serba sama (singular) di Tiongkok juga telah mempengaruhi kesehatannya belakangan ini. Akhirnya Barra pun memutuskan untuk kembali ke Silicon Valley setelah 3,5 tahun ditinggalkannya.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS