January 24, 2017

Hugo Barra Tinggalkan Xiaomi, Posisinya Digantikan Xiang Wang

Penulis: Desmal Andi
Hugo Barra Tinggalkan Xiaomi, Posisinya Digantikan Xiang Wang  

MOBITEKNO – Kabar mengejutkan datang dari brand Xiaomi. Melalui account Facebooknya, Hugo Barra menginformasikan akan meninggalkan Xiaomi dan kembali ke Silicon Valley. Hugo Barra yang saat ini menjabat posisi Wakil Presiden Global Xiaomi, posisinya akan digantikan Xiang Wang yang saat ini menjabat Senior Vice President Xiaomi. 

Waktu selama 3,5 tahun berada di perusahaan Tiongkok ini sudah cukup bagi Hugo Barra untuk mengembangkan smartphone Xiaomi. Selain Tiongkok, Hugo Barra sudah memperluas pasar Xiaomi ke India, Indonesia, Malaysia, Singapura, Eraopa dan Amerike Serikat. Lalu, apa alasan Hugo meninggalkan Xiaomi? Dikutip dari Mashable, alasan keluarga dan kesehatan yang membuat ia ingin kembali ke Silicon Valley. Sebelum di Xiaomi, Hugo Barra sendiri berada di Google selama hampir enam tahun dalam berbagai jabatan.

“Saya menyimpulkan bahwa Xiaomu adalah tempat yang baik untuk jalur ekspansi global, dan kini saat yang tepat unruk saya kembali ke rumah,” ujar Hugo barra dalam statusnya di Facebook, dikutip ari Mashable. “Saya yakin bahwa  bisnis global yang dijalankan kami (Xiaomi) bukan lagi sebuah startup,” tambahnya. 

Selama 3,5 tahun berada di Xiaomi, Hugo Barra memang berhasil ke berbagai negara. Selain Asia, pasar Xiaomi juga menyebar di tanah Eropa dan Amerika. Berbagai penghargaan juga diraih Xiaomi untuk brandd-brand smartphone unggulannya.

“Kami bisa memperuas pasar Xiaomi ke Indonesia, Singapura, Malaysia, dan 20 pasar baru termasuk Rusia, Meksiko, dan Polandia. Kami bahkan bekerjasama dengan Google untuk melunturkan produk kami secara resmi dan pertama kali di Amerika Serikat dalam CES 2017 kemarin,” ungkap Hugo Barra. 

Tidak perlu menunggu lama, account Facebook Hugo Barra pun sudah menginformasikan siapa yang akan menggantikan dirinya di Xiaomi. Xiang Wang, Senior Vice President Xiaomi yang akan menduduki posisi yang ditinggalkan Hugo Barra.

“Xiang Wang akan memimpin seluruh upaya global kami untuk terus bergerak maju. Kami memiliki banyak rencana ekspansi yang ambisius untuk tahun 2017 dan kami yakin kepemimpinan Xiang Wang bisa mencatat hasil yang yang lebih besar lagi,” tutup Hugo Barra. 

Tags: , ,


COMMENTS