January 27, 2017

Ditinggal Hugo Barra, Xiaomi Pastikan Absen di WMC 2017

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ditinggal Hugo Barra, Xiaomi Pastikan Absen di WMC 2017  

MOBITEKNO – Flagship Mi 5 dirilis Xiaomi di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 lalu. Kini semua fans Xiaomi pun berharap bisa mengetahui inovasi baru apa saja yang akan diusung penerusnya, Mi 6 di ajang MWC 2017 nanti. Namun, harapan tinggal harapan karena Xiaomi melalui Tech Crunch baru saja mengumumkan rencana mereka untuk absen sepenuhya dari pameran mobile besar di Barcelona tersebut.

Terlepas dari ada kaitannya atau tidak. Pengumuman Xiaomi ini berdekatan dengan kabar mundurnya Hugo Barra dari posisi VP Global Xiaomi. Banyak pihak pun menunggu sepak terjang Xiaomi atau dalam hal ini penggantinya, Wang Xiang, di pasar global nantinya.

Anggapan ini wajar saja mengingat sosok Hugo barra yang akan berlabuh ke Facebook dikenal sebagai sosok penuh kharisma. Dalam beberapa tahun ini, kharismanya cukup efektif dan bersinergi dengan strategi Xiaomi untuk melakukan ‘branding’ produknya di seluruh dunia.

Apakah sosok Wang bisa melanjutkan tongkat estafet Hugo di tengah-tengah persaingan ketat yang dihadapi Xiaomi di pasar samrtphone global tentunya masih perlu ditunggu kemudian. Wang sebenarnya buklan orang baru di industri mobile. Sebelum bergabung dengan Xiaomi pada 2015 lalu, Wang adalah Presiden Qualcomm Cina.

Absennya Xiaomi di MWC 2017 juga bisa berarti tidak adanya smartphone baru yang diumumkan selama berlangsungnya ajang tersebut. Jadi, bagi fans Xiaomi yang menantikan flagship Mi 6 sepertinya harus sedikit menahan rasa ingin tahunya.

Sebelumnya, Xiaomi juga tidak mengumumkan smartphone baru di ajang besar lainnya di awal tahun, CES 2017 Las Vegas. Namun berbeda dengan MWC nanti, Xiaomi masih ikut serta dan mengumumkan televisi super ramping Mi TV 4 dan mendemokan serangkaian produk elektronik lainnya.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS