January 17, 2017

Lebih Beragam, Xiaomi Mi 6 Mungkin akan Gunakan Dua Chipset Berbeda

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Lebih Beragam, Xiaomi Mi 6 Mungkin akan Gunakan Dua Chipset Berbeda  

MOBITEKNO – Xiaomi tidak mau kalah dengan tiga produsen smartphone asal Tiongkok lainnya, seperti Huawei, OPPO, dan Vivo. Menyambut tahun 2017 ini, produsen yang juga dikenal dengan sejumlah gadget dan perangkat elektronik populer ini sudah bersiap meluncurkan Mi 6 sebagai penerus smartphone flagship-nya Mi 5 dan Mi 5s.

Dikabarkan bakal diumumkan bulan Maret ini, Li Wanqiang, co-founder dan VP Xiaomi, menyebut Mi 6 sebagai ‘surprise product’. Kejutan apa yang bakal dibawa Mi 6, sayangnya tidak dijelaskan secara rinci oleh Li Wanqiang. Besar kemungkinan MWC 2017 akan menjadi ajang perdana kemunculan Mi 6 di hadapan publik.

Lalu, informasi apa saja yang diketahui seputar Mi 6 sejauh ini? Berdasarkan laporan dari salah satu pengguna social media Weibo, diketahui Mi6 akan akan hadir dalam tiga varian, dimana salah satunya akan diperkuat dengan chipset/prosesor terbaru MediaTek, yaitu Helio X30.

""

Chipset yang paling tinggi dari MediaTek ini memang belum banyak diadopsi produsen smartphone kelas kakap. Setidaknya baru Xiaomi yang mempercayakannya pada salah satu smartphone.

Sebagai prosesor 10 nm dengan 10 core (deca core), Helio X30 juga menganut ARM big.LITTLE dengan desain baru Tri Cluster Architecture. Kesepuluh core-nya terdiri dari dua core Cortex-A73 (2.8 GHz), empat core Cortex-A53 (2.2 GHz), dan empat core Cortex-A35 (2 GHz).

Adanya dua core ‘cepat’ terbaru, Cortex-A73, menjadikan Helio X30 memilki potensi performa yang lebih baik dari prosesor Snapdragon 820. Selain itu, adanya core ‘hemat daya’ Cortex-A35 membuat Helio X30 juga digadang bekerja lebih efisien dari prosesornya terdahulu.

Chipset yang digunakan Mi 6 lainnya, sudah bisa ditebak, adalah Snapdragon 835. Chipset yang baru saja diumumkan Qualcomm di CES 2017 ini kerap menjadi pilihan banyak produsen smartphone untuk produk premiumnya.

Rencananya, Xiaomi akan membanderol Mi6 dengan prosesor Helio X30 seharga CNY 1999 (sekitar Rp 3,9 juta), sedangkan Mi6 dengan prosesor Snapdragon 835 akan ditawarkan seharga CNY 2499 (sekitar Rp 4,8 juta). 

Lalu bagaimana dengan varian ketiga Mi 6? Untuk varian ketiga, Xiaomi tetap mengandalkan Snapdragon 835 tapi dengan layar lengkung ala Samsung Galaxy S7 Edge. Varian ini akan ditawarkan seharga CNY 2999 (sekitar Rp 5,8 juta).

Apabila kabar seputar harga ini benar, reputasi Xiaomi sebagai produsen yang bisa menghadirkan smartphone premium dengan harga bersaing setidaknya masih layak diberikan. Seperti apa kebenarannya nanti, kita tunggu saja kepastiannya di gelaran besar Mobile World Congress (MWC) pada Februari hingga Maret nanti.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS