December 30, 2020

Xiaomi & Samsung Jual HP Tanpa Charger, Membebek Apple?

Penulis: Muhammad R
Xiaomi & Samsung Jual HP Tanpa Charger, Membebek Apple?  

Mobitekno – Vendor smartphone asal Negeri Ginseng dan Tirai Bambu (Samsung dan Xiaomi) pernah ejek Apple karena jual iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max tanpa charger dalam kotak. Kini keduanya menjilat ludah mereka sendiri karena Samsung dan Xiaomi bakal meniru langkah serupa.

CEO Xiaomi Inc Lei Jun mengkonfirmasi smartphone Xiaomi Mi 11 akan dijual tanpa charger dalam kotaknya dengan alasan mengurangi beban lingkungan karena charger Xiaomi bisa dipakai pada smartphone perusahaan jenis apapun. Pengumuman ini disampaikan Lei Jun di akun pribadnya media sosial Weibo China.

“Dalam merespons panggilan perlindungan lingkungan dari sektor teknologi, charger dalam box dibatalkan,” tulis Lei Jun seperti dikutip dari The Verge, Senin (28/12/2020).

Padahal pada 14 Oktober 2020 atau sehari setelah peluncuran iPhone 12 Series, Xiaomi menyindir Apple melalui sebuah video singkat di akun resmi Twitter. Video berdurasi 5 detik tersebut menampilkan unboxing perangkat Xiaomi Mi 10T Pro yang memiliki koneksi 5G.

CEO Xiaomi Inc Lei Jun

Saat kotak ponsel dibuka tampil kepala charger. “Jangan khawatir, kami tidak meninggalkan sesuatu di luar kotak dengan Mi 10T Pro,” tulis akun Xiaomi di Twitter.

Samsung dilaporkan telah menghapus postingan Facebook yang mengejek iPhone 12 tanpa charger. Dalam postingan Facebook Samsung pada 13 Oktober 2020 yang sudah dihapus itu tertulis smartphone Galaxy memberikan charger, kamera terbaik, memori, bahkan layar 120Hz.

Tak jelas alasan penghapusan postingan ini. Namun rumor yang beredar di pasar smartphone Samsung Galaxy S21 Series yang meluncurkan pada Januari 2021 tidak akan menyertakan charger di dalam kotaknya.

Apple sendiri tak menyertakan charger dalam kotak iPhone 12 dengan alasan untuk mengurangi limbah plastik dan barang elektronik. Perusahaan mengklaim ada ratusan juta charger iPhone di pasaran saat ini.

Beberapa analis menyebut langkah Apple ini sebagai cara perusahaan untuk menekan harga jual smartphone tetapi margin usaha tetap terjaga. Cara ini juga bisa meningkatkan permintaan akan charger yang dijual secara terpisah oleh perusahaan.

Tags: , , , ,


COMMENTS