May 24, 2018

Apple dan Xiaomi Jadi ‘Raja’ Perangkat Smart Wearable di Kuartal Pertama 2018

Penulis: Okta | Editor: Iwan RS
Apple dan Xiaomi Jadi ‘Raja’ Perangkat Smart Wearable di Kuartal Pertama 2018  

Mobitekno – Tak sedikit produsan smartphone yang melebarkan bisnisnya ke pasar perangkat wearable. Sebut saja, Samsung, Apple, Huawei, LG, dan Xiaomi. Masuknya pemain baru membuat kompetisi di industri ini kian ketat mengingat sebelumnya sudah cukup banyak perusahaan perangkat wearable, terutama smartwatch, yang sudah eksis di pasar ini sebelumnya.

Menurut pantauan Canalys, ada sekitar 20,5 juta unit perangkat wearable yang berhasil dikapalkan sepanjang kuartal pertama 2018. lalu, perusahaan mana yang sementara ini memimpin pasar perangkat wearable tersebut?

Mungkin sudah banyak yang menduga berdasarkan seringnya penampakan produk tersebut di di sekitar kita. Ya, perangkat wearable Apple dan Xiaomi adalah yang terfavorit digunakan konsumen saat ini.

Tercatat, pangsa pasar masing-masing dua perusahaan tersebut di industri wearable ini sebesar 18 persen atau sekitar 3,7 juta hingga 3,8 juta unit. Bagi Apple, kontribusi siginifikan diperoleh berkat hadirnya Watch 3 dan penambahan fitur LTE. Sementara, 90 persen dari pengiriman wearable Xiaomi diperoleh melalui smartband model Mi Band.

Canalys juga mencatat, pengapalan (shipment) perangkat wearable meningkat hingga 35 persen dibandingkan kuartal pertama 2017 lalu. Di sini, smartwatch masih menjadi penyumbang tebesar (sekitar 80 persen) meski total pengirimannya hanya sebesar 43 persen.

Keperkasaan Apple dan Xiaomi diikuti oleh Fitbit, Garmin dan Huawei yang menjadi lima produsen teratas pada kuartal pertama tahun ini. Fitbit yang awal 2017 lalu mengakuisisi startup Pebble tercatat memiliki memiliki pangsa pasar sebesar 11 persen, sedangkan Garmin dan Huawei masing-masing merengkuh pasar pada kuartal pertama tahun ini sebesar 7 persen dan 6 persen.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS