September 20, 2017

Sony Bravia OLED A1: Smart TV 4K Ergonomis dengan Gambar Super Tajam dan Sistem Audio Inovatif

Penulis: Iwan RS
Sony Bravia OLED A1: Smart TV 4K Ergonomis dengan Gambar Super Tajam dan Sistem Audio Inovatif  

MOBITEKNO – Jarang terdengar akhir-akhir ini, Sony Indonesia kembali menyemarakkan pasar TV/Smart TV premiun layar lebar di Indonesia yang lebih didominasi Samsung dan LG. Dengan mengandalkan seri terbarunya, Bravia OLED A1, Sony ingin menyatakan bahwa mereka masih menjadi produsen TV OLED premium canggih yang menawarkan banyak fitur inovatif yang tidak ditemui pada TV lainnya sekaligus menwarkan desain ergonomis dan elegan.

Sony Bravia OLED A1 dihadirkan dalam dua varian (ukuran layar), yakni seri KD-55A1 dengan layar 55 inci dan seri KD-65A1 dengan layar 65 inci. Peluncurannya sendiri digelar Sony Indonesia di Ayana MidPlaza, Jakarta yang dihadiri langsung oleh Kazuteru Makiyama selaku Presdir Sony Indonesia (13/9/2017).

""

""

Dalam sambutannya Makiyama berkata, “Sony Bravia OLED A1 merupakan salah satu produk televisi kami yang paling inovatif dan revolusioner di dunia home entertainment.”

“Selain menawarkan kualitas gambar yang jauh lebih jernih, Bravia OLED A1 ini juga menjadi salah satu Smart TV yang memiliki kualitas suara serta desain terbaik“, tambah Makiyama.

Mengingat segmentasinya di Smart TV premium, Sony menyematkan berbagai fitur lengkap agar semua kebutuhan konsumen dari sebuah smart TV dapat terpenuhi. Selain menawarkan keunggulan dalam gambar/video berkualitas tinggi, desain elegan, dan sistem audio yang jernih, Sony masih menambah detail/fitur lainnya yang membuat produk ini layak disebut TV OLED premium.

""

""

Pada gambar terlihat bagaimana smart TV Sony BRAVIA OLED A1 (kiri) dapat menampilkan gambar lebih natural dan warna lebih akurat dari TV lainnya (kanan).

Kualitas produk kasta atas dari Bravia OLED A1 terlihat dari dukungan panel OLED resolusi 4K HDR (High Dynamic Range). Pada dasarnya, TV yang mendukung HD menunjukkan kemapuannya menampilkan gambar dengan level contrast dan brightness yang lebih baik, serta jangakauan wana yang leboh luar (wider colour palette).

Panel OLED pada Bravia OLED A1 bukan hanya dapat menampilkan warna hitam yang natural (more black). Sony pun masih melakukan penyempurnaan gambar pada panel dengan resolusi tinggi ini (apapun sumbernya) dengan chip image processing khusus, yaitu X1 Extreme. Dengan chip X1 Extreme ini, output gambar yang ditampilkan akan memiliki akurasi warna tinggi, resolusi tinggi (4K/UHD, 3840×2160 pixel) yang ditampilkan secara mulus, dan tentunya dukungan penuh pada beragam standar HDR (Dolby Vision, HDR10).

Ringkasnya, kualitas gambar dan akurasi warna pada Bravia OLED A1 merupakan kolaborasi dari teknologi Sony untuk pengolahan gambar 4K (X-Reality PRO), HDR (X-tended Dunamic Range PRO), dan teknologi panel OLED (Triluminous DISPLAY).

""

""

Panel OLED yang digunakan Bravia OLED A1 diklaim memiliki 8 juta pixel self-illuminating sehingga warna hitam yang tampil jauh lebih pekat (more black), disamping warna lain juga terlihat lebih alami/natural.

Menurut Riki Siuwandy, Product Marketing Sony Indonesia, Sony merupakan produsen TV pertama yang menggunakan teknologi panel OLED di tahun 2007. Berbeda dengan metode backlight pada panel LED sebelumnya, panel OLED memanfaatkan struktur tanpa backlight atau setiap pixelnya sudah self-lighting (individually self-lighting).

Selain aspek kualitas gambar, Bravia OLED A1 juga disematkan dengan teknologi sistem audio Acoustic Surface. Teknologi ini dihadirkan untuk mampu menghasilkan suara dengan efek seolah-olah bersumber (berasal) dari layarnya sendir. Bisa dibayangkan bagaimana experience ekstra yang didapat penonton saat menonton film atau tayangan lainnya pada Bravia OLED A1 tersebut.

Sony memilih tidak menggunakan speaker konvensional yang biasanya terletak di sisi TV. Ini berkaitan dengan konsep desain yang dianutnya, yakni ‘One Slate’. Ide dari konsep ini adalah penonton hanya melihat layar Bravia OLED A1 tanpa adanya berbagai modul di sisi samping atau atas/bawah. Hasilnya, Bravia OLED A1 terlihat sangat minimalis layaknya semuah cermin hitam tanpa bingkai.

""

Dengan bentuknya yang minimalis dan ergonomis ini, Bravia OLED A1 sangat fleksibel untuk ditempatkan di berbagai posisi di ruangan. Meski terlihat minimalis, bodi Bravia OLED A1 dijamin kokoh karena sudah diperkuat dengan bingkai/rangka yang kuat (metal frame).

Saat demo di haapan media, Bravia OLED A1 terlihat menampilkan gambar yang lebih jelas dan tajam (more clarity) dengan jangakauan warna yang lebih akurat saat dibandingkan dengan berbagai TV 4K yang ada di pasara, baik yang berteknologi LED, OLED, maupun QLED.

Mengingat Bravia OLED A1 merupakan smart TV, Sony juga menyertakan modul khusus berbasis sistem operasi Android 7.0 Nougat. Dengan demikian, Bravia OLED A1 secara otomatis juga mendukung berbagai aplikasi Android yang ada di Play Store. Harga yang Sony untuk Bravia OLED A1 KD-55A1 dan Bravia KD65A1 berturut-turut adalah Rp 42 jutaan dan Rp 63 jutaan.
 

Tags: , , , , ,


COMMENTS