February 16, 2017

Gartner: Samsung Masih Kokoh di Pasar Smartphone Global

Penulis: Eko Lannueardy
Gartner: Samsung Masih Kokoh di Pasar Smartphone Global  

MOBITEKNO – Tercatat, pada kuartal keempat 2016 Apple menjadi produsen smartphone yang mampu memasarkan produknya lebih banyak di pasar global dibandingkan para kompetitornya, seperti Samsung, Huawei dan OPPO.

Seperti laporan yang dirilis oleh Gartner, Apple mampu memasarkan produknya lebih dari 77 juta unit atau menguasai market share sebesar 17,9%. Padahal, pada kuartal yang sama di tahun 2015, Apple hanya mampu memasarkan sekitar 71 juta unit.

Berbeda dengan Apple, Samsung justru mengalami penurunan. Pada kuartal keempat 2016, Samsung hanya mampu memasarkan smartphone sekitar 76 juta unit atau dengan market share 17,8%. Di tahun 2015 pada kuartal yang sama, Samsung mampu memasarkan lebih dari 80 juta unit.

Gartner juga mencatat, dua brand besar asal Tiongkok berada diperingkat ketiga dan keempat, yakni Huawei dan OPPO. Huawei mampu memasarkan lebih dari 40 juta unit dengan market share 9,5% dan OPPO sekitar 26 juta unit atau memiliki market share 6,2%.

Yang cukup menarik, jika penjualan smartphone tersebut dihitung penuh selama tahun 2016. Tercatat, Samsung justru berada diperingkat paling atas, yakni mampu memasarkan perangkatnya lebih dari 300 juta unit atau menguasai pasar sebesar 20,5%.

Apple yang berada diperingkat kedua rupanya pada tahun 2016 lalu hanya mampu memasarkan produknya sekitar 200 juta unit atau dengan pangsa pasar sebesar 14%. 

Gartner juga mencatat pangsa pasar dari sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak produsen pada kuartal keempat 2016, dan tercatat Android masih kokoh berada diperingkat paling atas dengan raihan sebesar 81,7%.

Peringkat kedua diduduki oleh iOS yang mengusai market share sebesar 17,9%. Windows Phone dan BlackBerry sepertinya "mengaku kalah" karena pangsa pasarnya yang terus tergerus, yakni masing-masing hanya 0,3% dan 0,0%.

""

""

""

Sumber: GSMArena

Tags: , , , , , ,


COMMENTS