November 20, 2016

Menurut Gartner, Bukan Apple Tapi Vendor Tiongkok yang Kena Imbas Positif Atas Recall Galaxy Note 7

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Menurut Gartner, Bukan Apple Tapi Vendor Tiongkok yang Kena Imbas Positif Atas Recall Galaxy Note 7  

MOBITEKNO – Gartner baru saja merilis laporan kuartal ketiga 2016 (Q3 2016 report) terkait pengiriman smartphone di seluruh dunia (global shipment). Kuartal ketiga tahun ini menjadi menarik karena banyak yang ingin mengetahui bagaimana kasus Galaxy Note 7 berdampak pada Samsung dan pasar global smartphone.

Menurut Gartner, Samsung memang mengalami penurunan penjualan smartphone terburuk yang pernah dialaminya selama ini. Siapa yang mendapat keuntungannya? Bukan Apple sebagai rival utama Samsung, tapi para vendor Tiongkok yang lebih kecipratan atas kasus Galaxy Note 7 tersebut.

Laporan menunjukkkan pertumbuhan penjualan smartphone year-on-year (YOY) masih mengalami kenaikan 5,4 persen, dimana hanya vendor Tiongkok yang tergolong lima besar produsen smartphone global yang mengalami peningkatan penjualan selam kuartal ketiga 2016 (Q3 2016).

Vendor Tiongkok tersebut adalah Huawei (naik 1 persen), OPPO (naik 3,3 persen), dan vendor lainnya (2,4 persen) di bawah naungan BBK Electronics (OnePlus dan Vivo).

Meski Samsung dan Apple tidak mengalami peningkatan penjualan di Q3 2016, kedua produsen masih menjadi dua produsen smartphone global terbesar, dengan pangsa pasar berturut-turut 19,2 persen (turun 4,4 persen) dan 11,5 persen (turun 1,5 persen).

Selain Samsung, Apple juga mengalami penurunan penjualan cukup tajam dan menjadi catatan terburuknya sejak kuartal pertama 2009 (Q1 2009). Apple diketahui mengalami penurunan penjualan di dua pasar terbesarnya (Amerika Serikat dan Cina) selama ini, dengan penurunan berturut-turut sebesar 8,5 persen (AS) dan 31 persen (Cina).

Gartner juga melaporkan sistem operasi Android dari Google masih menunjukkan dominasinya dengan pangsa pasar mencapai 87,8 persen (naik 3,1 persen), jauh mengunguli mobile OS iOS dari Apple yang hanya 11.5 persen (turun 1,5 persen).

Gartner menyatakan bahwa that ditariknya Galaxy Note 7 dari peredaran hanya sedikit memberi efek positif pada penjualan iPhone 7 Plus karena umumnya penguna Samsung Galaxy Note 7 lebih memilih beralih ke smartphone Samsung lainnya atau beralih ke smartphone/phablet Android.

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS