October 18, 2016

TrendForce: Estimasi Pengapalan Smartphone 2016, Samsung Alami Penurunan

Penulis: Eko Lannueardy
TrendForce: Estimasi Pengapalan Smartphone 2016, Samsung Alami Penurunan  

MOBITEKNO – Hasil penelitian TrendForce menyebutkan bahwa Samsung diperkirakan pada tahun ini hanya mampu mengapalkan 310 juta unit smartphone atau turun 1,9% dari perkiraan awal sebesar 316 juta unit.

Hal positif justru diperlihatkan oleh Apple. Produsen smartphone dan tablet yang dinakodai oleh Tim Cook ini mampu mengapalkan 208 juta unit iPhone, atau meningkat 1,5% dari perkiraan awal yakni sebesar 205 juta unit.

""

Peningkatan yang diraih oleh Apple diperkirakan oleh TrendForce karena keberhasilan peluncuran iPhone 7 dan 7 Plus. Sebaliknya, kegagalan Samsung karena diakibatkan permasalahan yang menimpa Galaxy Note 7.

Seperti kita ketahui bersama, perangkat premium racikan Samsung yang terbaru, yakni Galaxy Note 7 banyak menuai masalah yang diakibatkan karena baterai yang terlampau panas dan mudah meledak. 

Sedangkan Apple, justru mereka berhasil mencuri perhatian pencinta gadget di sejumlah negara dengan merilis sekaligus memasarkan dua perangkat barunya, iPhone 7 dan 7 Plus.

Tak hanya Samsung dan Apple, TrendForce juga menyebutkan hasil positif pengapalan smartphone yang dilakukan oleh dua produsen terbesar asal Tiongkok, yakni OPPO/VIVO dan Huawei.

TrendForce menyebutkan bahwa OPPO diperkirakan hingga akhir tahun mampu mengapalkan smartphone sebanyak 147 juta unit, atau meningkat 2,1% dari perkiraan awal yakni sebesar 144 juta unit.

Sedangkan Huawei yang terus melakukan banyak inovasi di industri ini awalnya diperkirakan hanya mengapalkan 119 juta unit smartphone, namun akhirnya mampu mencapai angka 123 juta unit atau naik sebesar 3,4%.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS