May 10, 2017

Review Vivo V5s: Lagi dan Lagi, Andalkan Selfie Camera 20 MP dan App Clone yang Ditingkatkan

Penulis: Eko Lannueardy
Review Vivo V5s: Lagi dan Lagi, Andalkan Selfie Camera 20 MP dan App Clone yang Ditingkatkan  

MOBITEKNO – Setelah sukses memasarkan V5, V5 Plus dan V5 Lite di pasar Indonesia, Vivo kembali memanjakan para pengguna setianya, terutama pecinta foto selfie dengan menghadirkan V5s.

Ya! Tak berbeda dengan V Series lainnya yang sudah lebih dahulu muncul, V5s yang dirancang oleh Vivo dengan bentang layar 5,5 inci memang diperuntukkan kepada mereka yang doyan foto selfie maupun group selfie.

Lalu, apa daya tarik smartphone berbasis Android 6.0 a.k.a Marshmallow ini selain untuk selfie atau group selfie? Tentu saja, tak kalah penasaran adalah spesifikasi hardware dan fitur-fitur yang ditanam ke dalamnya.

Mobitekno.com pun berkesempatan selama dua minggu membedah lebih dalam Vivo V5s. Tak hanya sering digunakan untuk foto narsis sendirian atau bersama-sama saat liburan, V5s juga ditantang untuk memutar film, musik atau bermain game.

Seperti apa hasil ulasannya? Ikuti terus tulisan ini.

Kelengkapan

Ditujukan untuk pengguna kelas menengah, Vivo V5s dikemas dalam kotak atau boks penjualan yang tak berbeda jauh dengan kebanyakan smartphone lainnya yang ada dipasaran.

Boks penjualan V5s di dominasi warna putih dan terpampang jelas “20 MP Softlight Camera” yang menjadi amunisi Vivo untuk merekrut pengguna.

Pada bagian belakang boks penjualan, pengguna juga bisa menemukan spesifikasi singkat dari V5s. Mengusung tagline V5s Perfect Selfie, smartphone ini hadir dalam dua pilihan warna, yakni Crown Gold dan Rose Gold.

Berikut paket penjualan Vivo V5s selengkapnya:

Unit Vivo V5s
Kabel Data microUSB
Travel Charger
Earphone
Buku Manual
Kartu Garansi
Softcase
SIM Ejector Tool

Desain

Masuk ke sisi desain, Vivo sepertinya tak banyak mengubah tampilan V5s jika dibandingkan dengan V Series lainnya. Vivo juga mengemas V5s dengan konsep unibody sehingga pengguna tak bisa melepas baterai yang terpasang.

Memiliki dimensi 153,8 x 75,5 dengan ketebalan 7,6 mm, Vivo V5s masih nyaman digenggam atau dioperasikan dengan satu tangan. Di setiap sisinya, Vivo merancang smartphone ini dengan sudut membulat.

 

Bagaimana jika saat digenggam smartphone ini terasa licin? pengguna tak perlu khawatir, bisa memanfaatkan softcase yang tersedia dalam paket penjualannya. Softcase ini juga berfungsi untuk melindungi keseluruhan body smartphone.

Pada bagian depan, Vivo telah menyematkan kamera selfie yang memiliki sensor sebesar 20 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Sekali lagi, inilah yang menjadi amunisi Vivo untuk percaya diri memasarkan V5s.

20 MP kamera selfie yang terpasang juga sudah dilengkapi dengan LED flashlight. Dengan demikian, pengguna juga tak perlu risau jika menggunakan Vivo V5s untuk foto narsis dilokasi minim cahaya, seperti di dalam ruangan misalnya.

Apakah hanya itu? Tidak! Bagian depan Vivo V5s juga disematkan speaker yang berfungsi untuk mendengarkan percakapan saat menerima telepon serta sensor Accelerometer, Proximity, dan Compass.

 

Tak ketinggalan, Vivo juga melengkapi V5s dengan sebuah LED yang berfungsi sebagai notifikasi jika ada pesan yang masuk serta sensor Fingerprint pada tombol Home. Sedangkan tombol Back dan Recent Apps dikemas dalam bentuk kapasitif.

Sementara pada sisi kiri V5s, Vivo menyematkan slot SIM Card (Dual SIM Card) yang dikemas menjadi satu dengan slot microSD. Hal inilah yang sangat disayangkan, jika pengguna ingin menempatkan SIM Card kedua, harus berbagi wadah dengan microSD yang akan digunakan.

Sedangkan pada sisi kanannya, pengguna bisa menemukan tombol Power (On/Off) yang bersebelahan dengan tombol Volume. Slot Jack Audio 3,5 mm, microUSB, Audio Speaker dan Microphone kumpul jadi satu dan diletakkan di sisi bawah.

 

Bergeser ke sisi belakang, Vivo melengkapi V5s dengan kamera utama yang memiliki sensor berkekuatan 13 MP plus teknologi PDAF. Berkat teknologi tersebut, kinerja kamera belakang ini bisa lebih cepat untuk mengabadikan setiap momen yang dijumpai.

Memotret beragam objek pada lokasi minim cahaya menggunakan kamera belakang V5s juga tak perlu risau. Vivo juga telah melengkapinya dengan sebuah LED flashlight.

Fitur & Performa

Sebelum lebih dalam menggali fitur serta perfoma Vivo V5s, ada baiknya kita mengetahui spesifikasi hardware yang dibenamkan oleh Vivo ke dalam smartphone ini.

Guna menunjang kinerjanya, V5s oleh Vivo dibekali chipset Mediatek MT6750 yang dipadukan dengan CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53. Sedangkan untuk menunjang kinerja grafisnya, V5s dipersenjatai GPU Mali-T860MP2.

Vivo juga membenamkan RAM sebesar 4 GB yang diapdukan dengan internal storage berkapasitas 64 GB. Jika kapasitas internal storage yang terpasang dirasa kurang mencukupi, pengguna bisa meningkatkannya via microSD hingga 256 GB.

Vivo V5s yang memiliki layar 5,5 inci IPS dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3 telah dibekali dengan Funtouch OS 3.0 berbasis sistem operasi Android 6.0 alias Marshmallow. Sedangkan baterainya Lithium Ion memiliki kapasitas 3.000 mAh.

Diposisikan sebagai smartphone yang ditujukan untuk pengguna kelas menengah, Vivo juga tak main-main mengemas V5s, terutama beragam fitur cerdas dan inovatif yang ditanam ke dalam smartphone ini.

  

Pertama, pengguna bisa menemukan fitur Smart Motion. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengaktifkan banyak hal. Contohnya, dengan menggoyangkan perangkat, LED flashlight belakang bisa menyala layaknya senter.

Lewat fitur Smart Motion, pengguna juga bisa mengaktifkan beragam opsi lainnya, misalnya menggambar huruf “m” dilayar untuk memutar musik atau menggambar huruf “w” untuk masuk ke dalam aplikasi WhatsApp dan sebagainya.

Fitur cerdas lainnya yang tak kalah menarik adalah Smart Split 2.0. Hadirnya fitur ini, memungkinkan V5s mampu menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Tentu saja, aplikasi-aplikasi yang dapat dijalankan secara simultan dalam smartphone ini masih terbatas. Selain Facebook dan WhatsApp, Vivo baru merekomendasikan YouTube, LINE, Facebook Messenger, Viber, WeChat, Video, Play Movies, VLC for Android dan MX Player.

Vivo juga membekali V5s dengan fitur Smart Click. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa mendayagunakan lebih fungsi tombol Volume (-) yang ada di sisi kanan perangkat.

Ada lima opsi yang dapat dipilih jika pengguna mengaktifkan fitur Smart Click, mulai dari menyalakan LED flashlight belakang sebagai senter, menjalankan aplikasi Camera hingga menjalankan aplikasi Facebook yang terpasang.

Tak kalah menarik adalah fitur App Clone, yakni sebuah fitur inovatif yang memungkinkan pengguna V5s untuk memasang dua aplikasi media sosial yang sama dalam satu perangkat.

Tak berbeda dengan Smart Split 2.0, Vivo juga membatasi aplikasi-aplikasi yang bisa dipasang terkait dengan fitur App Clone. Hingga saat ini fitur tersebut baru mendukung aplikasi WhatsApp, LINE, BBM, WeChat, Zalo dan Viber.

  

Seperti sudah disinggung sebelumnya, dukungan kamera selfie dan group selfie 20 MP yang ditopang dengan Softlight menjadi selling point Vivo V5s. Apalagi Vivo juga berani mengemas kamera depan tersebut dengan memanfaatkan sensor milik Sony, IMX376.

Tak hanya itu, dukungan kamera utama dengan sensor 13 MP plus PDAF yang disematkan secara utuh dibagian belakang juga menjadi daya tarik tersendiri untuk pengguna.

Lalu, bagaimana dengan dukungan aplikasi Camera yang dibenamkan? Lewat aplikasi ini, pengguna tak perlu lagi ragu untuk memotret wajah sendiri atau bersama teman-teman dan juga beragam momen lainnya yang patut untuk dipotret.

Saat menggunakan kamera depan, ada tiga opsi yang dapat dipilih, yakni Group Selfie, Face Beauty, Take Photo dan Videos. Sayangnya, Group Selfie V5s masih mengadopsi cara lama, yakni menggerakkan perangkat ke kiri dan ke kanan.

Tak hanya diberi keleluasaan mengaktifkan atau menonaktifkan HDR, pengguna juga bisa melakukan pengaturan pemotretan lewat tombol Setting. Mulai dari pemotretan otomatis dengan mengatur timer, memotret lewat gerakan tangan hingga memberikan watermark.

Memotret dengan kamera belakang atau kamera utama, Vivo menyediakan empat opsi yang dapat dipilih oleh pengguna, yakni Panorama, Face Beauty, Take Photo dan Videos.

Apakah hanya itu? Tidak! Menariknya Vivo menyediakan enam mode pemotretan tambahan. Ada pilihan Night, Ultra HD, PPT, Professional, Slow Motion dan Time-Laps.

Pengguna juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan LED flashlight, HDR serta melakukan pengaturan lainnya lewat tombol Setting yang tersedia.

Berikut hasil foto menggunakan kamera depan dan kamera belakang Vivo V5s:

  

  

  

  

 

Bagaimana jika Vivo V5s dijadikan sebagai perangkat hiburan dikala senggang, seperti mendengarkan musik, nonton film atau bermain game? Tak perlu khawatir!

Mobitekno.com juga menjajal langsung V5s untuk memutar musik. Suara yang dihasilkan pun terdengar jelas, hal ini tentu saja berkat dukungan Hi-Fi AK4376, yakni sebuah chip audio khusus yang disematkan oleh Vivo ke dalam V5s.

Nonton film atau bermain game lewat smartphone ini, juga tak ada kendala alias bebas lag. Begitu juga ketika menjalankan banyak aplikasi, seperti chatting, browsing, cek e-mail, olah dokumen dan sebagainya.

Penasaran dengan performanya, Mobitekno.com pun juga menguji Vivo V5s dengan menggunakan aplikasi benchmark yang ada, seperti AnTuTu 6.0, Geekbench 4 dan PCMark 2.0.

Saat diuji menggunakan AnTuTu 6, smartphone ini mampu mencapai skor 41478. Saat diuji menggunakan Geekbench 4 skornya adalah 589 (Single-Core) dan 2494 (Multi-Core) dan dengan PCMark (Work 2.0 Performance) hasilnya adalah 3081.

  

Spesifikasi

Bagi mereka yang suka narsis sendiri ataupun bersama-sama, tak ada salahnya untuk memiliki smartphone racikan Vivo ini. Sekali lagi, dukungan kamera depan 20 MP plus Softlight dengan tagline “Perfect Selfie” jadi senjata utama smartphone Android ini.

Berikut spesifikasi lengkap Vivo V5s:

Layar  5,5 inci (720 x 1280 piksel)
Sistem Operasi  Funtouch OS 3.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow
Chipset  MediaTek MT6750
Prosesor  Octa-core 1,5 GHz Cortex-A53
GPU  Mali-T860MP2
Kamera  13 MP, f/2.2, PDAF, LED flashlight (belakang); 20 MP, f/2.0, LED flashlight, Group Selfie (depan)
RAM  4 GB
Storage  64 GB (internal), microSD up to 256 GB (Hybrid Slot SIM Card 2)
Jaringan  GSM/HSPA/4G LTE
Kartu SIM  Dual SIM (Micro-SIM Card/Nano-SIM Card, dual stand-by)
Komunikasi & Fitur  WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth v4.0, Wi-Fi Direct, Radio FM, microUSB 2.0, USB OTG
Audio  MP3, WAV, eAAC+, FLAC
Video  MP4, H.264
Sensor  Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Compass
Baterai  3000 mAh Li-Ion

Kesimpulan

Lagi dan Lagi, Vivo sangat percaya diri untuk memasarkan “Perfect Selfie” di Indonesia. Hal ini dibuktikan oleh produsen smartphone asal Tiongkok tersebut dengan merilis V5s, sekaligus untuk memperkaya lini V Series yang sudah ada.

Untuk menarik konsumen, terutama mereka yang suka selfie dan group selfie, Vivo memasarkan V5s ini dengan dukungan kamera depan 20 MP. Tak hanya sekadar itu, kamera depan tersebut juga dilengkapi dengan fitur Softlight.

Vivo pun berani menjamin, dukungan fitur Softlight menawarkan solusi yang lebih baik, terutama saat pengguna memanfaatkan kamera depan tersebut untuk selfie ataupun group selfie di lingkungan yang minim cahaya.

Sayangnya, untuk kebutuhan group selfie smartphone ini memiliki kekurangan. Masih mengadopsi cara lama, pengguna V5s perlu menggerakkan perangkat ke kiri dan ke kanan.

Kekurangan tersebut rupanya berhasil ditutup oleh Vivo dengan membenamkan beragam fitur inovatif ke dalam V5s. Tak hanya Fingerprint terkait dengan fitur keamanan, smartphone ini juga dibekali fitur Smart Split 2.0, App Clone, Hi-Fi Music.

Memotret beragam momen lewat kamera belakang 13 MP yang tersemat utuh pada perangkat ini juga tak masalah. Pengguna pun diberikan banyak pilihan mode pemotretan, mulai dari Professional, Ultra HD hingga Night untuk kebutuhan memotret di malam hari.

Soal kinerja, smartphone yang dibanderol seharga Rp 3,8 juta ini juga tak bisa dianggap remeh. Vivo telah membekali V5s dengan chipset MediaTek MT6750 yang dipadukan RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Tak perlu khawatir jika Anda adalah orang yang aktif di media sosial atau sering bercengkrama lewat aplikasi chatting. Vivo V5s telah dibekali baterai dengan kapasitas 3.000 mAh yang mampu bertahan seharian.

Tags: , , , , ,


COMMENTS