May 23, 2016

Harapan Besar Bangkitnya Kejayaan Bulu Tangkis Indonesia Tercermin di Dunia Twitter

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Harapan Besar Bangkitnya Kejayaan Bulu Tangkis Indonesia Tercermin di Dunia Twitter  

MOBITEKNO – Beberapa hari ini timeline (linimasa) layanan Twitter diramaikan dengan percakapan seputar tim Thomas Indonesia yang berhasil menembus babak-babak akhir kejuaraan bulu tangkis internasional untuk nomor beregu pria tersebut.

Setelah berhasil mengalahkan tim Korea di kejuaran yang berlangsung di Kunshan Sport Center, Jiantsu, Tiongkok (20/5/2016), tim Thomas Indonesia pun akhirnya melaju ke babak final untuk melawan tim Denmark hari Minggu (22/5/2016) kemarin.

Baik yang menontonnya secara langsung di Kunshan Sports Center maupun yang menonton siaran Live-nya di TV, para penonton tersebut sama-sama menjadikan platform Twitter untuk mencurahkan opini, semangat, keseruan, dan lain sebagainya. Tentu saja ini semua dilakukan sebagai wujud langsung dukungannya kepada tim Indonesia yang sedang berlaga.

Besarnya perhatian netizen asal Indonesia ini cukup beralasan karena ada asa besar untuk meraih kembali Piala Thomas yang sudah dinanti-nantikan cukup lama, yaitu selama 14 tahun sejak tim putra Indonesia terakhir menjadi juara Piala Thomas pada 2002.

Terdapat setidaknya 330 ribu Tweet yang berkaitan dengan pertandingan semi-final dan final Thomas Cup 2016 pada periode 20-23 Mei 2016. Puncak percakapan pun terjadi dua kali; yaitu saat babak semi-final (20 Mei) di pukul 15.32 WIB dengan 520 Tweet per menit serta pada babak final (22 Mei) di pukul 16.28 WIB dengan 560 Tweet per menit. Hastag (tagar) #ThomasINABangkit pun sempat menjadi trending topic nomor 1 dunia hari Minggu kemarin (22/5/2016).

Meski akhirnya Tim bulu tangkis putra Indonesia harus kalah dengan skor 3-2 dari Denmark yang menjadi negara Eropa pertama yang berhasil merebut piala Thomas, netizen Indonesia tidak lupa untuk terus memberikan semangat agar tim putra Indonesia terus berjuang di masa mendatang.

Tweet bernuansa semangat dan pantang menyerah, misalnya datang dari Wapres Jusuf Kala (@Pak_JK), Ketua Umum PBSI Gita Wirjawan (@Gwirjawan), dan mantan peraih meraih medali emas bulu tangkis di Olimpiade Athena 2004, Taufik Hidayat. (@taufikhidayat_1).

 

Tags: , , , ,


COMMENTS