November 18, 2023

Postingan Elon Musk Berbau Anti-Semit Berakibat Apple, IBM, hingga Disney Tarik Iklan dari X

Penulis: Rizki R
Postingan Elon Musk Berbau Anti-Semit Berakibat Apple, IBM, hingga Disney Tarik Iklan dari X  

Mobitekno – Beberapa raksasa teknologi, seperti Apple, Disney, dan Warner Bros Discovery, telah mengambil langkah radikal dengan menghentikan kampanye iklan online mereka di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Keputusan ini menyusul pernyataan antisemitisme Elon Musk, pemilik X, yang mengejutkan platform tersebut.

Elon Musk merespons sebuah postingan X yang menuding ‘komunitas’ Yahudi sebagai pendorong “kebencian terhadap orang kulit putih.” Pernyataan kontroversial Musk, “Anda telah mengatakan kebenaran yang sebenarnya,” memicu reaksi cepat dari perusahaan-perusahaan besar.

Elon Musk

Apple dan Disney menjadi yang pertama kali menghentikan kampanye iklan mereka di X, mengutip kebijakan niat buruk dan kebencian sebagai alasan utama. Langkah serupa diambil oleh Warner Bros Discovery, IBM, Paramount Global, dan Lions Gate Entertainment, yang semuanya menangguhkan iklan mereka di platform tersebut.

Juru bicara IBM menyatakan bahwa perusahaan tersebut “tidak mentoleransi ujaran kebencian dan diskriminasi” dan “segera menangguhkan semua iklan di X sementara sambil menyelidiki situasi yang sepenuhnya tidak dapat diterima ini.”

Langkah-langkah ini menggambarkan penolakan perusahaan terhadap perilaku kontroversial Elon Musk dan respons terhadap kontroversi terbaru di seputar X. Platform tersebut telah dihadapkan pada tuduhan antisemitisme setelah terungkap bahwa iklan dari perusahaan-perusahaan besar ditampilkan bersamaan dengan ‘konten yang memuji Adolf Hitler dan Partai Nazi-nya’.

Sementara itu, CEO X Linda Yaccarino mengatakan dalam sebuah postingan pada hari Kamis bahwa perusahaannya sangat jelas mengenai upaya untuk memerangi antisemitisme dan diskriminasi. Lantas, ia menambahkan, “Tidak ada tempat untuk melakukan hal tersebut di mana pun di dunia ini – hal ini jelek dan salah. Titik. ”

Twitter jadi X 01

Elon Musk Dikritik Jubir Gedung Putih

Kritik terhadap Elon Musk juga datang dari juru bicara Gedung Putih, Andrew Bates, yang menyatakan bahwa pernyataan Musk “tidak dapat diterima” dan “mengerikan.” Bates menuduh Musk mengulangi “kebohongan di balik tindakan Antisemitisme paling fatal dalam sejarah Amerika.”

Elon Musk

Penangguhan iklan oleh perusahaan-perusahaan besar mengguncang keuangan X, yang sangat bergantung pada pendapatan iklan. Dalam serangkaian kontroversi sejak Musk mengambil alih pada Oktober 2022, ini menjadi ujian serius terhadap reputasi dan bisnis X. Dengan dampak finansial yang dapat dirasakan, masih menjadi pertanyaan apakah Elon Musk dapat mengatasi dampak dari kontroversi terbarunya ini.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS